Jumat, 02 Desember 2016

Cara Menginstalasi Atau Wiring Kabel Dalam Gitar Dan Bass

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan secara rinci tentang bagaimana cara mewiring bass atau gitar dan tentunya bahan-bahan yang sudah dipersiapkan harus memang yang kualitasnya standard keatas. bila tidak maka akan menimbulkan noise saat bass atau gitar digunakan. sobat tentu tidak ingin hal ini terjadi, bisa malu-maluin nantinya. istilah wiring bisa juga dikatakan dengan pengkabelan atau instalasi

Cara Menginstalasi Atau Wiring Kabel Dalam Gitar Dan Bass

Bahan yang harus disediakan tidak terlalu rumit kok, pastinya akan selalu ada ditoko yang menjual sparepart elektronik di kota anda. terkecuali satu yaitu switch geser yang biasanya melekat pada gitar (bila anda ingin mewiring gitar). pada bass, switch geser tidak terlalu digunakan bahkan hingga saat ini belum pernah saya temui bass yang ada switch gesernya. oke dibawah ini adalah bahan yang harus disediakan sebelum melakukan proses wiring gitar atau bass

1. Solder  

Perhatikan daya/watt solder. jangan menggunakan solder yang 40watt, sobat akan sering naik pitam saat melakukan proses penyolderan, percayalah. gunakan solder yang ber daya 60watt ke atas. karena solder dengan daya yang mumpuni akan cepat melelehkan timah secara sempurna dan ketika mengering, kepadatannya akan bisa terjamin sehingga tidak mengakibatkan timbulnya kendur atau putus kabel sana sini.


2. Timah

Saran saya gunakanlah timah yang memang dikhususkan untuk bahan menyolder dalam praktek elektronika, timah ini banyak dijual di toko sparepart elektronik. jangan sesekali menggunakan timah pancing karena tujuan menghemat, pernah ada seorang murid saya melakukan hal ini, alhasil solderan jadi ngaco, blepotan dan tidak kuat. saya terpingkal-pingkal saat mengetahuinya.


3. Kabel Audio

Kabel yang dimaksud adalah kabel yang memiliki dua cabang pada ujungnya, cabang yang satu berbentuk serabut dan cabang yang satunya lagi berbentuk kabel kecil yang diisolasi secara tunggal. kedua kabel ini dibalut lagi sehingga membentuk sebuah kabel audio. tebalnya mirip kabel vcd. belilah kabel audio yang memiliki banyak serabut dan bagian kabel tunggal nya tebal. ini akan meminimalis kemuangkinan noise yang akan terjadi.

Cara Menginstalasi Atau Wiring Kabel Dalam Gitar Dan Bass


4. Potensiometer

Gunakan potensiometer yang memiliki tahanan maksimal 250 atau 500 kilo ohm. mengapa demikian? mengapa tidak yang 100 kilo atau 50 kilo ohm saja?. ini tujuannya adalah untuk membuat aliran signal terasa perlahan saat potensio diputar. cobalah menggunakan potensio 100 kilo ohm, setelah selesai wiring, lalu sambungkan ke ampli, atur potensio ke level rendah dulu lalu bunyikan senar gitar/bass. putar/buka volume potensio, maka volume akan tiba-tiba kuatdalam sedikit putaran saja.

Bandingkan rasanya, ganti potensio pada wiring menggunakan tahanan 250K atau 500K, saat anda memutar atau membuka volume, akan terasa kuat perlahan tapi pasti. begitu juga pada potensio yang ditempatkan pada bagian pengatur tone. nah sekarang sobat pilih yang mana? itu terserah kalian.


5. Switch Selector

Komponen yang satu ini bisa anda dapatkan secara online dibeberapa situs terpercaya didindonesia, karena komponen ini termasuk jarang sekali dijual di toko sparepart elektronik, entah apa penyebabnya. Switch dalam dunia gitar atau bass ada berbagai model. ada yang hanya dua jalur ada yang 3 jalur dan ada yang  jalur. Saya pernah menanyakan tentang switch ini dibeberapa toko sparepart elektronik, namun kebanyakan dari mereka belum mengerti tentang switch ini.

Kunjungi Chanel Youtube Kami "Elektrokita TV"

Untuk wiring bass mungkin akan lebih mudah karena jarang kita temui bass yang menggunakan switch selector. yang saya ingat hanya bass milik Tony Franklin yang memiliki switch selector. jika kita telah memahami bagai mana cara wiring gitar, maka akan lebih mudah mewiring bass. untuk itu, artikel ini saya lebih banyak menjelaskan tentang pengkabelan atau wiring gitar.

Dalam memahami proses wiring, kita harus tahu jalur antara pickup dan switch karena hal ini merupakan dasar yang sangat harus kita mengerti sebelum melanjutkan ke proses solder menyolder nantinya. switch selector inilah yang nantinya akan membuktikan berhasil atau tidak nya proses pengkabelan yang kita lakukan. untuk itu kita wajib mengenal switch dan cara kerjanya terlebih dahulu. bisa anda baca pada postingan berikutnya
Cara Menginstalasi Atau Wiring Kabel Dalam Gitar Dan Bass

(Baca Juga : Memahami Pickup Selector Switch Pada Gitar Elektrik)

Cara mewiring itu sebenarnya sangat beragam, namun bila tidak berpedoman dengan sifat listrik, wiring akan gagal total. bila anda termasuk orang yang kreatif dibidang elektronik, anda bisa membuat sistem dan langkah sendiri untuk menginstalasi gitar elektrik tanpa harus melihat merk gitar yang lain dan pasti akan berhasil selama tidak melanggar hukum kelistrikan dan elektronika.

Contohnya ketika dalam proses pengkabelan anda menyambung kabel serabut dengan kabel tunggal. maka dijamin gitar anda akan membisu. karena apa? karena kabel serabut adalah kabel ground adalah negatif dan kabel tunggal adalah sinyal utama, jika negatif dihubungkan dengan sinyal utama secara langsung maka proses amplifikasi audio pada jalur itu dianggap off/berhenti sementara, tapi bukan berarti rusak.

Potensiometer Volume sebagai master dalam wiring


Itulah sebabnya mengapa ketika kita mematikan/mute volume gitar, semua noise dan dengung berhenti walaupun seandainya ampli maupun gitar kita noisenya minta ampun, karena tanpa kita sadari kita sudah me- Mute jalur input amplifier menggunakan potensio gitar. Karena bila dua kabel input amplifier menyatu, maka signal akan off alias mute sekalipun gitar kita genjreng.  Perhatikan gambar dibawah ini.

Wiring potensio volume dan tone pada gitar elektrik

Karena ketika memutar potensio ke sebelah kiri, itu sama dengan menghubungkan secara langsung kabel yang berada pada kaki kiri dan kaki tengah potensio. karena sudah jelas kaki tengah dan kaki kiri potensio volume adalah penyambungan ke bagian signal out yang akan dikirim ke line input amplifier

(Baca Juga : Mitos Tentang Pengaruh Potensio Gitar 250K Dan 500K Pada Karakter Suara)

Pada tahap itu, proses laju signal akan berhenti sementara, lalu ketika kita membuka potensio atau menaikkan volume, maka proses signal akan berjalan kembali. Signal suara akan bergerak kembali. Dan ketika sampai pada level maksimum putaran ke kanan hingga mentok, disitulah output pickup dan input ampli terhubung total. Inilah yang dinamakan suara maksimum.

Lalu pada gambar potensio bagian tone, pada posisi level manapun volume kita putar, potensio tone tatap akan mengcut atau memotong signal suara menggunakan kapasitor yang melekat pada potensio sesuai pada level mana putaran tone nya.


Artikel Terkait