Selasa, 19 Juli 2016

Tone Control Ampli Bermasalah

Pada artikel berikut ini akan dijelaskan beberapa kerusakan yang sering terjadi pada ampli gitar, bass, keyboard, atau sound system. kerusakan yang akan kita bahas adalah masalah tone control ampli yang mana sering kita alami. suara kecil, modulasi dan tone tidak maksimal, dan tombol tidak berfungsi dengan baik. pada artikel ini akan dibahas beberapa problem dan mengatasinya.

Blok Rangkaian Tone Control

Memeriksa Bagian "Power Ampli" terlebih dahulu


Sebelum memulai perbaikan pada tone control ampli terlebih dahulu kita harus mengetahui dan memastikan apakah memang betul tone control yang bermasalah. tenaga kita akan sia -sia jika ternyata bagian power yang rusak, bukan tone control. padahal sudah lelah utak atik tone control. cara yang baik untuk mengertahui nya adalah dengan cara melepas semua sambungan yang menghubungkan tone control dan Power ampli. untuk mengetahui tentang power ampli, baca di artikel Bagian Power Pada Amplifier.

NB : Subscribe Chanel Yutub Kami

(Baca Juga : Bagian Power Pada Amplifier Atau Sound System)

Pada umumnya sambungan penghubung tone control ke power terdiri dari tiga kabel yaitu Left(L), Right(R), dan Ground. namun pada beberapa merk amplifier tidak menuliskan mana bagian negatif, positif dan ground. kita cukup melihat tata letak komponen agar mengetahui dimana letak sambungan kabel tersebut.

Tonton Juga Cara Mengetahui Tegangan Amplifier


Cara yang efektif ialah menyentuh sedikit saja salah satu bagian penyambungan kabel ke power, jika mengeluarkan suara "BBRRDDDDRRRRRRDDD" yang cukup keras. maka itu adalah bagian R atau L. jika ampli kita berstatus Mono berarti kabel yang berbunyi ketika disentuh adalah salah satu dari R dan L. karena pada sistem mono hanya terdapat dua jalur audio IN Postitif dan Ground.

Setelah kabel dilepas sentuh bagian input power ampli. bagian input adalah tempatu masuknya sinyal output dari tone control. kita sentuh pelan saja agar tidak merusak speaker. karena audio yang keluar akibat sentuhan kita akan terjadi tiba-tiba pada speaker, sehingga membuat keget membran dan kumparan speaker. kita sentuh pelan saja. jika bunyi terdengar tidak terdengar pada speaker maka dipastikan bagian power ampli sudah rusak. namun jika ternyata berbunyi, berarti bagian power ampli dalam keadaan baik.

Tapi jangan lupa untuk memeriksa keadaan speaker apakah masih bagus. caranya, tempelkan ujung multitester ke bagian terminal - + speaker, putar pilihan multitester kebagian OHM, lalu dengar,  jika speaker berbunyi "krrrk, krrkk" berarti speaker masih bagus.

(Baca Juga : Mengatasi IC Atau Transistor Power Amp Cepat Panas)

Kini kita yakin bahwa power dan speaker dalam keadaan baik. berarti masalahnya sudah tentu berada pada tone control atau mungkin circuit tembahan yang dimasukkan ke amplifier. seperti switch dan efek yang dirangkai berbentuk Digital. ada beberapa merk ampli terbaru yang sudah menggunakan berbagai circuit tambahan untuk memperindah ampli produk buatan mereka.

Memeriksa Arus yang Masuk pada Tone Control 


Pada tahap selanjunya, kita memeriksa bagian tone control. yang pertama harus diperiksa adalah bagian catu daya tone control itu sendiri. ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh tehnisi audio elektronik. sebelumnya sobat harus baca tentang "Blok Penyusun Tone Control Amplifier" agar bisa mengerti tahap selanjutnya. pada umumnya bagian output tegangan catu daya berkisar antara 9 volt, 12 volt dan 15 volt. tergantung merk ampli tersebut. jika tegangan pada output catudaya kurang dari 9 volt, maka dipastikan ada masalah pada catu daya ampli.

(Baca Juga : Blok Penyusun Tone Control Amplifier)

Tahap berikut ini  merupakan tahap yang paling seru saya rasa. disini kita harus mempersiapkan alat ukur listrik yaitu multitester. namun sebelum melakukan pengukuran, kita harus perhatikan setiap penyambungan komponen bagian atas PCB maupun bagian bawah PCB barangkali ada yang terputus. dan kita lihat kondisi komponen barangkali ada yang hangus. lalu kita lakukan penyambngan dan penggantian komponen agar mantap untuk melanjut ke tahap mengukuran tegangan pada rangkaian.

Memeriksa Komponen Semikonduktor Aktif seperti IC dan Transistor


Nah sekarang kita lakukan pengukuran. terlebih dahulu colokan ampli disambung ke listrik rumah. biarkan tone control dalam keadaan terhubung arus listrik. hati2 awas sampai ke setrum atau basah. walaupun tegangan di bagian circuit tone control sudah berbau DC alias tidak nyetrum ada baiknya kita tetap berhati-hati. setelah itu arahkan penunjuk multitester ke bagian Volt DC. untuk lebih lengkapnya sobat bisa tonton pidio nya langsung di chanel yutub canma rumabutar.

Lalu letakkan ujung probe multitester warna hitam ( Negatif) ke bagian ground rangkaian atau bisa juga ke chasing ampli. itu adalah bagian groundnya. setelah itu cari transistor dan IC, lakukan pemeriksaan satu persatu dengan menyentuhkan unjung multitester warna merah ke kaki bagian input dan output setiap komponen saeperti IC dan transistor.

Jika tegangan inputnya contoh 9 volt  namun keluaran atau outputnya jauh lebih rendah seperti 1 volt-2 volt, maka kita wajib memeriksa komponen tersebut. bila dia transistor, cabut dan lakukan pengukuran dengan multitester, setting penunjuk ke bagian OHM. cara mengukur transistor baca di artike yang saya tulis sebelumnya tentang mengenal Transistor.

Seharusnya untuk tegangan output IC yang disupply dengan arus adaptor bipolar 9 volt adalah setengahnya yaitu 4,5 sampai 5 volt. Jika tone control tersebut disupply dengan menggunakan arus masuk adaptor bipolar 24 volt, maka tegangan output ic haruslah 12 volt dengan cara pengukuran probe hitam ke ground adaptor dan probe merah ke kaki output IC. Pada umumnya ampli dan tone controlnya memiliki sistem stereo, untuk mensupply sistem seperti ini dibutuhkan adaptor dengan sistem bipolar yaitu negatif, ground dan positif. setiap melakukan pengukuran komponen harus dimulai dari ground dan positif.

(Baca juga : Mengenal Transistor)

Pada umumnya kerusakan pada tone control sangat didominasi oleh komponen IC. cara memeriksa IC yang rusak tidak dengan mencabut lalu mengukurnya, namun melakukan pengukuran langsung pada PCB Circuitnya. ambil multitester, lalu probe hitam sambungkan ke bagian ground atau negatif rangkaian circuit tone control, lalu probe merah di sentuhkan ke semua kaki IC.

Bila tegangan outputnya dibawah 5 volt maka IC tersebut sudah pasti rusak. pada umumnya tone control menggunakan IC type 4558D, 471 dan TL072. namun ada beberapa merk ampli yang menggunakan IC jenis berbeda pada tone controlnya. bila ada yang kurang jelas, teman sekalian boleh bertanya pada kolom komentar. Trims.

Artikel Terkait

146 komentar

Amp saya Merek Targa type TA-202E.masalahnya bagian input audio tidak fungsi,tone control serta rqualizer juga tidak bekerja sebagaimana mestinya ,namun di bagian input Mic1 dan Mic2 normal.
Apa yang nggak beres Bro? Mohon bantuanya Bro.
Makasih.

saya suka cara anda menyampaikan suara ini , "BBRRDDDDRRRRRRDDD" dan "krrrk, krrkk" bikin ketawa aja :D

Haha. Iya.. Thanks atas kunjungannya mbak

Amplinya di buka dulu mas, trus cek terlebih dahulu tegangan apakah sudah benar2 masuk ke tone control dan EQ nya, antara 9-12 volt. Stelah itu cek tegangan output IC op amp yg ada pada tone cntrol tsb, klo tegangan kecil berarti ic rusak.

Mas mau tanya Tone control parametric ane bagian subwoper trebel bas potensio ga ber pungsi padahal potensio baru ane ganti itu apa nya mas yg harus di periksa

Periksa IC yang lebih dekat ke potensio tone treble bassnya mas. itu biasanya IC 4558 atau 741. periksa tegangan outputnya. cek yutub ane, besok video cara mengukur tegangan tone control udah bisa di lihat.

Mas mau tanya klo tune control semua potensio gk berfungsi trs dua resistor di input tegangan panas berlebihan penyebabnya knp ya


Penyebabnya macem2 mas. Bisa karena tegangan dari power supplynya overload dan bisa jdi krna ada dioda yg short. Saran ane coba transistornya trus periksa. 6 kali pengukuran kakinya, multitester brgerak 2 kali saja. Klo lbih dari 2 kali tuh transistor udah rusak. Trus cara lain coba masukkan kembali transiator(jika msh bagus) lalu solder dan ukur tegangan inputnya.

trimaksih mas sekarng tune control PA saya sudah brfungsi lagi trnyata penyebbnya ada pad TR ny, tanya lagi mas klo cara star grondiing dengan trafo terpisah gmana mas? misal trfo PA sendiri dan trafo tc sendiri gimna mas caranya

trimakasih mas tc PA saya sudah brfungsi lagi, oh iya mas klo star grond dengan trafo terpisah dalam satu box gmn mas misal trafo PA sendiri trs trfo tc sendiri biar tidak terjadi loping grond mohon pencerahanya mas

makasih mas tc saya sudah berfungsi lagi, tnya lagi mas klo star grond dengan trafo trpisah dalam satu box gmn mas misal trfo PA sendiri trfo tc sendiri biar tidak terjadi loping grond

makasih mas tc saya sudah berfungsi lagi, tnya lagi mas klo star grond dengan trafo trpisah dalam satu box gmn mas misal trfo PA sendiri trfo tc sendiri biar tidak terjadi loping grond

Mnurut saya, klo trafo PA dan T Control sendiri2 itu baik akan tetapi lebih ribet karena harus merakit rangkaian adaptor pada trafo yang satunyanya lagi. Terkait dengan star ground, tetap harus diambil dari jalur CT trafo (bila ampli masbro stereo). CT artinya Central Tap, penamaan ini berasal dari trafo. Sambungan trsebut digubungkan ke Box ampli. Saran ane agar suara ampli bersih, gunakan adaptor atau power supply yang menggunakan IC regulator dengan bipolar voltage.

brarti kedua ct eklco trafo digabung ya mas trs konik ke cesing amfli ya?

Yup betul sekali masbro.. Karena penggabungan positif negatif elco yg juga terhubung ke ct trafo.

oke trmksih masbro bermanfa,at sekli ilmunya apa lagi untuk orang awam sperti saya sekli lagi trima kasih

Sipp sama2 mybro.. Ditunggu pertanyaan selanjutnya.

Misi om. Mau tanya amplifier saya ocl 150W. Rakitan sendiri, awal di nyalakan normal. Tp 30 menit kemudian muncul grebek2 pada saat bass. Tp setelah di matikan dan d hidupkan kembali normal. Saya pakai trafo 5A/32V 2 elco 10000uf/50V untuk power dan 1A/12V untuk tone control. Kira2 apa nya ya..? Mohon pencerahannya

Pnyebabnya bisa beragam mas..Saran ane..

1. coba Elco powersupplynya ganti dengan kapasitas yg lebih rendah.

2. Tegangan coba diturunkan ke 25 atau 18 volt. Dicoba satu satu.

3. Usahakan catu daya untuk tone control menggunakan rangkaian adaptor dengan sistem regulator.

4. Coba ganti IC bagian pencampur audio pada tone control.bisa jadi IC ini lemah.

5. Periksa Transistor atau IC utama pada bagian power OCL(yang ada pendingin aluminium)

saya mau tanya mas bro, speaker saya cek komponen masih Bagus semua . namun kenapa masih ada dcv masuk speaker ya? apakah masalah ground nya trus minta solusinya suhu .

Dcv itu mksdnya apaan mas? Maaf baru tau istilah itu...

Ane baru engeh..trnyta mksd dcv=dc volt ... Oalah hhe jarang didunia elektronik pake kpendekan dcv masbro.. Pke istilah internasional aja.. Karena bgaimnapun ilmu elektronika itu berasal dari negara luar sana. Jadi pkailah istilah umum dan internasional.

Mengatasi mssalah masbro tersebut, coba periksa transistor atau ic penguat akhir yang satu jalur ke sambungan speaker. Klo trnyata msh bagus. Coba lagi periksa bagian power supply atau adaptor, cek tegangan yg di salurkan ke power ampli dan tone control.

Bang mautanya kan saya habis merakit amplifier tone controlnya pake parametic bell machintosh suara bass nya itu masih kurang pulen kira2 kalo playernya saya kasih hu mobil bagaimana ya..
Trus apakah tanpa tone control hu langsung ampli rakitan suara bisa bagus.. Makasih sblumnya

dicoba dulu aja tanpa tone control.. Klo trnyata suara bass masih loyo. Brarti ada mslh di power amp yg bro rakit.

mas bro mawu tanya klo kit power yang enak merek apa mas bro

Klo mnurut ane, dari segi rangkaian, semua merk bagus mas.

Bila ingin bagus, tinggal ganti transiator penguat akhir atau IC pnguat akhir bawaan dari power tsb. Ganti dengan transiator atau IC yg kualitas bgus dan mahal tentunya.

Bos ane pengen service tone control saya bisa g? Input tidak sampai ke autput. Tc merk sony TA-D905

Cek tegangan out IC mas. Cara nya lihat i channel youtube ane " canma rumabutar "

Mas, tanya, sya ngerakit ton parametrik baru kog sinyal inputnya gk ada, sambungannya jg udh sesuaibjalur, tp vol level tak gedein ya ada bunyi ngungggnnggg. Tp inputnya gk masuk.
Mohon pencerahannya mas. Suwun.

PCB Tone parametic nya dibuat berdasarkan skema dari internet kah atau tone parametic dengan PCB yg udah jadi buatan pabrik?

Kalau skema PCB nya diambil dari internet, belum tentu semua skema tone yg ada diinternet itu benar mas, terkadang ada bberapa penulis yg sengaja atau tidak sengaja memberikan skema yg salah.jalur yg tidak sesuai walau hanya satu jalur pun akan berpengaru buruk thdp hasil

Jika PCB mas diperoleh dari buatan pabrik atau master elektronik terpercaya, sudah tentu jalue PCB nya terferikasi/benar. Untuk itu jika terjadi mslh sinyal input tidak masuk berarti ada masalah pada komponen aktif seperti transistor dan ic. Perhatikan pemasangannya, apakah msh ada yg salah. Jika sudah benar. Perhatikan lagi tegangan output dari komponen IC penguat signal, biasanya jika kaki ic disentuh akan berbunyi. Periksa tegangan outputnya. Jika rendah maka ic rusak.

Sekedar mengingatkan : menyolder ic dan transiator tidak boleh lebih dari 2 detik tiap solder. Usahakan bila sudah 2 detik lepas dulu soldernya dari kaki ic atau transistor lalu kembali menyolder dan 2 detik lepas lagi lalu solder lagi. Karena menurut pengalaman saya. Menyolder transist dn ic lebih dari 2 detik akan membuat komponen itu rusak.

masbro mawu tnya , cara menyesuaikan travo dengan wat power amfli gimana masbro? mohon pencerahanya

Semakin tinggi watt ampli maka trafo yg digunakan haruslah ampere yg tinggi. Contoh untuk ampli 150- 300 watt ane saranin pake yang 5 Ampere supaya gak dengung dan tidak loyo suara amplinya

mas, saya mau tanya. saya punya ampli gitar. saat saya mau kecilin volume nya gak bs mas. padahal udah d kecilin sampai hbiz.masih tetap bersuara cukup keras. masalah nya apa y mas?

Assalmualikum. Mas. Mau tnya ampli saya klo d bsarin potensio basnya. Suaranya berdengung keras. Itu knapa ya mas? Solusinya apa mas?? Trimakasih

Itu masalahnya bisa karena power supply udah gak stabil. Bisa juga karena IC bagian power udah loyo. Dan Bisa juga karena iC tone control bagian mix udah lemah.

Min, saya punya speaker keyboard amplifier saya tes tanpa pakek tone control suaranya bagus tapi klo volume dinaikin suaranya krek2 kayak suara kerupuk, kira-kira komponen apa yang rusak nya min?

Bisa Jadi speaker brmasalah. Koker kumparan menyentuh dinding besi sehingga menimbulkan getaran tidak terkontrol pada membran speaker dan semakin jelas terdengar menuju kertas corong speaker bila volume dinaikkan.

Selain itu, bisa jadi mslh timbul karena IC penguat akhir pada power amp sudah soak.

Ini mau tanya kalo suara bass pada speaker simbada bunyi tapi sangat pelan yg rsk apanya ya

Mas ampli saya marshall cube 25 saya punya masalah sama amplinya,knpa ya klo amplinya udah di nyalakan pasti selalu kena sengatan listriknya???
Apa ada yg rusak mas ?
Pdhal amplinya bru saja saya beli.
Mohon petunjuknya mass...

Itu ada komponen yg bocor dari power supply amplinya. Silahkan diukur dulu tegangan output dari power supplt atau adptor amplinya.

Pnyebabnya ada beberapa mas.
1.IC power amplinya bisa jadi udah soak.
2. Ada masalah pada tone control. Bisa dukarebakan ic mix nya lemah. bisa juga ada komponen yg goyang. Bisa juga karena potensio udah ujur.

3. Mungkin speakernya bermasalah. Coba periksa sambungan speaker. Dan fisik speaker. Apakah kertas konusnya bergerak bebas.kalo tidak berarti speaker rusak. Mengakibatkan suara bass gak kluar.

Mas saya mau tanya, saya habis ngerakit power sound. Tp knpa suara yang keluar kok pelan dak bisa nyaring, saya pake trafo 3A 2elco 6800 trus pake PA yang mono 150 sama TC nya mono subwofer

1. Cara pasang semua komponen power supply coba diperhatikan lebih teliti mas Apakah sudah sesuai. Trafo. Elco dan Dioda penyearah. Apalagi PA yg digunakan Mono maka keluaran tegangan adaptor usahakan hanya ada jalur + dan - . tidak perlu pakai jalur ground walaupun pada kenyataannya memang power supply dgn + - dan gtound juga bisa untuk mensupply PA yang mono bila benar cara menghubungkannya.

2. Jika power supply sudah beres, coba hubungkan ke PA. Jgn lupa sambung ke speaker. Dan tone control nya di lepas dulu. Setelah itu sentuh bagian input PA. Kalau bunyi "dddrrrrd" lemah berarti PA dlm masalah. Kalau bunyi tsb kuat. Berarti PA aman.

3. Lanjutkan dengan menyambung tone control ke input PA. Tentunya jgn lupa beri tegangan ke tone control sesuai yg tertera di PCB. Setelah itu sentuh input tone control, naikkan volume beberapa level. Bila tidak terdengar bunyi "Ddrrrddd" pada speaker maka ada problem di tone control. Coba periksa teliti semua penyambungan kabel tegangan dan kabel signalnya.

misi,mas saya mau tanya.q ngrakit power spiker aktif yg ada subwoofernya pas q pasang di box amplii.pas pelan kok suaranya ada kriiikk kok g bisa bersih itu apanya mas?,,

1. Bisa jadi karna ampere trafo kurang bro. Atau ada sedikit problem pada sumber tegangan.

2. Bisa jadi karena ada mslg pada spull speaker.

3. Ada penyolderan yg kurang kenceng.terutapa pada bagian tone control.



mas saya mau tanya ni....? amplifier saya merk pioneer SA V210.....problemnya kalau dinyalakan sebelahnya yg kluaran di L keluar bunyi berderik yg keras trus langsung mati....klau sebelahnya ok.tpi klau sempat suaranya yg sblah berderik keras otomatis mati keduanya tpi power tetap on.saya cek tonenya ok sama output rca.ketika on power /tidak dihidupin musiknya kita tunggu aj berapa mnit pasti kluar suara drrrrrrrk keras.untuk itu saya mnta tolong infonya gmana cara ngatasinya...trimks

Bro minta saranya, ampli ku kalo mode distorsinya jadi kuat bgt knp ya? Sebelumnya gak begitu.
Kalo buat mode distorsi juga suaranya pecah.

Mas mau tanya saya merakit power class d punya bell (kit hrdb) pakai trafo toroid 5 ampere tegangan 52 vac.. tapi suara yang keluar kok kecil ya.. apa ada yang kurang ya... klu ampere nya kecil yng pengaruhi mas.. tks...

Bang saya ada parametrik yg 10 ic ua 741 cp ,tp mati atau gkk ada swaranya sm sekali klo di lwatkn parametrik..klo lngsung power bunyi..
Apanya yg perlu di cek atau di ganti ya bang,krn jg gk punya multi tester..

Itu mungkin dikarenakan switch mode nya sudah goyang kakinya pada penyambungan di pcb.

Trus busa juga dikarenakan ic drivenya udah gak stabil kerjanya.

Periksa IC atau Transistor penguat akhir pada bagian power amplinya bro. Biasanya mslh terjadi disitu. Dan pastikan tegangan ke bagian power amp nya tetap sesuai.

Mending di bawa ke service aja bro. Itu ada problem pada bgian tone parametic nya.

Amperenya udah sesuai kok mas. Trus klo tegangan diperiksa memang sudah mencapai 52 volt dan penetuan CT maupyn non CT nya sesuai, berarti tidak ada msalah dari segi power supply nya.

Ane saranin coba di cek kembali tata letak komponen dan instalasi kabel2nya.

Itu tr penguat akhir udah soak bro. Trus bisa jadi speakernya juga bermasalah. Silahkan di cek satu persatu.

Assalamualaikum mas,
Saya mau tanya amplifier saya merk Pioneer model SA~4400
Suara yang sebelah kiri Brebet, kenapa ya mas
Mohon pencerahanya mas terima kasih

Bisa disebabkan brbagai hal:

1. ada masalah komponen pada bagian tonw control tepatnya komponen aktif seperti transistor atau ic yg berfungsi sebagai pem "balance suara"

2 komponen penguat akhir pada bagian "power amp" ada yg rusak. Power amp tersebut dirancang secara stereo (blok kanan- blok kiri) mungkin pada salah satu blok,terdapat komponen penguat akhir seperti IC atau transistor dlm keadaan rusak.

3. Mungkin komponen aktif seperti tr/ic yg memproses tegangan dalam salah satu blok ada yg sudah rusak.

4. Bisa jadi ada kabel yang kendur pd sambungan didalam box speaker.

5. Atau mungkin saja karena spull speaker sudah tidak tepat pada posisinya ditengah besi magnet speaker sehingga ketika diberi sinyal listrik maka spul bergerak sambil mengenai/menyentuh dinding besi magnet maka terdengarlah bunyi yang tidak kita inginkan.

Kira2 seperti itu penjelasan dari saya mas. Jika dinilai masih kurang membantu. Saya mohon maaf.. Thanks atas kunjungan ke blog ini.

mau nanya gan.. ampli saya blackstar id core 20.. nah voice control nya ga mau diputer ke od n crunch. stuck ke clean.. sedangkan fungsi lain normal.. mohon masukan nya

Klo mnurut pngalaman ane sih itu disebabkan rotari pada control tsb ada yg ga nyambung. Karena gini " putaran pada voice select/control itu sbenarnya adalah switch walau kelihatan seperti potensio namun fungsinya adalah sbgai switch/saklar.

Nah cara mengatasinya biasanya ane cabut komponennya lalu ane bersihin trus ane lakukan terapi seperti menekan sambungan yg mungkin udah kendor agar mnyatu kembali.

Saya merakit sendiri amplifier mencari tutor di Google. Nah kemaren saya pasangkan tone control. Amplifier saya menggunakan saya yg di ambil dari trafo ct 18 volt 5A, lalu output dari power supply nya yg + saya gunakan untuk tone control. Saya pakai beberapa hari normal saja. Tapi kemarin gk saya pakai sekitar 10 hari terus tak nyalakan bagian bass-nya bermasalah. Suaranya bass-nya jadi rusak. Itu kira² tone control bagian mana ya yg bermasalah?
Permasalahan kedua, yg tone control dilepas, kabel right left saya sentuh salah satunya gk bunyi. Itu bagaimana ya mas solusinya? Terimakasih

maaf nanya lagi, tone control stereo biasanya menggunakan daya brp volt ya? di PCB tone control yg saya beli tidak tertera voltasenya, hanya tertera "+" saja.
ini tone control saya : http://prntscr.com/ffq5q8
terima kasih

Menurut diagnosa sementara, sepertinya kerusakan yang terjadi dikarenakan oleh kesalahan dalam pemasangan jalur tegangan dan power supply nya.

Memang amplifier tetap akan menyala, namun akan mengalami beberapa problem pada waktu tertentu.

Yang perlu diingat bahwa tidak semua rangkaian amplifier di google itu benar adanya. Bisa saja jalur dan nilai komponen dituliskan tidak sesuai. Saran ane beli saja rangkaian power amplifier yg sudah jadi, sehingga kita tinggal merakitnya.

Coba periksa tegangan dari adaptor/supply apakah sudah memenuhi 18V - CT - 18V. Kalau sudah, maka masbro fokus dulu memriksa bagian power amp nya. Jalur2 pcb dan nilai komponen apakah sudah sesuai. Jika tidak maka ini akan mengakibatkan transistor
Pnguat akhir rusak sehingga salah satu bahkan kedua bagian (left/right) akan rusak.

Setelah itu periksa pemasangan jalur tegangan ke tone control. Pada umumnya tegngan untuk tone cntrol adalah 12volt. Selain itu kita harus teliti jangan sampai terjebak karena ada beberapa tone control yg sudah dilengkapi rangkaian adaptor didalamnya. Bila kita tidak teliti maka secara tidak sadar kita akan menyambungkan output adaptor utama ke bagian input tegangan tone control, jelas hal ini akan mnyebabkan adaptor utama akan bkerja berat bahkan mngalami crash karena kita telah membuat adaptor mensupply adaptor, jeruk makan jeruk.

Jika tone control sudah memiliki rangkaian adaptor didalam nya, maka cukup menghubungkan lngsung dari trafo, jangan dari rangkaian adaptor utama yg masbro rakit. Dan perhatikan jalur + CT dan - nya.

Memang sulit bagi saya memberi solusi yg pasti karena tidak terjun langsung melihat kondisinya. Namun dikarenakan jarak dan waktu yg tidak memungkinkan.
Semoga jawaban diatas bisa membantu.

Pada umumnya menggunakan 12 volt. Namun ada beberapa merk dan jenis yg mnggunakan 18 volt bhkan 25 volt

mau tanya bang,, saya punya ampli merk toa tipe za2120 tidak keluar suara karena transistor finalnya terbakar udah diganti tp terbakar lg ( udah 3x ganti trbakar terus) tu penyebabnya apa ya..??

Penyebabnya bisa beberapa hal masbro.

* Bisa dikarenakan ada tegangan yang berlebih masuk ke transistor. Coba periksa beberapa komponen aktif seperti transistor sebelum transistor akhir. Bisa jadi komponen tsb putus atau short sehingga tegangan jadi ngaco menuju transistor final. Dan TR final mnjadi panas berlebihan lalu akhirnya rusak.

* Bisa dikarenakan ada problem pada speaker. Seperti memparalel speaker atau menambah beberapa speaker dalam satu box juga bisa mempengaruhi transiator final. Kerjanya akan smakin berat dan panas lalu rusak. Saran ane gunakanlah speaker yg sesuai hitungannya terhadap impedansi yg tertera pada bagian blakang box ampli. Untuk mendiagnosa coba nyalakan ampli tanpa speaker, lalu sentuh transiator apakah panas. Jika panas berarti masbro perlu memeriksa komponen dan jalur tegangan sebelum menuju TR akhir.

* Periksa resistor besar yg ada sebelum TR final. Bila resistor ini rusak malah akan meloloskan arus listrik yg seharusnya ditahan sebelum mnuju TR final. Resistor ini biasanya hambatannya kecil namun watt/dayanya lebih tinggi dibanding resistor lainnya dlm rangkaian. Jika komponen ini rusak maka transiator final akan cepat panas lalu rusak.

* Perhatikan pemasangan transistor finalnya. Harus mnggunakan pendingin aluminium dan jangan lupa sertakan kertas mika bening sebagai sandarannya ke aluminium agar tidak terhubung secara fisik antara transistor dan aluminium.

mau tanya mas,
masalh tone kontrol stereo suara besar sebelah, saya cek power ok, transistor kontrol dan potensi vol jg udh sy ganti, tp tetep gak ngaruh masih blm normal....

Coba di cek IC yang terdapat pada blok mix pada tone control. IC ini menyimpan eksistensi audio left dan right. Bila IC rusak sebelah maka sistem balance audio akan terganggu.

jangan lupa memeriksa tegangan masuk L dan R pada tone control, bila tidak normal tentu akan mengganggu kinerja sistem balance audio.

Cek sambungan dan fisik speaker L dan R.

Semoga bisa membantu. Thanks.

mas edi sama kasusnya kaya punya saya..

mas bro klw cara mengetahui in dan outx tone control gmna ka?

siang kang....,tc aku punya polytron big bang jadl.suaranya sebelah mati, dah itu dengung lagi....,kira kira apanya ya kang...?power oke.aku langsungi skrng pake potensio.

Udah ane jawab pada pertanyaan sbelumnya bro. Coba dibaca komentar diatas. Ada problem yg serupa dengan masbro dan sudah ane jawab.

Jika tone control menggunakan IC op Amp, masbro gampang mngetahui mana line in dan out, karena setiap kaki IC op amp sudah memiliki nama/jalur masing2. Mulai dari kaki 1 dan seterusnya sudah diberi nama (cari di google). In dan out sudah termasuk dalam kaki ic tsb. Kemudian Masbro tinggal ikutin jalur komponen yg terhubung pada kaki "in" dan "out". Setelah mengikuti jalurnya maka biasanya line "in" bisa di sambung setelah kapasitor terakhir dari line in IC. Begitu pula dengan line out.

Namun bila tone control tidak menggunakan ic op amp melainkan menggunakan transistor, maka cari transistor penguat pertama, bassis transistor tsb adalah line "in" . lalu cari transistor penguat akhir. Kaki kolektor transistor tsb adalah line "out"

mas klau tip 41 dan tip 42 rusak apa yang bermasalh yah sda perna sya ganti tpi tetap jebol tip nya, mohon bantuannya

Sebelum memasang TIP nya, Coba periksa tegangan yang terdapat pada 3 lobang masukan masing2 transistor tsb, barangkali tegangannnya terlalu over. Setelah itu periksa juga resistor yang ada sebelum menuju TIP nya, jangan2 tuh resistor putus, sehingga meloloskan tegangan yang seharusnya ditahan agar tidak merusak transistor TIP nya.

Mas nya jgn terlalu memuji. Hhe. Saya juga msh tahap belajar koq.

Menanggapi pertanyaan atas Echo yg sudah di sambung ke Amplifier mnurut ane mas perlu cek dulu sistem balance yang ada pada Amplifier. Karena pada dasarnya bila Perangkat audio Amplifier bersifat Stereo (R dan L) maka pasti ada pengatur balance antara R dan L nya berupa Potensiometer putar maupun geser.

Namun jika ternyata pada Amplifier mas tidak ada pengatur balance nya, ada 3 hal yang harus dilakukan untuk menanggulangi pnyebab Suara Ampli jadi kecil setelah disambung Echo.

1. Periksa kualitas Kabel audio dari out Echo ke In ampli.

2. Periksa tegangan untuk Rangkaian Echo itu sendiri bila membeli digital echo hanya berupa rangkaian kit nya saja. Namun jika digital echo yg dibeli sudah full set atau baru dengan box dan kabel Ac, tidak perlu memeriksa tegangan Echo.

3. Coba test Sambungan Echo ke bagian L Amplifier, jika suara sama saja dengan R,berarti Amplifier baik2 saja. Namun jika bagian L jauh lebih kuat suaranya maka Ic atau Transistor pada Power Amp sudah lemah bagian R nya. Maka harus diganti.

Gpp mas, sudah kewajiban ane buat jawab smua pertanyaan.

Digital Echo membutuhkan sedikit impedansi kuat arus(Ampere) itu artinya tidak ada masalah jika menggunakan Trafo 2Ampere (2000mA).

Suara sember bisa jadi karena:

1. spull microphone yang kualitasnya kurang.

2. Spull speaker yang sudah soak hingga menyentuh dinding besi magnet yang akhirnya akan berbunyi sember.

3. Ic atau transiator Power sudah lemah

4. Rangkaian Adaptor yang kurang sesuai untuk mensupply Echo.

Punyak ane speaker kagak bunyi nie gan ,gara²abis ane colokin ke speaker aktif,speaker cuma bunyi bep ..krekkk

Kalau ada bunyi "bep" nya belum tentu speaker rusak bro. Kalau krekk mungkin bisa jdi speaker spullnya udah gak stabil posisinya ditengah besi magnet.

Mas saya mau tanya,,power merk hartke ha3500 - 350watt masalahnya ic 7815 cepat panas dan apa penyebabnya?

7815 itu berarti pada bagian supply nya yang dekat ke trafo. artinya IC tersebut meloloskan tegangan hanya 15 volt saja menuju rangkaian berikutnya. pada umumnya komponen sebelum IC 7815 adalah Trafo, lalu beberapa dioda kemudian kapasitor dan Elco.

yang perlu masbro lakukan adalah

1. Cabut IC 7815 lalu lakukan pengecekan dengan multi tester pada posisi Ohm dan dengan keadaan listrik dicabut dulu. setelah itu masing2 ujung multitester disentuhkan ke bagian output tempat dudukan si IC tersebut dan ujung multitester yang satu lagi ke bagian ground. jika jarum penunjuk bergerak, maka ada blok rangkaian yang korslet/terhubung singkat, sehingga menyebabkan kerja IC menjadi berat sebab tidak ada hambatan samasekali.

2. lakukan pengecekan tegangan pada bagian input IC dengan kondisi ampli tercolok ke listrik dan tentunya IC masih dalam keadaan tercabut. ukur dengan multi tester dengan posisi 50 volt DC. lalu ujung warna merah multitester ke bagian input dudukan kaki IC dan ujung multitester hitam ke bagian ground.lihat jarum penujuk multitester, harusnya tenganan berada pada 35 volt, karena IC 7815 tenganan maksimumnya adalah 35 volt, jika lebih maka IC akan panas. periksa kembali tegangan murni yang dikeluarkan oleh trafo. harus 35 volt maksimum.

Mas saya mau nanya amplifer ocl saya berfungsi tapi pas mau mskin ke Hp ,bunyi yg msk ke speakernya kecil dan bunyi sreksrek nya msh ada ,itu knp yah?

Pastikan sinyal out dari hp terhubung ke line out dan in nya bro terutama groundnya, harus terhubung. Klo memang ampli OCL nya berfungsi harusnya keluar suara normal dari speaker.

boleh tanya ya...saya punya ampli miriplah dg punya anda di youtube, kasusnya tidak balance suara kecil sebelah, di transistor powernya juga panasnya sebelah gak imbang, malah panas sekali dari biasanya, untuk keluaran suara yang sebelahnya normal aja, mohon pencerahan hehehe...trims

Periksa tegangan input Transistor power. Harusnya sih semua transistor tegangan ke inputnya sama mas.

Amplifier saya kalau volume diputar terdengar bunyi kresek-kresek, apa penyebabnya dan solusinya gimana gan......????

Itu sudah tentu potensio nya yang bermasalah gan. solusinya ada 2. yaitu pake contact cleaner( disemprot ke jalur putar potensio) tapi menurut ane, cara ini kurang bagus karena dengan menggunakan contact cleaner, maka rotor(putaran potensio akan terasa seperti ngeloss, dan suara kresek belum tentu 100% hilang. ini pengalaman ane.

Cara yang kedua yaitu beli baru saja. dengan catatan, ketika menyolderkannya ke rangkaian,solder jangan terlalu lama nangkring di kaki potensio, panas akan menyebabkan jalur arang dalam potensio menjadi aus, dan kembali lagi deh kreseknya. usahakan menyolder jangan lebih dari 3 detik setiap kaki komponen ke rangkaian.

gan ane mau tnya knp pramitrex ane kok hidup sebelah pdhal ane bru aje beli.. msih baru udh tak sambung malah hnya hidup yg kanan aja.. yg kiri gk mau ngeluarin grond.
klo bs hub ane gan..
083853242372.. trim ksih ats bntuan ilmunya..

Perhatikan penyambungan ke power amp sesuai kabel left rightnnya dan tentunya jack atau kabel rcf harus yg stereo.

Lalu perhatikan juga sumber signal audionya sperti dvd, mp3 atau handphone, soket atau jack untuk out signal harus stereo agar bisa diproses balancenya oleh tone control.

Kalo puteran tombol volume/bass kadang nyambung kadang g kenapa ya,padahal g doll puterannya masih kenceng/nempel banget..
Makasih sebelumnya

Bunyinya kresek..kresek gak? kalo hanya kadang nyambung kadang nggak, itu mungkin saja disebabkan solderan kaki potensio ke pcb sudah kendur. tapi kalau bunyinya kresek gitu lebih baik potensionya diganti saja mas. pake cleaner juga percuma, yang ada malah puteran potensio jadi terasa longgar

Mas mau tanya ampli saya merk polytron volume gak mau di kecilkan, padahal potensionya sdh saya ganti yg baru

Coba cara ini bro :
1. Perhatikan penyolderan, harus benar2 lengket. dan menyolder kaki potensio tidak boleh terlalu lama, kalo panas berlebihan jalur arang yang ada dalam potensio akan luka sehingga proses tahanan tidak berkerja maksimal.

2. perhatikan jalur tembaga pcb yang ada pada kaki potensio, bisa jadi terkelupas secara kasat mata karena tekanan pada saat membuka potensio dan memasukkan yang baru. untuk memastikannya pake multi tester,

3. Lihat kaki komponen lain yang searah ke potensio, mungkin ada yang goyang sehingga proses transfer tegangan terganggu. untuk mengatasinya solder semua kaki komponen dengan timah.

semoga bisa membantu.

mas mau tanya, saya ada speaker box buat acara anak2 tk, sekarang kondisinya Mp3nya tidak ada suaranya, tapi mic nya normal, kira yg rusak bagian apanya ya mas..? klo catau daya saya ukur normal semua. cuman klo output ic tonenya saya ngak paham ic yang mananya? soalnya ada beberapa ic disana, terima kasih sebelumnya

Jadi begini...Mas harus pastikan terlebih dahulu apakah modul mp3 yang menyatu pada speaker box tersebut masih bagus atau sudah rusak.

Caranya yang lebih real untuk membuktikannya adalah, lepas sambungan kabel output signal dari mp3 yang menuju tone control, atau seluruh kabel dari mp3 ke tone control lepas aja semua. nah setelah itu, sentuh dengan obeng bagian input signal yang pada tone control tempat penyampungan output signal dari mp3 tadi. Jika terdengar suara brrrdddddddd pada speaker, berarti tone control sebenarnya bagus, dan modul mp3 lah yang mengalami kerusakan.

Mas mau tanya ampli gitar saya pd chanel clean & dist kok g mau berubah ke clean switch normal mas.
mohon bantuan nya tks.

Coba periksa solderan kaki switch yang melekat ke pcb. perhatikan apakah ada tembaga pcb untuk kaki switch ada yang terkelupas, pastikan dengan mendeteksi pakai multitester.

Maaf kang mau nanya, ampli sy mati sebelah, trus kalau jeck nya d colokin ada percikan api kecil gitu, apa nya ya,,,???

Itu oc op amp jebol kayaknya bro. Itu akibat tegangan dari adaptor melebihi kapasitas. Coba priksa lebih dulu tegangan masuk tone control

Oc op itu yang mana,,,??
Soalnya saya baru mengenal elektro,

Op amp atau operational amplifier itu adalah IC bro, IC OP AMp itu seperti 4558D, 741, TL702 dan masih banyak lagi

Gan mau tanya nih kenapa ya speaker aktif saya timbul suara kresek-kresek walau dalam keadaan diam tanpa input dan tanpa sentuh potensio dan volume minimum.tr final menggunakan tip41 tip42 dan tr udah saya cek masih normal.kira-kira masalanya dibagian mana ya gan,apa dibagian tonecontrol atau dmana.saat datang bunyi kresek kresek itu kaya timbul tegangan di speaker,soalnya speaker sampai terbakar,dan oernah dganti speaker yang baru juga masih terbakar karna timbul suara kresek kresek tadi. Mohon pencerahanya ya gan. Terimakasih.

Mnanggapi mslh agan, kasus speaker seperti itu pssti ada yg tdk beres pada bagian penguat akhir amplifier. Aplgi sampai speaker prnh terbakar. Ane pernah bahas hal ini pada artikel blog ini. Silahkan search artikel ,mngatasi ic cepat panas. Ini ada hubungannya pada kasus ampli agan.

Gan mau nanya nih, saya punya amplifier gitar tapi tidak ada input musiknya,jadi saya kasi tone control dengan menggabungkan ke input mic tapi malah bunyi mic jadi kecil musiknya​ besar, gmn supaya suara mic sama musik bisa seimbang normal terimakasih...

Itu cara nyambungnya udah salah bro. Udah kebalik. Harusnya kan output pre amp masuk ke line in tone control. Klo kebalik, bisa trjadi crash dan Suara tidak normal.

Pada line mic ampli gitar itu terdapat rangkaian pre amp.

Cara agar bisa di stem seimbang ialah harus bongkar amplinya. Pada pcb tone control bawaan dalam ampli, agan cari line in nya. Hubungkan dengan kabel menuju soket jack atau soket rcf mirip colokan vcd. Tentunya harus ada perombakan dikit pada box ampli agar lobang line in bisa digunakan saat box ampli ditutup.

Jadinya ampli sudah memiliki line input tersendiri dan line mic juga.

Tone control yang agan beli tidak usah digunakan lagi. Karena ampli sudah punya line in.

Itu cuma skedar saran bro.

Mlm mas danil,maaf sblmnya mau tny. Sy pny pwr ampli,tadinya terjadi hbngan pndek pd rankaian tanpa disengaja. Nah skrg smua tr nya dah sy ganti,(tr final normal,pwr supply,dll normal,tp knp ya suaranya hancur tdk jls artikulasinya. Modul tsb menggunakan ic lm741 pd bagian input pwrnya. Apa mgkin ic tsb yg bermasalah.,masalahnya tr final,dan pwr supply sy pake utk modul lain bisa,mhn jwbannya mas,trimksh byk sblmnya.

Semua komponen aktif diganti aja mas, termasuk ic LM 741. Ic trsebut tergolong sensitif namun fungsinya vital, Sama seperti Tr Final yang udah mas ganti.

Mas..Mohon pencerahannya..Saya baru saja beli keyboard amplifier merk Bassic KB600 2x12 inch..Kemudian baru seminggu sudah bermasalah..Awalnya terdengar suara "tek..tek..tek" saat beroperasi..Kemudian esoknya sy operasikan lagi dan tiba2 suara jadi pecah dan kecil sekali,..suara agak samber..Mohon pencerahannya mas..Sebelumnya saya sangat berterimakasih..

Dugaan saya sih mungkin komponen transistor penguat akhir bagian power itu sudah bermasalah bro.

Mas Sy Mu TanYa Tone kontrol merk bell
Yang menggunakan IC kenapa ya Ko Bunyi SbeLah
Kalo aku sentuh R47 Panas apanYa yang rusak,
Klo amplinya gak masalah

Itu mungkin ic brmsalah. Untuk mbuktikannya, ukur tegangan in out ic.

Mas mau tanya tc parametrik cx40 suplay dc tidak imbang yang + dc 15,20 -14,98 apakah harus bener" 15v mas untuk mensuplay pa tersebut

Ini yg bener yang mana mas? nanya tentang TC atau PA..?

Misi master mau tanya knp yaa tone control mic tdk brfungsi tpi input musik dll normal. Dioda zener 5.1 tdk klwr tgangan dan R220 dekat zener panas. Dan lampu indikator tone bagian mic saat ampli di,onkan nyala sbentar truz mati.
Yg rusak kira" bagian mna??

Saya gak bisa mengira" bagian mna yg rusak. Gini aja. Priksa dulu pre amp mic nya.

Tegangan input pre amp mic tdk seimbang, trukur +2v,-21v..
Trus sya ukur ic 4558 outputnya 20v. Dan zenernya nggak klwr tgangan 5v master..

Maaf bro, saya lihat di kolom moderasi saya, Pertanyaan anda knapa di potong-potong. Harap buat pertanyaan satu kolom saja, jgn di belah-belah. Mohon maaf kita gk bisa jwb prtnyaannya

Mohon maaf sblmnya mas broo..
Sbenernya gni mslahnya mas, TN yg bagian echo mic yg brmslah. Dioda zener 5.1 unt supply ic tp2399 trukur cuman 0,5v. Dan R220 dket zener itu pnas bget. Mski udh d,gnti smua ama ic2399 ttep aj kyak gtu.
Ic4558nya normal smua..
Kira" yg rusak apanya yaa mas.?? Mohon bntuannya.. Trims

Yg mau saya tanyakan "TN" itu apa bro?? Mohon penulisannya yg umum saja.

Menanggapi problemnya :

Periksa tegangan mulai dari awal Masuknya arus listrik ke rangkaian itu bro. Biasanya tertulis DC in. Ukur tegangan dengan multi tester sambil ikuti jalurnya dgn teliti, pasti ktmu komponen mana yg bermsalah

Contoh : Kita gak boleh langsung vonis R220 rusak hanya gara2 dia panas.blm tentu. Bisa saja R220 panas, karena komponen lain sebelum dia ada yg rusak.

Ic PT2399 juga harus dipastikan tegangan inputnya. Jika tegangan kurang dibawah 3 volt contohnya, berarti ada komponen sebelum ic yang mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan proses kirim tegangan ke ic terganggu.

permisi mas mau tanya... saya beli tone control baru.... saya hubungin ke amplifier kok suaranya lemah sekali padahal semua potensio berfungsi.... dan power amplifier masih ok. mhn pencerahanya

Kalau prosedur penyambungan sudah tepat, coba periksa Kabel. Memeriksa kabel harus pakai multi tester. Kabel bisa putus didalam.

mas saya mau tanya, untuk tone parametrik potensio volume pelan penyebabnya apa..? di putar setengah baru agak keras suaranya...meskipun untuk potensio level sudah di buka setengah tetap saja begitu,terima kasih..

Maaf mas bro mau tanya lgi. Ampliku itu merk megavox KA-7370DSP yg ada in mic 8 chanel.
Trnyata yg rusak pd bgian preamp micnya mas bro. Tpi wktu prtma kli dnyalakan lmpu idikator bgian preamp mic itu nyala sbntr truz mati. Dan microfon tdk brfngsi sma skli.
Itu yg short apanya yaa mas.??
Pdhl ic4558 dan tr9014-tr9015nya udh q gnti smua, tpi ttep aja sama kyak gtu gjalanya.
Tgangan supply ic trsbt pdhl ada smua mas. Dan ada stu ic yg outputnya mncurigakan, tpi udh q gnti dgn ic yg bru tpi ttep aja outputnya mncurigakan mas. Outpunya ada yg 13v lebih lalu ngdrop, truz yg pin no.2 cuman trukur 5v.
Tpi ic 4558 yg lain outputnya normal 12v smua.
Mohon bntuannya mas broo.

Erlangga Putra > sebaiknya potensio diganti bro

Sugeng Santoso > Nyolder IC nya udah Bener belum. Ingat nyolder ic dan transistor ga boleh lebih dari 3 detik tiap solderan. Klo lewat, ic bisa rusak. Ic nya pake dudukan kah? Klo iya brarti aman. Tapi kalo tidak, hati-hati nyolder ic. Sehabis solder kaki pertama, jangan langsung solder kaki kedua, kasih waktu untuk ic dingin dulu selama 10 detik. Lalu lanjut ke kaki slanjutnya.

Kalau nyolder ic pake cara habis nyolder kaki pertama langsungin aja ke kaki kedua trus ketiga, smpai habis dijamin ic akan rusak. Lo bayangin aja ada berapa kaki yg disolder dan ic harus kepanasan terus hingga semua kaki selesai disolder.

Kalau tone control parametrik lama bunyi kemresek bagian apanya yang eror mas. Awalnya sih normal begitu dinnyalain setengah jaman timbul bunyi itu. Mirip sama potensio rusak klo diputer puter. Makasih sebelumnya

Mungkin ada komponen yang solderanny kendur. Ini agak susah terlihat, oleh krn itu saya sarankan coba solder ulang semua komponen yg ada di bagian Tone Control. Penyambungan kbel juga perlu di solder ulang agar semakin kuat.

Prmisi mas broo maaf mau nmpang tnya lg q mas.
Knp ic 4558 pd TC sering rusak.?? Pdhl udh q kasi dudukan ic. Tpi ic trsbt nggak awet. Baru beli tpi nggak brthan lma lngsung rusak.
N adakah ic pngganti buat 4558 yg lebih bagus kualitasnya n bisa than lama mas.??
Mohon pncerahannya mas. Trims

Bang efek saya pas di coba di amflier enak suara nya , tapi pas disambung ke mixer kok jadi aneh ya suara nya ? Gimana tu bang

Mas saya mau tanya..saya punya tone control parametrik kalau di pakai suara bass sember mendem ga karuan..tp kalau di coba power tanpa parametrik suara speker normal kira-kira masalah di apanya mas..mohon pencerahan

* ivanblogspot : itu bisa disebabkan settingan mixer, soket jack pada mixer dah pada kendur, atau bisa karena jack ente ujungya dah kendur.

* 123jabrix : itu disebabkan ada mslh pd jalur bass tone control masbro.

Numpang tanya gan,, mp3 player tidak bisa mutar lagu lewat usb padahal flasdick nya masih bagus

Mungkin sirkuit USB nya sedang dalam masalah gan.

Mas,sy mau tAanya kemarin sy beli wireless miv aiwa882,terus pake speaker polytron bigband,pertama dipasang sih ok tapi selang 10 dtk volume mic dinaikkan timbul suara gemuruh/ky dengung terus2an itu knp/apanya yg rusak mhn penjelasannya trma ksh..

Itu alami mas. Klo volume di naikkan apalagi kita menggunakan mic wireless pasti timbul suara dengung atau gemuruh kecuali kita kita jauhkan posisi mic dari speaker.

Kemudian hal yg harus diperhatikan ialah jalur line out wireless hrus dihubungkan ke line in polytron bigband agar lebih bersih hasil suaranya. Jangan disambung ke line mic polytron bigband nya. Karena hasilnya pasti beda.

Boleh minta no wa nya, pengen brtanya ttg audio ni khususnya PA rakitan

Tanya disini aja bro. Tidak mlayani tanya jwb via WA.

numpang tanya master...sy bli tone control 2 tingkat yg ada mixing mic dan ada usb nya,tegangan 15vct15v untk tone 12vG12v mixing mic..tpi knpa ya suara tone ny kok kcil ya...sdgkn suara mic normal ...mohon saran dan masukan ny master...wa sy 087779258998

Coba periksa kebutuhan sumber tegangan tone control. Lakukan eksperimen dgn hati2.

Mas mau tanya subwofer pada TC saya kok tba" gak fungsi asal mula normal .. trus ic.nya jg sdh sy gnti dg yg baru . Kira" apanyya mas

Gan bagaimna menyambung parametrik ke kit speaker aktif dan TC kit speaker di ganti sma parametrik ?

Edi UzuMakki : bila ada transistor, jgn lupa di cek juga mas. Cek tegangan input ic.

Unknown : cari dahulu bagian atau jalur output Tone control ke input power amp. Putuskan hubungan keduanya dan ganti dengan parametic dgn cara mengubungkan output parametic ke input power amp.

Mas mau tanya, saya beli tc baru tapi potensio echo kalau di puter dikit aja udh bunyi suara nois, dan echo gk berfungsi sama sekali, untuk volume mic berfungsi
Mohon solusinya mas

Itu jelas ada mslh di blok echo pada rangkaian tone controlnya mas..

mas mau tanya, output tune control saya suaranya kecil (tidak maksimal)?
ic bawaan tl071cp sudah sy ganti ic ua741cp tdk ada peruahan.
kit parametric meshintosh. mohon sulusinya mas

salam kenal danil..
1.amplifier 400w mono sanken 2 set.
2.power suplly mengunakan inventer 12v ke 32v.
3.elco 50v/10000uf=6buah
4.tone control
5.speaker 12inc acr 1 buah +10inc 2 buah.
pertanyaan - ketika volume tone control di naikan full suara sama,seperti setengah/arah pukul 12 atau tidak bisa lantang lagi.
apa masalahnya bang?

Mas danil saya mau nanya saya punya ampli gitar randall rg100sc 12"x2, kalo dinyalain noise , kalo volume dibuka tambah gede noise nya :(.
trus kalo level clean channelnya dibuka jg makin parah noise nya, apa itu yg rusak bagian elconya atau potensionya? mohon pencerahan mas. :(

Komentar baru tidak diizinkan.