Senin, 11 Juli 2016

Kapasitor dan Elco Pada Instrumen Musik Elektrik

Kapasitor atau sering juga disebut sebagai kondensator adalah suatu komponen dalam ilmu elektronika yang bisa menyimpan energi di dalam suatu medan listrik namun bersifat sementara. kapasitor bekerja dengan cara mengubah elektron yang masuk dan menyalurkannya ke komponen selanjutnya didalam suatu rangkaian. 

Pada power supply kapasitor berfungsi sebagai filter/ penyaring agar tegangan lebih halus. kapasitor juga berfungsi sebagai pereda gejolak arus listrik. salam penggunaan terhadap wireless, kapasitor berfungsi sebagai pembagkit frekwensi signal. kapasitor juga bisa menyimpan muatan listrik bila seandainya sudah tidak ada lagi arus listrik yang masuk.

Pembagian Kapasitor menurut Nilainya


Menurut Fungsinya, kapasitor terbagi atas dua jenis yaitu kapasitor tetap dan kapsitor variabel. masing masing komponen ini punya fungsi yang sangat diperlukan dalam suatu rangkaian audio elektronik. kondensator merupakan komponen elaktronika yang mempunyai lapisan dielektrika didalamnya dan terdapat cairan yang merupakan senjata kondensator untuk memproses arus listrik yang masuk kedalam dirinya. dibwah ini adalah penjelasan beberapa jenis kondensator.

A. Kapasitor Tetap


1) Kapasitor electrolit (ELCO/Electrolit Condensator)

Komponen ini sangat gampang dikenali dalam suatu rangkaian elektronika. bentuknya bulat panjang mirip seperti baterai dan terdapat kaki negatif dan positif. komponen ini aka meledak jika diberi tegangan melebihi kemampuannya atau jika sampai salah menempatkan negatif dan positifnya dalam suatu rangkaian elektronika. tegangan maksimum tertulis di badan ELCO.

Komponen ini sering digunakan dalam rangkaian catu daya, rangkaian penguat audio dan rangkaian tone control pada amplifier atau sound system. kondensator electrolit/Elco sebenarnya termasuk dalam kategori kapasitor tetap. hanya saja komponen ini sangat spesifik yaitu terdapat dua kutub pada kakinya yaitu negatif dan positif.

Kapasitor dan Elco Pada Instrumen Musik Elektrik



2) Kapasitor Keramik

Komponen ini tidak memiliki kutub negatif dan positif . oleh karena itu, pemasangan komponen ini bisa bebas kaki kanan atau kaki kiri dalam posisinya pada suatu rangkaian elektronika. komponen ini juga merupakan bagian dari rangkaian yang hampir tidak pernah mengalami kerusakan karena komponen ini tahan terhadap tegangan tinggi sekecil apapun bentuknya sehingga ketika ada hubungan singkat arus AC dalam perangkat audio, kapasitor lah yang paling bisa bertahan. sedangkan komponen yang lain mungkin akan mengalami kerusakan yang fatal.

fungsinya dalam rangkaian hampir sama dengan Elco. komponen ini sering digunakan sebagai pembangkit signal eletromagnetik pada rangkaian radio dan wireless. Untuk bagian penguat audio dan efek, sangat tidak saya sarankan menggunakan kapasitor ini karena rentan noise.

Kapasitor dan Elco Pada Instrumen Musik Elektrik

3) Kapasitor Mika

Komponen ini bahan isolatornya terbuat dari Mika. Sering ditemui pada perangkat audio yang lama dan kapasitor ini juga bisa dipasang secara sembarang kedua kakinya karena tidak mempunyai kutub negatif maupun positif.

4) Kapasitor Polyster

Bagian isolator komponen ini terbuat dari bahan Polyster. Kapasitor inilah yang sangat sering digunakan pada bagian tone gitar elektrik untuk memangkas signal menjadi terdengar lebih low ketika kita menyambungkan hubungan kapasitor menggunakan geseran potensiometer.

Untuk penggunaan pada perangkat penguat audio maupun efek, sangat saya sarankan menggunakan kapasitor jenis polyster karena dapat meminimalis noise yang timbul. ini menurut pengalaman saya, namun itu semua kembali ke selera masing-masing.

5) Kapasitor Kertas
Isolator kapasitor ini terbuat dari bahan kertas namun bukan kertas biasa. tentulah menggunakan kertas yang sudah diolah sedemikian rupa agar tahan terhadap panas dan bisa tahan lama pula. sama seperti kapasitor selain Elco, Kapasitor kertas juga bisa dipasang bolak balik karena tidak memiliki kutub positif dan negatif.


B. Kapasitor variabel/nilainya bisa diubah



1) Varco ( Variabel Condensator)

Komponen ini sering dijumpai pada radio yang tuningnya masih menggunakan sistem putar. benda yang kita putar  itu adalah kondensator variabel yang digunakan untuk memilih gelombang frekuensi radio.

2 Trimmer

Trimmer sering kita jumpai pada bagian microphone wireless. komponen ini juga berfungsi untuk memilih gelombang signal radio, tapi bedanya trimmer digunakan untuk mengatur pancaran sinyal radio. namun ada juga sebagian rangkaian penerima radio yang menggunakan trimmer untuk menepatkan sinyal agar tidak goyang kemana-mana.

Artikel Terkait

2 komentar

Bang saya sudah subscribe channel YouTube nya, saya mau nanya nih.
Skarang kan musimnya orang pake soundcard V8 bagi YouTuber cover pemula, itukan cuma bisa pakai 1 gitar, jd di butuhkan converter 2 Input Jack 6,5mm 1 output Jack 3,5mm.
Pertanyaan saya, apakah bagus jika memakai elco/kapasitor Polyester saat menghubungkan kedua Jack tersebut?

tidak bagus bro... karena dengan menambah kapasitor maupun elco, suara akan brubah jadi low banget.. saya tau anda ingin mengurangi noise kan? hhe... karena v8 itu memang noise nya keterlaluan mas... ya maklum lah kan harga sesuai kualitas.. v8 itu murah banget harganya..

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.