Rabu, 06 Juni 2018

6 Penyebab Noise Dan Dengung Pada Saat Memainkan Gitar Elektrik

Gitar merupakan salah satu alat musik berdawai yang paling vital fungsinya digunakan dalam suatu pertunjukan musik. Berdasarkan fungsinya, gitar dapat dimainkan sebagai pemberi irama dan melody di dalam sebuah musik. Berdasarkan jenis aliran musiknya, gitar terdiri dari akustik dan elektrik. Musik seperti Latin, Salsa, classic dapat diperindah dengan menambahkan instrumen gitar akustik. sedangkan Musik beraliran Rock, Metal, Hard rock, blues, punk. lebih cocok bila menggunakan gitar elektrik sebagai intrumen pelengkapnya.

6 Penyebab Noise Dan Dengung Pada Saat Memainkan Gitar Elektrik

Bagian yang mempengaruhi timbulnya noise

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang gitar elektrik. Yang ingin di tinjau ialah tentang masalah noise atau dengung yang terjadi saat memainkan instrumen tersebut. Sound gitar yang memiliki noise terlalu besar tentu akan sangat mengganggu bagi orang yang mendengarkannya. Secara alami, noise pada dunia gitar ada dua yaitu noise yang wajar dan yang tidak wajar.

Jika kita memilih suara distorsi pada efek, maka akan terdengar noise saat genjrengan gitar dihentikan. Lalu ketika gitar dibunyikan, maka noise seakan tidak tedengar lagi alias tenggelam. Noise seperti itu menurut saya adalah sesuatu yang wajar, bukan berarti efek distorsinya sedang mengalami kerusakan. Bagi gitaris pemula yang baru saja memiliki efek tentu sering menganggap jika efek yang mengeluarkan bunyi noise itu berarti efek sudah ada tanda-tanda kerusakan. Padahal anggapan itu tentu salah. Noise yang dikeluarkan saat menekan on distorsi, itu adalah noise yang wajar.

Nosie yang tidak wajar adalah noise yang ditimbulkan karena memang adanya kerusakan pada bagian pendukung sound gitar. Kejadian seperti ini sangat sering terjadi saat bermain gitar elektrik. Oleh karena itu, para gitaris dituntut untuk tidak hanya mahir bermain gitar, akan tetapi mengerti akan kerusakan dan mencari solusi untuk meminimalis noise pada gitar. Dibawah ini adalah enam penyebab timbulnya suara mengganggu alias nois atau dengung saat memainkan gitar listrik.

SUBSCRIBE kami Di YOUTUBE "Elektrokita TV" 

1. Pick Up Gitar

Pick up atau spull pada gitar elektrik sangat vital fungsinya yaitu sebagai penangkap getaran suara alami yang ditimbulkan oleh senar yang dipetik atau di genjreng lalu getaran itu diubah menjadi getaran sinyal listrik. Jika komponen ini rusak, maka proses induksi akan terganggu dan mengakibatkan masuknya sinyal audio kotor yang diubah menjadi sinyal listrik. Isolasi kawat tembaga yang terkelupas seringkali menjadi salah satu penyebab timbulnya noise.

(Baca Juga : Pick up Gitar Elektrik Atau Bass)

2. Instalasi Kabel Dalam Gitar

Pada bagian panel pengontrol gitar terdapat instalasi kabel untuk menghubungkan komponen seperti potensio dan kapasitor serta female jack. JIka kabel yang digunakan tidak sesuai maka akan menyebabkan noise. Gunakan kabel tunggal yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Solderan juga sangat mempengaruhi kebersihan suara yang dikeluarkan nantinya. Jangan menyolder terlalu tebal dan terlalu panas sehingga menyebabkan gumpalan timah terlihat kusam. Solderlah dengan menggunakan timah seperlunya agar tidak terlalu tebal dan jangan menyolder terlalu lama sehingga menyebabkan timah berkerut saat sudah membeku.


3. Kabel Jack

Penghubung atara gitar ke efek dan efek ke ampli adalah kabel. Kualitas kabel juga sangat mempengaruhi kejernihan suara gitar anda. Dipasaran ada beberapa merk kabel berkualitas, silahkan search di google. Namun jika hendak membuat sendiri kabel gitar. Alangkah baiknya memperhatikan penyolderan pada jack nya. Tehnik penyolderan yang baik akan berpengaruh terhadap kualitas suara yang akan dihasilkan pada speaker ampli.

(Baca Juga : Cara Menginstalasi  Atau Wiring Kabel Dalam Gitar Dan Bass)

4. Efek gitar

Tentunya jika ada masalah pada komponen dalam efek, maka akan mengakibatkan masalah seperti noise yang berlebihan.Namun seperti yang sudah diterangkan diatas bahwa tidak semua efek yang menghasilkan noise disebut efek yang rusak.

5. Adaptor Efek

Tegangan yang tidak higienis atau tidak di regulasi dengan baik akan menimbulkan hasil audio yang kurang bagus dan sangat berpengaruh buruk dalam permainan gitar elektrik. Untuk itu kita harus menggunakan adaptor yang memiliki bagian regulator didalamnya yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik agar tidak mempengaruhi kualitas audio atau sound.

6. Amplifier

Bagian yang paling terakhir adalah Amplifier. Sudah pasti jika amplifier mengalami masalah pada bagian tone ataupun power maka akan menimbulkan suara berisik yang tidak seorangpun menginginkannya. Maka dari itu, kualitas ampli juga harus diperhatikan untuk memperoleh sound gitar yang jernih dan maksimal sesuai dengan keinginan gitaris itu sendiri.

Artikel Terkait

2 komentar

Tambahkan elco pada kabel power suplay effect gitar.

@Tulus... hhe terimakasih atas jawaban nya mas... jangan lupa ikuti channel youtube kita yah "elektrokita tv"

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.