Kamis, 24 November 2016

Cara Setting Microphone Untuk Rekam Video Di Smartphone

Di masa sekarang ini, tehnologi sudah sangat berkembang dengan pesat nya. apalagi dari segi komunikasi, handphone sudah sangat canggih fiturnya. sehingga fungsinya tidak lagi hanya bisa sms dan telepon doang, akan tetapi sudah banyak hal yang bisa kita lakukan dengan smartphone termasuk merekam video. 

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami

Berbicara mengenai rekam video, tentunya ponsel smartphone harus memiliki spesifikasi yang tinggi agar bisa merekam video dengan sempurna. yang direkam mungkin berupa video sendiri atau bahkan liputan berita di lapangan oleh jurnalis yang ingin mengabadikan hasil liputannya dan mengupload ke Youtube dan ada pula yang ingin bernyanyi di smule.

(Baca juga : Mengetahui Seberapa Pentingnya Crossover Dalam Sistem Audio)

Rekam lagu via ponsel sedang marak


Para musisi juga tidak mau ketinggalan, banyak diantara mereka yang suka merekam video musiknya menggunakan ponsel smartphone, baik itu yang berbasis android maupun Mac seperti Apple. lebih praktis dan ekonomis dengan kualitas yang lumayan. tentunya hasilnya tidak sebagus kamera yang memang fungsinya dikhususkan untuk merekam video. 

Apalagi sekarang ini sedang maraknya rekaman lagu pakai aplikasi smule. kadang ada yg hasil suara sember atau terlalu treble atau terlalu mendam (terpendam) padahal di aplikasi itu sendiri tidak terdapat bagian pengatur tone suara, yang ada hanya menguatkan dan mengecilkan. 

Cara Setting Microphone Untuk Rekam Video Di Smartphone

Ketika merekam video via smartphone, mungkin gambar video akan jernih bila spek ponsel memang mumpuni, akan tetapi coba sobat perhatikan, pasti akan ada kekurangan pada bagian audio nya. artinya adalah bukan berarti bermaksud untuk merendahkan hasil audio ponsel mahal anda. namun bagaimanapun ceritanya tetap saja kita akan merasakan seperti ada yang kurang saat mendengar hasil rekaman kita pada bagian audio nya. 

Contohnya ketika berada didalam ruangan dan memainkan gitar saat bernyanyi, ponsel diletakkan dibagian mana saja yang diinginkan. setelah direkam lalu didengarkan, mungkin ada yang merasa puas akan kualitas audio yang dihasilkan dan ada pula yang merasa kurang puas.

Hal ini pasti terjadi, karena memang microphone yang ada pada setiap handphone apapun itu adalah microphone yang bersifat buzzer maupun lilitan kumparan tanpa membran. berbeda dengan sistem microphone yang biasa dipakai dipanggung maupun acara-acara seminar dll, microphone yang digunakan pasti terdapat membran didalamnya. membran ini akan bergetar bila ada suara disekelilingnya. sehingga suara kita terdengar lebih sesuai tone nya. 

Perhatikan kualitas audio


Memang didalam microphone kecil yang ada dalam ponsel juga terdapat bagian yang menangkap getaran suara kita, akan tetapi bukan berbentuk membran, namun lempengan pelat yang dibalur dengan lilitan kumparan halus. 

Ini menyebabkan tone suara kita tidak seperti aslinya. agak treble, agak mendem atau agak ngebass, pokoknya macam -macam lah. karena memang tidak mungkin menggunakan microphone membran yang membutuhkan space besar untuk ponsel yang zaman sekarang semakin lama semakin tipis. tapi ini bukan suatu kesalahan kok, karena memang ponsel didesain sudah begitu, kita berbicara ponsel, bukan sound system yang bikin suara kuat dan jernih.


Tapi kata siapa ponsel kita tidak bisa menghasilkan suara seperti layaknya tone suara yang sebenarnya, layaknya pembicara radio atau reporter tv yang "kok tone suaranya persis sama seperti tidak menggunakan microphone ya? padahal dia kan pasti pakai microphone. kata-kata seperti ini pasti sering menjadi pertanyaan dibenak kita saat mendengar penyiar radio,reporter tv sedang live. 

Atau bahkan di acara talkshow di tv. ini karena mereka menggunakan microphone yang didukung fitur membran dalam microphone nya. tapi harus diingat bahwa tidak semua mic yang menggunakan sistem membran bisa menghasilkan suara yang jernih. tergantung magnet dan kualitas kumparan/lilitan yang menyatu pada membran tersebut. membran itu umumnya terbuat dari plastik tipis sekali. kualitas plastik juga sangat menentukan. 

Saya tidak akan membahas itu lebih dalam. yang ingin saya share adalah bagaimana cara nya agar bisa mendapatkan kualitas suara/audio yang bagus saat merekam video menggunakan handphone canggih kita. caranya ialah cukup dengan menggunakan microphone eksternal. 

Cara menyambung Microphone agar kualitas suara jernih


Gunakan microphone biasa(bukan mic headset)  karena microphone kecil (mic Selip baju) yang menggunakan membran tipis didalamnya sangat susah nyarinya. jadi cukup menggunakan microphone kabel yang sudah biasa kita lihat dipanggung atau distudio. jangan kaget, anggap saja anda seperti rekaman distudio. namun saya sarankan pakai yang merk Shure agar lebih jernih suaranya, dan tone suara terdengar nyata.

Tahap selanjutnya adalah beli jack mini yang ukuran dan jumlah sekatnya ada 4, seperti gambar dibawah ini. ingat, yang anda sambungkan cukup bagian ground dan microphone saja, karena nanti saat merekam video via handphone, anda tidak membutuhkan headset. jadi terdapat dua jalur kabel yang terbungkus didalam kabel jack mini tersebut, gunakan kabel audio yang mempunyai jalur serabut dan jalur tunggal. 


Kemudian yang serabut disambung menggunakan solder ke bagian sambungan ground yang terdapat dalam kepala jack mini. lalu masing-masing ujung kabel jack mini 3,5 dan socket sambungan microphone di sambungkan sesuai jenis kabelnya, serabut dan tunggal. jangan sampai salah sambung, nanti akan terjadi noise atau dengung saat rekam video. perhatikan gambar penyambungan dibawah ini.


Setelah semuanya terhubung, ambil microphone seperti gambar paling atas, lalu sambungakan ujung socket ke bagian bawah microphone anda. setelah itu, colokkan jack ke handphone dan lakukan proses percobaan, bila sambungan yang dilakukan benar, maka suara/audio akan berhasil direkam, dengarkan kualitasnya, akan sangat jernih dan nyata. 

Soket microphone bisa anda beli di toko yang menyediakan sparepart elektronik di kota anda. untuk melakukan hal ini, harus cukup mahir menggunakan solder, tidak disarankan bagi yang baru pertama kali menyentuh alat yang bernama solder. dan selain itu, diharuskan mengerti menggunakan alat ukur yaitu multi tester, karena untuk mengetahui tersambungnya kabel atau tidak dalam proses instalasi harus menggunakan alat ukur tersebut. bila ada kalimat yang dirasa kurang faham, boleh bertanya dengan baik di kolom komentar, terimakasih.

Artikel Terkait

18 komentar

trimakasih min atas solusi nya, tpi bagaimana jika mic yg di hp kita msih hidup / suara msih bocor

Coba Download aplikasi perekam video "Full DH Camera Dan Video " pada playstore android. Lalu pilih setelan video dan pilih microphone external.

Karena pada aplikasi video bawaan android tidak semua punya fitur setelan pemilihan mic external atau internal. Olehkarena itu ketika di colok ke mic sering tidak berfungsi, yang ada malah mic didalam handphone yg nyedot suara kita.

Maka dari itu, dibutuhkan aplikasi video yg lain. Saya sudah coba aplikasi diatas, suara yang dihasilkan jernih dan murni dari microphone eksternal.

klo pengalaman gw pake smule memang suara gw jelek sie pake mic bawaan hp, abis playback hasil nyanyian sendiri langsung sadar klo suara jelek ternyata.. tapi kalo pake mic bagus hasilnya gmn yak.. :p wakkakakkakk paling sama aja kali ya

Kalo pake mic bagus, ya pasti ada perbedaan mbak ketimbang pake mic yang biasa saja. apalagi di smule kan sudah ada pengatur effect audionya, jadi suara bisa semakin terdengar seperti penyanyi profesional.

Terimakasih ilmunyaa. akan segera dicoba

Saya pernah coba rekam video ketika karnaval, alhasil suara yang dihasilkan tidak terdengar jelas sama sekali, hanya suara greg greg, bagaimana caranya agar suara enak di dengar?
Sumber suaranya yang direkam dari sound system.
Terima kasih

Mungkin camera hp agan terlalu dekat speaker sound systemnya, sehingga suara yg direkam mnjdi greg..greg...

ane pke mic ktv external buat smule tp kok noisenya kerasa bget ya tlong solusinya master biar mic ane jernih

Perhatikan jumlah gelang hitam pada jacknya bro. Soalnya bberapa merk hp ada yang tidak support terhadap jack yang hanya memiliki 2 gelang. Pada umunya untuk smartphone android harus menggunakan jack yg 3 gelang.

Sy dah coba kok gak masuk ya padahal udah saya contoh sperti yg di atas,sy pake hp advan.minta penjelasanya dunk.

Saya juga susah ngejelasinnya klo gak cek langsung hp dan jack headset masbro. Coba dulu deh download aplikasi yg ane sebutkan diatas.

Kalau pakai samson co3u gmana nyambungin nya ke android?

Mic samson co3u itu kabelnya tebel dan ujung jack nya beda. Dan sambungan kabel dari mic juga agak unik jadi menurut ane, susah buat nyambungin mic tersebut ke android.

untuk rekam lewat hp secara langsung tanpa mic apakah kualitas suaranya ngga bagus

Rekam lewat hp secara lngsung juga tidak masalah mbak, kan di hp juga ada microphonenya. Dan hasilnya gak beda jauh mnurut saya.

Mas, saya mau liputan pake handphone ,enaknya jenis mic nya yg seperti apa ya. Jenis yg di atas itu atau mic selip Gtu, Yg kualitasnya juga sangat good apabila di share di media sosial. Terimakasih mas.

Itu smua trgantung selera dan kualitas mic nya mas. Tapi mic selip juga pantes buat di coba.

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.