Selasa, 19 Juli 2016

Bagian Power Pada Amplifier atau Sound System

Blok yang paling menentukan kekuatan dentuman dan hentakan suara pada perangkat audio elektronik baik itu sound system, amplifier, atau speaker aktif adalah blok/bagian "Power". Rangkaian power sangat menentukan kekuatan yang akan dikeluarkan oleh perangkat audio di lapangan. oleh karena itu, bagian power amp sangat mudah dikenali bila kita membongkar chasing ampli maupun sound system, cara mengenalinya ialah dengan melihat adanya pendingin yang terbuat dari aluminium yang di sambungkan menggunakan baut dan mur pada komponen utama yang terdapat pada rangkaian power.

Circuit Power Amplifier 60 Watt

Di kalangan masyarakat,  masih ada kekeliruan tentang penamaan power amplifier ditinjau dari fungsinya. Yang difahami banyak orang ialah jika membeli power amplifier berarti sudah lengkap dengan panel kontrolnya seperti volume, bass, treble, echo dan sebagainya. Namun beda lagi jika kita bertanya kepada orang yang bergelut di bidang sound event musik. Power amplifier itu tidak sama seperti yang terlihat di bawah tv dirumah kita masing-masing. Biasanya ada bertingkat, vcd, power amplifier, satellite receiver dan televisi diatasnya.

Sampai sekarang tentang kekeliruan penamaan tersebut belum ter klarifikasi. Adapula speaker aktif rumahan yang pada box nya tertera 35000 watt. Siapa yang tidak kaget betul membaca itu, Speaker aktiif sekecil itu bisa menghasilkan daya maksimum hampir setara konser besar. Ya sudahlah, yang penting harus ditanamkan ialah bahwa penamaan power amplifier yang benar ialah pada sound system. Ada mixer, ada Tone parametic control, ada power amplifier, pokoknya semua terpisah chasing box nya sesuai nama masing-masing. Sedangkan untuk perangkat rumahan, cukup dituliskan Amplifier saja, bukan power amplifier.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami

Saya perhatikan masih ada beberapa produsen yang memberi nama power amplifier, padahal seharusnya amplifier saja karena sudah mencakup tone control dan power amp yang dipadu dalam satu box chasing. Sedangkan power amplifier berarti hanya bagian power saja yang terdapat dalam satu chasing atau box.

Jalur pada power ampli


Secara umum pada rangkaian power terdapat jalur INPUT, DC IN, dan Speaker OUT. Jalur ini merupakan panel yang harus ada pada setiap circuit rangkaian Power amp. kalo tidak ada gimana mau masukin jalur sinyal audioanya. Pada sound system, power ampli yang sudah jadi atau  komplit didalam chasing didesain memiliki knob volume dan pengatur gain. Ini tergantung dari merk power amp tersebut.

Secara rangkaian atau modul. sebelum dimasukkan kedalam box aatau chasing, bagian PCB power amp terdapat 3 blok jalur. Namun ada beberapa merk yang menambahkan jalur pengaturan volume atau gain seperti yang saya sebutkan diatas. pada bagian power tentu tidak terdapat knob potensio high, low, mid apalagi reverb dan lainnya. Tugas itu sudah terdapat pada bagian mixer audio atau perangkat tambahan yang lain seperti equalizer, audio processor maupun crossover.


NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami

1. Input
Berfungsi sebagai signal masuk dari perangkat audio seperti tone control, pre amp vcd, dsb. jalur ini biasanya menggunakan soket RCA karena kabel dan jenis conector yang digunakan pasti berjenis RCA. untuk lebih mengerti tentang jenis kabel ini, silahkan anda browsing di google, kabel pada gambar diatas bukan kabel yang sebenarnya, itu lupa nyabut aja, langsung maen jepret. sebenarnya pake kabel seperti gbr diatas juga boleh, tapi saya sarankan pakailah kabel yang saya jelaskan barusan, karena akan lebih meminimalisasi kemungkinan terjadinya noise atau dengung.

2. DC IN
Pada bagian ini anda harus mengeri betul tentang bagaimana menghubungkan adaptor atau power supply menuju power ampli, biasanya terdapat tiga jalur yaitu, negatif, ground dan positif. jangan sampai salah dalam menyambungkannya, ntar ampli pasti rusak. gunakanlah Adaptor yang memiliki nilai ampere yang cukup, karena kalau kurang maka ampli akan dengung.

3. Speaker Out
Bagian ini adalah untuk  sambungan ke speaker, pada bagian ini terdapat komponen utama yaitu Transistor yang  diberi pendingin/heatsink berupa aluminium. kadangkala pada merk ampli tertentu, bagian penguat akhir pada power ampli menggunakan atau IC yang tentunya diberi pendingin/heatsink.

4. Volume
Jika pada modul atau rangkaian power amp terdapat jalur penyambungan potensio untuk volume maka kita tinggal menyambungkannya saja dengan gampang. Namun jika tidak ada, kita bisa menambahkan dengan cara menyambungkan potensio diantara hubungan output mixer dan input power amp yang tentunya kita lakukan di bagian dalam chasing saat modul power sudah masuk box atau chasing. kabel yang ada pada bagian soket input power kita anggap sebagai output dari mixer, sementara input yang sebenarnya terdapat pada rangkaian pcb power. Jika power tersebut stereo tentunya harus menggunakan dua potensio. Volume left dan volume right.


Tentang Daya Power Ampli


Kekuatan Power amplifier biasanya kita sebut dengan watt. semakin tinggi spesifikasi amplifier maka semakin tinggi pula wattnya. kita sering mendengar istilah kata 1000watt, 2000watt, 10.000ribu watt. ini artinya seberapa kuat daya amplifier tersebut untuk digunakan. maka dari itu biasanya untuk acara lapangan digunakan sound system ber daya  5000 - 50 ribu watt atau bahan lebih, tergantung acara yang diselenggarakan, mulai dari acara Pernikahan, kampanye, 17 agustusan sampai acara konser musik artis luar negeri. tergantung kebutuhan masing-masing.

Semakin tinggi daya suatu power ampli/sound system yang digunakan maka semakin tinggi pula konsumsi Kuat arus yang dibutuhkan untuk mengoperasikan semua bagian dalam perangkat audio tersebut. untuk itu trafo dengan kapasitas Ampere yang tinggi harus digunakan agar tidak menimbulkan dengung, suara loyo, noise dan sebagainya. Ampere adalah satuan internasional dari Kuat arus. maka dari itu trafo bermacam2 sesuai dengan amperenya, mulai dari 250miliAmpere sampai 50 Ampere atau mungkin ada yang lebih.

(Baca Juga : Blok Penyusun Tone Control Amplifier)

Artikel Terkait

19 komentar

Bang, saya mau nanya...
Saya kemaren beli speaker advance yang 2.1 ch, pas di tes ditempat beli bagus aja, terus pas tes dirumah timbul dengung dibagian subwoofer nya, sedangkan satelitnya (kiri kanan) bagus aja, dengung nya it tetap (cukup keras) dari volume 1-32, tapi kalo volumenya 0 (nol) dengung nya hilang, udah ganti ic tda nya tetap aja...
Kira-kira kenapa ya bang???
Terimakasih...

Cpoba lakukan beberapa hal dibawah ini.

1. Perhatikan pemasangan heatsink/pendingin ke ic TDA.
2. ukur tegangan output ic tone control yang ada dalam rangkaian ampli. menurut pengalaman ane, sumber dengung itu ada 3 yaitu dari power supply, dari IC power, dan dari tone control yang mungkin mengalami masalah pada komponen aktif seperti ic dan transistor.

3. Periksa tegangan power supplynya dan semua komponennya. mungkin saja tegangannya kurang beberapa volt karena ada komponen yang sudah lemah.

Share :
Pengalaman ane, dulu pernah pasang kapasitor 104 secara paralel pada output tegangan power suply, hasilnya dengung hilang. barangkali cara ini juga berlaku pada ampli masbro.

numpang nanya, sy ada speaker aktif rumah, sy mau jadikan speaker utk laptop. Utk power listrik speakernya saya sambungkan kemana di speaker? trimakasih

Ini pertanyaannya membingungkan saya mas ,saya tulis ulang pertanyaan mas "untuk power listrik speakernya sambungkan kemana di speaker"??

Tapi klo ingin nyambungin speaker aktif ke laptop tinggal beli jack mini stereo dimana ujung yang satunya berbentuk socket rcf, pkoknya sesuai bentuk lobang colokan pada speaker aktif. Sambungkan bagian line out laptop, lalu ujung kbel yang satunya lagi colokin ke bagian input atau audio in pada speaker aktif.

wah maturnuwun mas, saya sdh coba tp ga mau bunyi tuh, speakernya dpt power listrik dari mana ya ? rencananya saya mau beli kabel utk power listriknya, tp ga tau nti disambung kemana, yg ada cuma tempat kabel utk konek ke laptop. maaf merepotkan, suwun

Berarti di speaker aktif gak ada kabel untuk colok ke arus PLN ??

Wduuh.. ya kudu dibikin masbro. Kalo gak di bikinin kabel colokan gimna mau nyala?

Hehe ya iyalah makanya sy nanya, disambungin ke bagian mana kabel listriknya, apa disambungin bareng kbl speaker, atau ada bagian lainnya utk listrik?

1. Saya bingung yg hrus dicek dri heatsink nya it ap nya. Cara pemasangan, kendor-kencang nya baut, atau nyangkut enggak nya ke ground...

2. Untuk output tone control kan untuk satelit beda sma subwoofer, udah dicoba ditukar, jdi yg buat satelit dipindah buat subwoofer, dan yg dri subwoofer dipindah buat satelit, eh satelitnya bagus aj, tpi ttap aj dengung(gak ad perubahan) kayak awal.
Kalo masalah di power supply apa masalahnya gak ngaruh buat satelit?
IC power it yg mna nya bang? (Maaf bnyak tanya, masih awam pakai banget)...

3. Kalo soal tegangan udah di ukur, yg masuk ke ic tda (malah lebih dri spek ic tda nya 2volt-an), tone kontrol gak masalah 5volt stabil...

Kalo kapasitor 104, susah bang di cari d tempat ku, gak nemu...

Ap mungkin masalahnya ad di filter bass nya ya, bang???

Ini mah ya jelas gak nyambung sama judul diatas masbro. Artikel ini kan ngebahas bagian power pd amplifier. Jadi dsini gak dibahas cara nyambung kabel Colokan AC pln yang putus..

Yang pasti kabel untuk dicolok Ke PlN itu jangan sesekali disambungin ke speaker , pasti mledak.... Susah jelasinnya mas karena komunikasi memang terbatas hanya di kolom komentar ini. Seandainnya kita berdekatan saat ini, udah kelar tuh masalah speaker aktif. Udah smentara besok bawa aja ke tukang servis minta disambungin kabel AC/pln nya

Madi Nah=> Unek-unek dan pertanyaannya gak sesuai judul bro. Padahal ada lho artikel ane yg ngebahas tentang apa yg dialami masbro, kenapa gak search di kolom pencarian.... Usaha dikit mas...

mas,saya mau tanya tentang masalah sound gitar bass saya.. pada saat di sentuh kabel jek mengeluarkan suara tapi pada saat dicolok ke gitar suaranya hilang tapi bukan gitarnya yg rusak karna sudah dicoba di amplifier lain.. bagaimana cara mengatasinya?? terima kasih

Coba periksa sambungan ground untuk line in didalam ampli. Ujung jack akan bunyi ketika disentuh walaupun sambungan ground terputus namun gitar tidak berbunyi.

Maaf gan numpang nanyaa,sya mempunyai speaker aktif niko 2.1 yg mempunyai output midldreng tidak keluar suara,tpi pas sya liat di yautube,cuma ganti IC yg buat output lngsung fungsi,dan sya dh ganti IC Yg baru tpi blm bisa fungsi,pertanyaanya apakh selain IC,ada yg lain pengaruhh dgn outpunya...? Sdngknn salon outputnya normal dn subwofernya normal...berfungsi....# mohon pencerahannya...������

Pada saat ic udah dipasang, coba cek tegangan inputnya.. kalau tegangan ke input ic gak kompatible, berarti ada masalah pada komponen sebelum input tegangan ic tsb.. cek saja satu persatu

Add.Saya mau nanya pada amplifier politron di jalur input gak ada reaksi apanya ya?,sebelumnya terima kasih.

cek dulu tegangan masuk pada tone control dan tegangan output IC

Saya punya punya power amplifer jadul mass, setelzh dibuka kabelnya banyak yg putus tidak karuan, untuk m es ngetahui jalur input, output, dan psu itu gimana ya mass ciri"nya, terimakasih ..

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.