Rabu, 02 Agustus 2017

Cara Menginstalasi Atau Memasang Alat Karaoke Profesional Di Rumah

Salah satu kegiatan yang sedang marak-maraknya dikalangan masyarakat adalah karaokean. Senang deh, bisa menyanyikan lagu kesayangan seolah kitalah penyanyi aslinya. Apalagi nyanyi bareng teman-teman atau keluarga tentunya sangat seru disela kekosongan waktu. Tidak heran jika sekarang ini muncul banyak tempat karaoke yang menyediakan berbagai fasilitas untuk memanjakan pengunjungnya. Dan hingga kini, bisnis karaoke merupakan salah satu penghasil uang yang cukup menjanjikan. Namun modal tentunya harus mumpuni untuk memulai bisnis ini.

Alat karaoke

Bagi anda penggemar kegiatan karaoke tentunya sangat suka berkunjung dan bernyanyi di tempat karaoke untuk melepas kesuntukan jiwa. Dan tentunya mengajak beberapa teman atau keluarga untuk menemani anda. Akan tetapi jika sudah tiba tanggal tua, maka akan berpikir dua kali untuk pergi ke tempat karaoke. ya sabar aja  nunggu gajian bulan depan. Tapi gimana bila ternyata kita pengen banget karaokean. Ya jalan satu-satunya sih harus punya karaoke sendiri dirumah.

Bila anda berniat ingin membuat sendiri alat karaoke dirumah atau perangkat karaoke rumahan, tentu harus merogoh kocek untuk membeli beberapa perangkat yang diperlukan dalam menginstalasi secara komplit alat karaoke. Harga alat karaoke satu set boleh dikatakan tidak murah dan tidak terlalu mahal juga. Saya akan memberikan penjelasan lengkap tentang bagaimana cara menginstalasi atau menyambungkan satu perangkat ke perangkat lainnya. Karena agar bisa bernyanyi asyik dan memilih lagu serta mengatur suara dalam karaoke ada beberapa perangkat atau tools yang harus kita siapkan


Perangkat apa saja yang dibutuhkan


Untuk membangun jaringan karaoke sederhana dalam ruangan, ada beberapa perangkat yang harus dan wajib kita persiapkan yaitu Speaker aktif, VCD/DVD, Televisi Dan Microphone. Dan untuk membuat jaringan karaoke profesional layaknya di tempat karaoke yang sering kita kunjungi, perangkat yang dibutuhkan adalah Power Amplifier, Speaker, Mixer Audio, Microphone, Karaoke Player, hardisk karaoke dan sebuah TV LED Atau layar datar.

Untuk spesifikasi amplifier, saya sarankan menggunakan power ampli berdaya 300 hingga 600 watt saja. Agar suara bisa diatur sejernih mungkin, ada baiknya menggunakan mixer audio yang mini saja, sekitar 4 sampai 6 channel mic. Pada umumnya didalam mixer sudah terdapat pengatur high, low, mid, reverb, delay. ini sangat penting untuk mengatur kualitas suara ketika didengar di speaker. Untuk microphone sebaiknya pilihlah mic dengan harga yang tidak terlalu murah, karena harga menentukan kualitas, jika anda menggunakan mic yang murah, sepertinya suara yang terdengar akan mirip suara toa. Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi.

Karaoke player adalah perangkat audio yang berfungsi untuk memproses  signal audio dan video yang berasal dari hardisk tempat ribuan lagu karaoke tersimpan. ada banyak toko yang menyediakan hardisk karaoke sudah lengkap berisi video lagu karaoke didalamnya. Menggunakan VCD merupakan cara lama dan tidak praktis untuk karaoke, sebab CD rentan tergores dan akhirnya lagu tersendat saat dimainkan.

Agar suara musik dan vokal terdengar nyata dan lantang, kita harus menggunakan dua box speaker non aktif yang masing-masing memiliki dua buah speaker didalamnya. Satu speaker penajam atau tweeter dan satunyalagi speaker biasa berukuran 12 inchi. Kita membutuhkan audio yang stereo oleh karena itu dibutuhkan dua box speaker. Ukuran box sekitar 50 cm untuk panjang, tingginya 70 cm dan lebarnya 40 cm.

(Baca Juga : Tentang Speaker)

Lalu bagaimana cara memasang atau merangkai perangkat karaoke


Bila semua tools diatas sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah merangkai atau menginstalasi semua perangkat agar terhubung menjadi suatu kesatuan. Bila salah melakukan penyambungan maka karaoke tidak akan bisa berjalan dengan baik. Mari kita perhatikan dengan seksama gambar yang saya suguhkan dibawah ini.

Konfigurasi alat karaoke

Jangan bingung dulu melihat gambar diatas. Rileks sejenak. Lalu mari kita baca penjelasan berikut mengenai gambar tersebut. Perhatikan tanda panah berwarna merah. Itu artinya ialah laju sinyal. Pada gambar tersebut terdapat petunjuk pemasangan kabel. Kita mulai dari karaoke player, soket signal oudio out yang ada dipanel belakangnya kita sambungkan menggunakan kabel rcf ke bagian  input audio yang terdapat pada mixer. biasanya bentuk lobang colokan atau soketnya mirip soket belakang VCD.

Lalu pada mixer audio juga pasti kita temui soket line out atau audio out, bagian ini kita hubungkan ke bagian input power ampli. Biasanya tertulis line in atau audio in pada power amplifier. Kemudian pada bagian belakang power ampli biasanya ada lubang tempat penyambungan kabel ke speaker dan selalu ada Left dan right. Ini dihubungkan ke dua box speaker.

Setelah itu kita kembali lagi ke bagian karaoke player. Pada bagian panel belakang ada tertulis video out, ini kita hubungkan kebagian video in yang tertulis pada panel belakang TV. Lalu jangan lupa, hardisk disambungkan kebagian depan player. Colokannya seperti colokan komputer. tidak perlu repot karena kabel colokan sudah tersedia saat membeli hardisk.

Playe karaoke ini tentunya dilengkapi dengan remote control, jadi anda tinggal pencet saja, lalu judul dan video lagu karaoke nongol di tv. Itulah penjelasan mengenai gambar illustrasi yang saya buat. dan itu bisa diaplikasikan dan akan berhasil jika prosesnya dilalui dengan benar.

Hal yang perlu difahami tentang pengkabelan.


Kabel yang kita gunakan pada instalasi karaoke kebanyakan adalah kabel rcf kecuali untuk sambungan speaker dan kabel microphone. Speaker biasanya menggunakan kebel dua cabang serabut. sedangkan kabel microphone tentu kita semua sudah tau. Kabel RCF adalah kabel audio yang memiliki 2 jalur. Pertama ialah ground yang biasanya  berbentuk serabut banyak. jalur kedua adalah jalur yang diberi isolasi karena merupakan jalur signal.  Kabel ini selalu digunakan untuk rangkaian audio. Wujud kabel ini sama persis  dengan kabel sambungan vcd ke tv yang sering kita lihat dirumah.

Dalam penggunaannya kabel ini selalu harus ada sepasang bila perangkat audio kita sistemnya stereo. kecuali untuk sambungan signal video. Karena video adalah gambar, bukan audio. video tidak perlu ada left dan right. Jika kita kembali pada gambar diatas. Saya ingin menjelaskan lagi bahwa menghubungkan karaoke player ke mixer audio dibutuhkan sepasang kabel rcf, karena pada keluaran K player akan tertulis audio out left, right. Lalu ketika masuk ke input mixer juga akan tertulis Audio input left, right. Sama halnya dari mixer menuju power ampli.

(Baca Juga : Bagaimana Cara Menghubungkan Perangkat Sound System)

Untuk mengetahui berapa biaya membuat karaoke di rumah, silahkan tanya ke toko elektronik atau toko audio terdekat di kota anda. Tentunya mereka akan menjelaskan rincian harganya. Mereka akan merekomendasi apa saja alat yang dibutuhkan untuk perangkat karaoke rumahan.Pada artikel ini saya hanya menjelaskan tentang cara bagaimana menginstalasinya saja.
.
Semoga artikel ini bisa memberi manfaat bagi anda. Saran saya baca lah semua isi dari artikel, karena itu semua saling berkaitan, jika ada yang terlewat, maka anda tidak akan bisa memahami maksud dari penjelasannya. Tulisan ini juga sangat berguna bagi anda yang ingin membuka bisnis atau usaha karaoke secara profesional. Mohon maaf jika kata-kata di artikel ini terlalu panjang. karena bagi saya lebih baik panjang agar lebih detail daripada singkat padat tapi tidak semua pembaca bisa memahami. Bagi yang ingin bertanya, silahkan isi kolom komentar. 

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.