Jumat, 29 Juni 2018

Cara Memasang Spull atau Pick up Contra Bass Betot

Dalam pertunjukan musik Jazz maupun akustik ataupun musik keroncong, sering kali menggunakan Kontra Bass. Alat musik yang satu ini tidak memiliki fret pada batang neck nya atau sering kita dengar dengan sebutan fretless. Tingkat kesulitan untuk bermain kontra bass atau bass betot termasuk tinggi karena untuk memperoleh nada yang pas tanpa menggunakan fret itu sangat sulit. Butuh latihan yang terus menerus agar mahir memainkannya.

Cara Memasang Spull atau Pick up Contra Bass Betot

Sama seperti gitar, bass bertubuh bongsor ini juga memiliki spull atau pick up agar dapat di direct ke sound system dan memperoleh suara yang maksimal. sangat jarang alat ini hanya di todong menggunakan microphone. Ini guna menghindari feedback yang berlebihan saat berada di panggung. Ini tentu sangat memungkinkan terjadi sebab nada yang dikeluarkan adalah nada yang sangat rendah dan audio rendah dari speaker sangat mudah terserap kembali oleh microphone sehingga menimbulkan feedback suara yang sangat mengganggu telinga.

Pada alat musik kontra bass, spull yang dipakai bukanlah seperti yang ada pada gitar akustik atau elektrik pada umumnya. Pada gitar elektrik dan akustik spull yang digunakan terdapat lilitan kawat tembaga didalamnya. Namun untuk akustik dengan senar nilon tentu tidak menggunakan lilitan, melainkan beberapa pelat logam yang dipadu sehingga bisa menyerap getaran dan mengubahnya menjadi getaran listrik. Ini serupa dengan kontra bass. Dimana alat penangkap suaranya merupakan pelat logam yang dipadu sedemikian rupa dan menyerap getaran dari senar. Ini dinamakan Buzzer atau Piezo.

KUNJUNGI DAN SUBSCRIBE Channel YOUTUBE kita di "ELEKTROKITA TV"

Mengapa Contra Bass tidak memiliki spull lilitan seperti bass atau gitar elektrik??

Ini mungkin menjadi pertanyaan beberapa pemain bass khususnya kontra bass. Jawabannya singkat saja karena senar pada alat musik ini tidak terbuat dari logam. Seandainya senarnya dari bahan logam, bisa saja menggunakan pick up atau spull lilitan seperti bass elektrik dan diletakkan persis dibawah senar logam. Namun pada kenyataannya senar terbuat bukan dari logam sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan spull lilit karena cara kerjanya hanya menangkap getaran benda yang terbuat dari logam saja.

Maka dari itu, agar getaran senar bas betot bisa dikirim ke sound system, digunakanlah alat yang bernama piezo, sebab alat ini berfungsi untuk menyerap getaran dari benda apapun dan mengubahnya menjadi arus listrik dan kemudian dikirimkan ke sound system. Piezo juga bisa berfungsi sebagai speaker kecil tergantung dimana ia di posisikan.

Semakin baik kualitas piezo nya maka akan semakin real pula sinyal yang dikirimkan ke penguat suara atau sound sistem. Alat ini sangat aman digunakan dan tidak menangkap suara yang merambat melalui udara karena benda ini tidak memiliki membran seperti microphone. Oleh karena ini tidak perlu khawatir suara kita tertangkap dan dikuatkan pada speaker.

Cara memasang Buzzer atau Piezo pada Contra Bass

Bagi teman yang hobi utak atik kontra bass terutama penangkap suaranya, mungkin sudah bukan hal biasa lagi dalam mengganti piezo ini. Namun bagi teman yang belum mengerti, akan saya jelaskan bagaimana cara mengganti piezo untuk kontra bass. Siapkan Solder, timah solder, multi tester, gunting dan kabel secukupnya.

Cara Memasang Spull atau Pick up Contra Bass Betot

Perlu diketahui bahwa Piezo kontra bass terletak atau terselip dibawah dudukan senar. Pada umumnya wujudnya berbentuk pelat bulat dan terhubung oleh dua kabel. Perhatikan gambar yang ada diatas. Biasanya bila semua senar dikendurkan atau dilepaskan, maka dudukan senar atau Saddle akan bisa dilepaskan dengan mudah karena tidak direkat menggunakan lem atau baut.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami.

Ketika hendak menyolder yang penting harus diingat adalah jangan lupa untuk selalu menghubungkan kabel hitam kebagian penampang yang lebih luas pada piezo. Inilah yang dinamakan groundnya. Dengan memperhatikan hal tersebut maka kemungkinan noise tidak akan terjadi. Semoga artikel ini dapat sedikit membantu teman sekalian. salam damai.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.