Senin, 08 Januari 2018

Cara Setting Metalzone MT2 Agar Sound Gitar Rasa Internasional

Metalzone bisa dikatakan efek legendaris bagi para rocker. Hingga saat ini peminatnya masih banyak karena karakter sound yang dihasilkan lebih real dan stabil saat direct atau todong ke amplifier diatas panggung karena karakter sound yang dikeluarkan oleh efek ini sangat cocok untuk memenuhi selera para gitaris handal di muka bumi ini.


Di era tahun 80 an, hampir semua gitaris band rock di indonesia bahkan luar negeri menggunakan efek metalzone sebagai penghasil gahar suara gitar mereka. Sama saja antara pemain rhytem dan melody. Efek metal yang satu ini memang tiada duanya untuk main musik rock, apalagi yang beraliran metal.

Satu efek saja cukup pada masa itu

Jaman dulu, gitaris punya efek stompox satu saja sudah sangat senang rasanya. Bahkan ketika dipanggung, gitaris sangat senang  bisa menggunakan sebiji efek itu saja.  Ini juga jelas saya lihat pada sebuah foto band tahun 80an di sebuah akun Instagram.

Pada masa itu, skill atau kemampuan bermusik sangat dituntut. Sebab jika skill pas pas an maka band lambat laun akan tenggelam eksistensinya. Alat tidak perlu wah yang penting skill benar benar terasah dan mumpuni. Bila ada gitaris yang permainannya diatas rata rata, maka si gitaris akan langsung terkenal karena berita dari mulut ke mulut.

Konfigurasi setting Metalzone MT2

Gitaris harus dibekali dengan pengolahan sound yang baik. Untuk itu ampli dan efek butuh settingan dari tangan anda. Lihatlah gambar dibawah ini. Mungkin bisa sebagai referensi untuk memperoleh sound gitar yang lebih mumpuni agar memenuhi karakter sound diatas panggung.

Namun tidak selamanya anda harus berpatokan dengan gambar gambar tersebut. Didalam musik, sangat dibutuhkan eksperimen dari tangan musisi itu sendiri. Semakin sering bereksperimen maka akan cepat ketemu ciri khas seorang gitaris dalam diri anda. 

Pada gambar settingan dibawah ini ada 8 karakter sound yang bisa diaplikasikan. Silahkan klik gambar agar terlihat lebih jelas, silahkan pilih yang manapun kalian suka, dan satu yang harus diingat ialah bahwa jenis pickup gitar sangat mempengaruhi untuk mendapatkan sound yang sesuai dengan gambar dibawah ini. Pickup EMG sangat mendekati untuk digunakan dengan efek Metalzone MT2

Cara Setting Metalzone MT2 Agar Sound Gitar Rasa Internasional

Untuk memperoleh sound layaknya gitaris rock luar negeri tentunya gear atau peralatan sobat harus minimal yang standard. Lalu sobat ikuti konfigurasi pemilihan sound yang saya suguhkan pada gambar gambar dibawah ini.

Khususnya bagi gitaris pemula, menyetem efek dengan menggunakan speaker aktif sebagai monitoringnya saya rasa kurang pas. Ini harus dilakukan dengan menggunakan ampli gitar yang sesungguhnya. Tidak masalah apapun merknya.

Cara Setting Metalzone MT2 Agar Sound Gitar Rasa Internasional

Baiklah sekian dulu penjelasan dari saya. Mohon maaf bila terkesan bertele tele. Saya hanya ingin bercerita agar teman sekalian bisa memahami maksud tulisan sebelum tiba ke kesimpulan yang paling pokok. Semoga eksperimen dalam efek anda berhasil. Terimakasih dan sukses buat kita semua. 

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.