Senin, 11 Juli 2016

Magnet Pickup Atau Spull

Tanpa adanya magnet, maka tidak mungkin microphone, pick up gitar/bass dan speaker bisa menghasilkan suara. disini magnet digunakan bukan untuk melekatkan logam, tapi untuk membantu mempertajam fluks elektromegnetik yang dihasilkan oleh lilitan kawat tembaga/ kumparan/spull. magnet dikenal memiliki dua kutub yaitu utara dan selatan setiap potong nya.

Cara memperoleh kemagnetan


Secara umum magnet yang digunakan pada masa sekarang ini adalah magnet buatan bukan magnet yang diperoleh dari alam. magnet tidak memiliki gaya tarik terhadap semua jenis logam, hanya logam tertentu saja seperti besi, aluminium dan baja. magnet tidak lengket pada timah. magnet buatan bisa diperoleh dengan cara
  1. Cara induksi : setiap besi atau baja yang dilekatkan ke magnet, maka besi ata baja tersbut akan memiliki gaya magnet pula. 
  2. Cara elektromagnet : yaitu dengan melilitkan kawat tembaga pada besi lalu diberi tegangan pada ke dua ujung kawat maka besi akan memiliki kmampuan menarik paku yang didekatkan padanya.
Pada pickup/spull gitar elektrik/bass, magnet memegang peranan penting dalam menghasilkan suara gitar tersebut. seprti ekseprimen yang saya lakukan, ketika magnet dicabut, maka suara yang dihasilkan kecil bahkan tidak terdengar sama sekali. ketika magnet didekatkan, suara pun kembali normal.

Disini jelas kesimpulannya bahwa magnet membantu mempertajam proses pengubahan getaran suara dari senar gitar menggunakan medan magnet disekitar magnet itu sendiri dibantu oleh penambahan medan elektromagnetik dari lilitan kawat tembaga. pada spull/pickup gitar, magnet sama sekali tidak bersentuhan langsung dengan lilitan kawat/kumparan/spull, namun kektika kita melekatkan ujung obeng ke ujung besi magnet yang ada pada permukaan pick up gitar, akan terdengar suara pada speaker amplifier.

Magnet Pickup Atau Spull gitar

Hal ini juga terjadi pada microphone, dimana ketika kita bersuara didepan microphone, maka membran plastik tipis yang ada didalam nya akan bergetar, sehingga lilitan/kumparan halus yang melingkar di sisi magnet akan bergetar sesuai getaran suara kita. maka secepat itu pula arus listrik yang ada disekitar kumparan akan menirukan dengan sangat persis getaran alami suara kita .

Namun masih bersifat arus listrik. lalu sinyal akan dikirim ke ampli, diproses disana, lalu dikirim ke speaker. sehingga speaker pun mengeluarkan suara sama persis seprti suara kita. tidak ada bedanya sedikit pun.

(Baca Juga Membahas Bagian  Microphone Para Vokalis)

Bukan hanya untuk microphone atau pick up/spull gitar saja, penggunaan magnet juga sangat dibutuhkan pada speaker. semua speaker yang ada dibumi ini pasti harus menggunakan magnet sebagai alah satu komponennya.

Fungsi utama Magnet pada pickup 


Disini magnet mempertajam getaran listrik untuk dapat membungkam spull/lilitan yang menyatu dengan membran yang ada pada speaker sehingga membran pun turut bergetar, getaran nya cukup kuat terdengar. lalu dengan bantuan kertas corong / konus speaker yang juga menyatu dengan membran, suara pun terdengar lantang ditelinga kita. disini magnet bisa memiliki berfungsi.

Oleh sebab itu jika rekan sekalian ingin membeli pickup gitar, diharuskan untuk jeli memilih pickup gitar yang baik untuk gitar. ukur tahanan lilitannya menggunakan multi tester dan uji kesensitifan magnetnya. Jika tahanan kecil sekitar 800Ohm kebawah maka menurut saya kualitas pickupnya sedang-sedang saja karena jumlah lilitan sedikit bila memiliki tahanan sedikit. Dan sebaliknya jika tahanan sekitar 1000 sampai 2000 Ohm atau 1 K sampai 2 K, maka kualitas pickup bisa dikatakan mumpuni. itu sekedar pertimbangan untuk membeli pickup gitar atau bass

Ini juga digunakan untuk microphone dan digunakan pula untuk spaker. pnggunaan magnet merupakas suatu keharusan dalam ilmu audio elektronik. karena bila kita iseng membuat eksperimen, sebenarnya spaker juga bisa berfungsi sebagai microphone dan demikian pula sebaliknya, microphone juga bisa berkerja seperti speaker.

Untuk membuktikannya, ambillah spaker lalu sambungkan dengan kabel jack, setelah itu masukkan jack ke input amplifier. maka katika kita bersuara didepan speaker, suara kita juga akan terdengar pada speaker yang satu nya lagi/ speaker yang ada pada ampli. dan sebaliknya, kita mencolokkan jack kecil microphone ke bagian headset handphone maka microphone akan mengluarkan suara layaknya headset.

Pada dasarnya cara kerja microphone dan spaker adalah sama bila ditinjau dari penerapan elektomagnetiknya. Namun fungsinya disesuaikan berdasarkan tujuan masing-masing. Yang pasti keduanya menggunakan sistem induksi kumparan agar dapat melaksanakan fungsinya. Agar lebih memahaminya, silahkan teman baca pada artikel saya berikut ini.

(Baca Juga : Pickup Gitar Elektrik Atau Bass)

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.