Sabtu, 17 Februari 2018

Penyambungan Seri dan Paralel

Didalam pelajaran elektronika, ada yang disebut dengan istilah rangkaian seri dan paralel. Lebih spesifiknya kita sebut dengan penyambungan secara seri maupun paralel. Penggunaan sistem seri sangat jarang bahkan tidak pernah dilakukan diluar rangkaian, selalu digunakan didalam rangkaian. Coba kita perhatikan contoh gambar rangkaian elektronika, ada komponen yang dihubungkan secara seri dan ada pula secara paralel.

NB : Kunjungi channel dan Subscribe Youtube kami, nantikan update video seputar audio musik

Penyambungan seri dan paralel tidak hanya sebatas pada rangkaian komponen di pcb saja, namun cakupannya sangat meluas. Akan tetapi hal ini hanya bisa dilakukan dengan penyambungan paralel yang paling banyak memberikan manfaat. Contohnya instalasi listrik di rumah, toko, gedung besar dan lainnya, semua beban seperti lampu, televisi, kulkas atau apapun alat listrik yang dicolokkan pasti terhubung dengan menggunakan sistem penyambungan secara paralel.


Gambar diatas adalah skema penyambungan secara paralel dan seri. Rangkaian komponen atau beban yang disusun dan dihubungkan secara berderet disebut rangkaian paralel. Sedangkan rangkaian atau penyusunan dan penyambungan komponen atau beban secara sejajar disebut dengan rangkaian seri.

Pada gambar diatas dapat kita lihat simbol dari kapasitor dan dirangkai secara seri dan paralel dalam bentuk skema. Tidak melulu hanya kapasitor saja. Baterai juga bisa dirangkai secara seri maupun paralel. Semua tergantung pada tujuannya. Jika komponen dirangkai dengan dua sistem tersebut, tujuannya ialah untuk proses sinyal tertentu mulai dari input hingga ke output. Jika yang dirangkai adalah baterai, maka tujuannya adalah untuk supply tegangan. Jadi tujuannya bisa berbeda.

Penggunaan rangkaian paralel dalam instalasi tools musik.

Didalam dunia permusikan, sangat banyak ditemukan penggunaan sistem rangkaian paralel. Contohnya pada gitar elektrik yang terdapat dua atau lebih spull yang dihubungkan secara paralel. Kemudian output DC pada adaptor efek gitar stompbox yang dihubungkan secara paralel. Jika dalam box speaker terdapat lebih dari satu speaker, maka penyambungan keduanya tentu secara paralel.

Tentunya masih banyak contoh penggunaan sistem paralel yang dapat ditemui didalam dunia audio musik. Contoh lain adalah Kabel roll listrik dengan banyak lubang colokan diatasnya yang juga tersambung secara paralel. Coba perhatikan gambar di bawah ini.

Penyambungan Seri dan Paralel

Gambar diatas merupakan contoh penggunaan sistem sambungan paralel yang bisa diaplikasikan pada amplifier. Namun bukan berarti semua amplifier harus memiliki sistem seperti ini. Setiap input maupun output signal, bisa dihubungkan secara paralel bila kita mau dan perangkat tetap berfungsi baik Namun jika dihubungkan secara seri, perangkat tidak akan berfungsi.

(Baca Juga : Cara Menggunakan Multi tester)

Penyambungan secara seri dapat berfungsi jika diaplikasikan pada susunan komponen dalam pcb dan sistem power supply tegangan yang menggunakan beterai. Sistem penyambungan secara seri tidak berfungsi bila digunakan pada signal input dan signal output. Jika ingin berfungsi, sumber signal harus dirangkai secara paralel bila jumlahnya lebih dari satu. Begitu juga pada bagian keluar atau output. penerima signal harus disusun paralel jika lebih dari satu.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.