Minggu, 17 Juli 2016

Penggunaan Kapasitor Pada Wiring Bass Atau Gitar Elektrik

Pada artikel yang sudah ditulis sebelumnya yaitu tentang "Kapasitor dan Elco pada sound gitar,Bass,Keyboard telah dijelaskan tentang pengertian dan cara kerja kapasitor pada rangkaian. nah sekarang yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara menggunakan kapasitor pada rangkaian wiring atau tone dan volume wiring gitar/bass.

Perlu diketahui bahwa pemasangan kapasitor sebenarnya bukan merupakan hal wajib pada sistem wiring didalam body gitar/bass, buktinya ada beberapa gitar signature atau yang bukan signature yang hanya menggunakan satu knob volume. itu artinya didalam gitar tersebut tidak terdapat kapasitor.

Penggunaan Kapasitor pada wiring Bass atau Gitar Elektrik

Jika kita membaca beberapa artikel di internet tentang kapasitor, akan dijelaskan beberapa fungsi dan cara kerjanya. namun jarang yang menjelaskan bagaimana pengaplikasiannya terhadap sistem wiring gitar elektrik maupun gitar bass. disini akan dijelaskan bagaimana fungsi dan cara pemasangan kapasitor yang benar pada sebuah sistem wiring gitar atau bass.

(Baca Juga : Kapasitor Dan Elco Pada Instrumen Musik Elektrik)

Perlu di ingat bahwa penggunaan kapasitor pada wiring gitar/bass hanya bertujuan untuk menahan frekwensi high arus listrik yang akan lewat. sehingga ketika sudah melewati kapasitor, arus listriknya akan berfrekwensi low alias akan terdengar low di speaker.

Kapasitor ditambahkan pada potensio bagian Tone


Bila bass atau gitar mengalami suara kenceng sebagian atau ada suara senar yang tidak seimbang antara satu dengan yang lain, maka itu bukan kesalahan kapasitor.suara senar yang tidak rata  itu tidak ada hubungannya dengan kapasitor. untuk lebih jelas tentang mengatasi suara senar gitar atau bass ada yang pelan tidak sama dengan senar lainnya boleh baca di artikel saya yang lain.

(Baca Juga : Mengatasi Suara Senar Gitar Atau Bass Elektrik Tidak Balance)

Syarat penggunaan kapasitor pada wiring gitar / bass adalah ketika pada alat musik tersebut terdapat dua atau tiga knob, yaitu Volume dan tone. komponen elektronika yang berfungsi sebagai volume dan tone tersebut adalah Resistor Variabel yang kita sebut sebagai Potensiometer. pada umumnya kapasitor di lekatkan pada kaki potensiometer bagian tone pada sebuah gitar atau bass.

memasang kapasitor pada bass

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa tujuan penggunaan kapasitor itu adalah untuk memperoleh audio atau sound yang lebih low. oleh karena itu, kapasitor merupakan komponen wajib dalam sebuah rangkaian wiring Bass. Nilai kapasitor umumnya adalah 100 nano farad atau nyang sering disingkat dengan angka 104 pada badan kaasitor.

Kalau pada gitar, belum tentu menggunakan kapasitor. coba kita perhatikan gitar yang dipakai oleh Gavin Iedema. hanya menggunakan satu knob yaitu volume. maka dipastikan tidak ada kapasitor didalam rangkaian wiringnya.

Untuk mengetahui bagaimana cara menambah suara low pada instrument bass, sobat bisa membaca artikel saya berikutnya. jangan lupa untuk follow website ini, agar kalian bisa mengetahui tehnikal seputar audio dalam dunia musik. bila kalian punya request pertanyaan silahkan isi di kolom komentar dibawah ini.

(Baca Juga : Cara Menambah Suara Low Pada Gitar Bass )

Artikel Terkait

4 komentar

Selamat malam...
Saya punya gitar melodi, punya 3 knob, volume dan 2 tone, pada wiringnya hanya punya 1 kapasitor, dan yang saya tanyakan, apakah keharusan 2tone harus mempunyai 2 capasitor?,dan apa efek sampingnya capasitornyav1? Dan apakah 1 capaditor bisa dirangkai untuk 2 knop tone? Terimakasih 🙏

Asslmkum boss,, sya mwu tanya, sya punya gitar bass 2 potensio volum dan tone, nah per tanyaan nya ,bisa gak kalo di tambah/ di ganti sma yang 3 potensio???
Trmksih

Selamat malam mas, Saya punya gitar melodi yg mempunyai 3 knop yaitu volume dan 2 tone, yang mau saya tanyakan bagaimana cara memasang kapasitor pada kedua tone tsb, karena saya kurang faham bagian kaki potensio pada tone tsb,dan apakah kapasitor bisa berbeda pada tiap potensio tsb, dan ukuran berapa kapasitornya? Terimakasih 🙏

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.