Jumat, 19 Januari 2018

5 Hal Penentu Keindahan Sound Gitar Saat Dimainkan

Dalam bermain gitar, khususnya gitar elektrik, tentu harus punya cara tersendiri bagaimana cara agar suara atau sound gitar tersebut terdengar enak, minimal ditelinga pemain gitar itu sendiri. Masih banyak para pemula yang menggunakan perlengkapan yang bukan seharusnya digunakan untuk sound gitar elektrik. Menggunakan spiker aktif kurang cocok menurut saya.

5 Hal Penentu Keindahan Sound Gitar Saat Dimainkan

Seiring dengan berkembangnya permaian gitar seseorang, tentu kebutuhan sound gitarnya juga akan semakin spesifik dan khas. Karena aktifitas mengutak atik atau eksperimen sound pada umumnya selalu menjadi kebiasaan sebelum memainkan gitar atau sesudah memainkan gitar saat latihan.

SUBSCRIBE channel Youtube kita "Elektrokita tv"

Yang menjadi penentu karakter sound gitar

Dalam bermain gitar, baik itu gitaris yang pemula maupun profesional, pemilihan karakter sound sangatlah penting. Sebab bila tidak, maka suara gitar akan terdengar kurang menyatu dengan musik yang lain atau bahkan bisa membuat telinga orang merasa terganggu, seperti contoh suara distorsi yang berlebih gainnya, walaupun levelnya tidak begitu kuat namun hal ini bisa terkesan mengganggu telinga orang lain yang mendengarnya saat anda bermain di panggung.

1. Amplifier

Piranti audio yang satu ini menjadi penentu karakter sound gitar. Ampli gitar paling dekat dengan sound system. Oleh karena itu sangat di haruskan bagi gitaris untuk lebih teliti jika melakukan setting knob sound pada ampli gitar

2. Efek Gitar

Semua setuju kalau gitaris harus punya alat atau gear audio efek untuk melengkapi variasi sound gitarnya. Pada awalnya jenis efek yg digunakan hanya satu yaitu distorsi. Namun sekarang ini sudah banyak merk efek gitar dengan jenis suara yang bermacam macam. Efek gitar bisa menjadi salah satu penentu keindahan sound gitar anda di panggung.

3. Pick up gitar

Semua tentu sudah tahu bahwa pick up gitar terletak pada gitar tepatnya pada body. Bentuk dan ukurannya beragam dan hadir dalam berbagai merk. Benda ini juga sangat menentukan dalam menentukan karakter sound gitar. Contohnya jika kita menggunakan pickup abal abal maka suara gitar di ampli akan cempreng dan susah di setting. Tapi jika menggunakan pickup yang kualitasnya baik, maka sangat mudah mensetting ampli untuk memperoleh karakter sound gitar yang keren.

4. Sentuhan Jari dan pick 

Percaya atau tidak, ternyata tekanan dan gesekan juga sangat memberikan pengaruh untuk menghasilkan ciri khas suara dalam bermain gitar. Sentuhan jari dan sayatan pick gitar yang pemula tentu berbeda dengan yang sudah profesional.

5. Soul atau perasaan

Point yang terakhir ini memang terasa agak aneh, masa perasaan bisa mempengaruhi karakter sound gitar. Jawabnya ya bisa. Coba kita dengar permainan seorang gitaris ketika dia meluapkan emosi dengan nada gitarnya dan bandingkan ketika gitaris tersebut sedang dalam sikap biasa saat bermain gitar, tentu suara sound gitarnya beda.

Eksperimen juga sangat dibutuhkan

Itulah lima point penentu karakter sound gitar elektrik. Diperlukan ketelitian dan kreatif dalam bereksperimen untuk mendapatkan suara gitar yang enak didengar penonton dan berkarakter. Sehingga apapun nada yang dimainkan akan terdengar keren.

NB : Kunjungi Channel Yutub Kami

Saran saya gunakanlah pick up dengan merk ternama. Karena kualitas dijamin bagus. Jika anda menggunakan pickup tersebut, tidak akan menjadi masalah jika efek biasa saja demikian juga ampli. Karena pickup adalah sumber suara. Sering melakukan eksperimen dengan gitar juga sangat berguna bagi gitaris agar faham jalur laju signal audio pada sistem gitarnya.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.