Senin, 22 Januari 2018

Wireless Dalam Audio Musik

Kata Wireless berasal dari dua kata dalam bahasa inggris yaitu Wire dan Less. Kata Wire artinya kabel sedangkan kata Less memiliki arti mengurangi atau pengurangan. Namun dari arti kata tersebut berakna bahwa wireless merupakan suatu sistem perpindahan sinyal yang beroperasi tanpa menggunakan kabel sedikitpun dalam kinerjanya.

Wireless Dalam Audio Musik

Dalam kehidupan kita sehari hari tentu kita temui beberapa alat yang dapat di operasikan tanpa menggunakan kabel sedikitpun seperti TV yang dapat di kontrol dengan remote, mobilan RC yang dapat bergerak maju mundur, kanan dan kiri dengan alat pengontrol yangg ada di tangan, tentunya itu dilakukan tanpa menggunakan kabel.

Handphone juga menggunakan tehnologi wireless, kemudian microphone tanpa kabel yang bisa dibawa bebas kemana mana dalam suatu area acara tanpa harus memikirkan kabel yang melilit sana sini. Sistem wireless pada ponsel, pengembangannya sudah tingkat tinggi. Butuh eksperimen, ketelitian berpuluh tahun agar semakin sempurna.

Jangan Lupa SUBSCRIBE channel Youtube kita "Elektrokita TV"

Pengembangan dari penemuan Radio

Alat komunikasi canggih seperti Radio ditemukan pertama kali oleh ilmuwan berkebangsaan Italia yaitu Guglielmo Marconi. Beliau awalnya memiliki ide bahwa informasi dapat dikirim jarak jauh tanpa menggunakan kabel. Ide tersebut berhasil direalisasikan oleh beliau sehingga ia dianigerahi hadiah nobel pada saat itu. Suatu karya yang sangat gemilang dan bermanfaat bagi orang banyak.

Dimasa sekarang ini, kita bisa menikmati siaran radio, anak bermain mobil remote, handphone, drone dan masih banyak lagi, itu semua adalah hasil pengembangan selama bertahun tahun oleh para ilmuwan dan tehnichian dengan dasar tehnik radio yang telah ditemukan oleh Marconi. Inilah yang disebut dengan istilah wireless atau tanpa kabel.

Penggunaan Wireless dalam dunia musik

Dalam aktifitas permusikan, alat yang sering kita temukan dan menggunakan sistem wireless adalah microphone dan gitar. Walaupun pada umumnya microphone dan gitar ada yang menggunakan kabel. Namun untuk lebih praktisnya, para penyedia alat sudah banyak yang menggunakan alat wireless agar lebih bebas bergerak saat pertunjukan musik.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami.

Sistem tanpa kabel ini bekerja pada frekuensi tertentu yang sudah dimodulasi. Penerima dan pemancar adalah bagian yang harus ada pada sistem wireless. Dalam dunia audio musik, microphone berfungsi sebagai pemancar dan receiver berfungsi sebagai penerima signal. keduanya harus memiliki sumber tegangan sendiri agar dapat melakukan fungsinya.

Namun jarak pancaran signal dibatasi hanya sekitar kurang lebih 20 meter oleh pabrik yang memproduksinya, ini juga termasuk untuk wireless gitar elektrik. Pemancar wireless harus diberi tenaga baterai 9 volt, namun ada beberapa merk yang cuma membutuhkan tegangan 6 volt. Semakin berkualitas microphone atau pemancar maka akan semakin irit baterai dan kualitas suara tetap stabil.

(Baca Juga : Membahas Bagian Dalam Microphone Para Vokalis)

Artikel Terkait

2 komentar

Info yg brmnfaat gan...

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.