Senin, 11 Juli 2016

Membahas Bagian Dalam Microphone Para Vokalis

Microphone adalah alat yang dapat mengubah getaran suara manusia menjadi getaran  arus listrik. dalam dunia musik, microphone ada tiga jenis. yaitu dinamic microphone, condenser microphone dan wireless microphone. dinamic microphone dan wireless microphone sering kita lihat penggunaannya pada acara - acara musik kecil maupun besar. sedangkan mic condenser biasanya digunakan pada rekaman/recording.
Membahas Bagian Dalam Microphone Para Vokalis
Pada dasarnya cara kerja microphone hampir sama dengan pick up gitar, sama -sama memanfaatkan induksi elektromagnetik. cuman bedanya adalah, pada pick up gitar kumparannya tidak bergerak, sedangkan pada microphone kumparan/lilitan kawatnya bergerak naik turun saat ada getaran yang masuk. coba perhatikan gambar dibawah ini.

Struktur dalam Head yang terdapat dalam Microphone


Gambar diatas adalah kepala microphone. semua microphone memiliki srtuktur seperti diatas. yaitu, koker/membran, lilitan/spull, magnet, dan tentunya terdapat ruang diamping magnet yang berguna sebagai tempat spull bebas bergerak. jika spull mengenai dinding magnet maka proses penyaluran getaran suara akan terganggu ke spull.  gambar diatas adalah struktur pada Dynamic mircophone. hanya menggunakan head/kepala mic lalu disalurkan melalui kabel menuju perangkat audio.

Mungkin diantara teman - teman masih bingung, mengapa ketika para vokalis berbicara atau bernyanti didepan microphone, suara akan terdengar di speaker melalui amplifier atau sound system. ini bukan disebabkan oleh adanya ilmu mistik yang tidak masuk di logika kita, teteapi disebabkan oleh suatu proses alami yang memang sejak dulu sudah ada di alam kita. dan semuanya bisa masuk dalam logika. prosesnya adalah seperti dibawah ini.

"Suara manusia menggetarkan Membran . lalu Membran yang bergetar akan membuat lilitan/spull yang berbentuk koker turut bergetar dalam medan elektromagnet. getaran itu adalah terjemahan dari getaran suara kita dan tentunya sudah menjadi getaran arus listrik dengan bantuan induksi Elektromagnetik yang dibantuk oleh perpaduan antara magnet dan tegangan yang ada pada lilitan/spull. tegangan diperoleh ketika kita mencolokkan jack microphone ke ampli atau sound system. jika seandainya tidak ada magnet pada microphone. maka dijamin microphone tidak bisa menghasilkan suara pada soundsystem atau amplifier"

Bila anda ingin membeli microphone dengan kualitas yang bagus, ane saranin beli mic condenser. karena sudah menggunakan rangkaian elektronika didalamnya sehingga kinerja spull bisa sempurna. Jenis mic ini tentunya harus menggunakan tenaga baterai sebagai supply tegangan untuk rangkaian yang ada didalamnya.

Lantas bagaimana dengan Microphone wireless?


Pada microphone wireless cara kerjanya sama saja. hanya bedanya adalah pada microphone wireless terdapat rangkaian penguat suara dan pemancar audio yang berfungsi mentransfer sinyal suara kita ke receiver wireless. Biasanya microphone sistem seperti ini menggunakan tegangan 9 volt untuk proses kinerja rangkaiannya. mic jenis ini paling sering digunakan pada setiap acara musik maupun acara - acara lainnya. karena tanpa kabel. salah satu jenis microphone wireless yang paling digemari para audioners adalah merk Shure BLX88

Lalu bagaimana dengan kondenser mic?. Microphone jenis yang satu ini tetap menggunakan head/kepala microphone yang strukturnya sama seperti gambar diatas. hanya bedanya adalah, pada microphone condenser terdapat rangkaian penguat/booster untuk lebih mengakuratkan getaran suara lalu disalurkan melalui kabel menuju perangkat audio, amplifier atau sound sistem. 

Artikel Terkait

2 komentar

mas mau tanya kalo shure mic wirelles bedanya sama soundcard apaan ya

Bedanya jauh mas.

Mic wireless shure itu mic tanpa kabel yang didalamnya trdapat rangkaian dengan 3 blok, yakni pre amp, pmbangkit signal gelombang, dan pemancar.

Sedangkan Soundcard adalah suatu rangkaian/kit yang berfungsi untuk memproses audio dalam komputer/ laptop. Ada dua jenis yaitu soundcard Internal dan Eksternal.

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.