Jumat, 22 Juli 2016

Cara Membuat Efek Distorsi Untuk Gitar

Kata distorsi berasal dari bahasa inggris yang artinya adalah memutarbalik, mengacaukan atau membuat tidak beraturan. Dalam audio elektronika, distorsi berarti kekacauan suara. tentu kekacauan suara yang terjadi bisa dimanfaatkan dengan cara mensettingnya melalui suatu rangkaian circuit elektronika yang dinamakan efek distorsi.

Disini akan kita temukan knob pengatur Volume, Gain, dan Tone. Dalam dunia pergitaran. efek distorsi adalah efek yang paling pertama kali muncul dari semua jenis audio efek yang ada sekarang ini. peningkatan Gain audio yang mumpuni, akan memperluas distorsi audio pada efek gitar.

Clipping Dioda Pada Efek Distorsi


Pada efek distorsi, audio di proses dan dikuatkan oleh Bagian penguat signal kemudian di clipping menggunakan dua buah dioda sebelum keluar melalui jalur output. dua buah dioda dipasang sejajar namun kutub kedua dioda tersebut saling berlawanan arah. hal ini berguna untuk menciptakan efek kotor pada signal audio yang keluar melalui jalur output yang di atur sedemikian rupa menggunakan potensiometer agar lebih nyaman di telinga.

Pada gambar skema dibawah ini terlihat bahwa rangkaian efek gitar distorsi menggunakan komponen utama yaitu IC Op Amp 741, yang sudah ane revisi kembali dengan menambah sebuah resistor pada jalur input kebagian elco yang mengarah ke ground.
Cara Membuat Efek Distorsi Untuk Gitar
Secara detail, IC Op Amp 741 terdiri dari 8 kaki, dimana pada rangkaian ini yang digunakan hanya 6 kaki saja. sebenarnya bila kita ingin melakukan percobaan efek distorsi, cukup menggunakan IC dan dioda saja sudah cukup. karena didalam IC tersebut sudah ada jalur INPUT, OUTPUT, DC IN sebagaimana yang ada pada efek distorsi pada umumnya. seperti gambar dibawah ini. Namun pastinya akan terbatas karena kita tidak akan bisa mengkontrol power dan suaranya.

(Baca juga : Setting Efek Stompbox Yang Baik Dan Benar Agar Minim Noise)

Bila hal itu kita lakukan, IC akan rentan rusak karena Ia hanya bekerja sendiri dan tegangan yang masuk pun langsung tanpa ada halangan ke IC, yang biasanya diberi komponen tambahan untuk memberi proteksi terhadap IC. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat efek distorsi lengkap dengan komponen pendukungnya agar dalam penggunaanya bisa di atur sedemikian rupa sesuai keinginan kita. Coba perhatikan nama pin atau kaki yang ada pada IC 741 dibawah ini


Berdasarkan gambar IC di atas, terlihat bahwa sambungan out in dan voltase harus sesuai dengan penambahan komponen sesuai gambar yang pertama. Penamaan pada kaki IC merupakan standard internasional. Bila membeli IC di toko manapun, penamaan kakinya tetap sama. jika kita perhatikan gambar diatas terdapat huruf "G", itu adalah Ground.


Adapun daftar komponen yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian efek distorsi yang lengkap sesuai gambar skema bukan merupakan hal mutlak, artinya sobat bisa mengubah nilainya sesuai dengan eksperimen kalian, jika dirasa cocok ya bagus. Tapi tetap akan saya sebutkan komponen yang saya gunakan untuk membuat efek ini.

Daftar Komponen Efek Distorsi

Resistor                                Kapasitor dan Elco                 Dioda                   Potensiometer
R1 - 1 Mega Ohm,                C1 - 10uf/16volt,                      D1 - IN 4148        B50K (2 )
R2 - 1 Mega Ohm,                C2 - 104 atau 100nf,                D2 - IN 4148                          
R3 - 1 Mega Ohm,                C3 - 104,
R4 - 10 Kilo Ohm,                 C4 - 473 atau 47nf,                  IC
R5 - 1 Mega Ohm,                C5 - 4,7uf/16volt,                     741
R6 - 1 Kilo Ohm,

Op Amp Ic untuk efek distorsi


Ground selalu dihubungkan/disatukan sambungannya kepada bagian negatif(-), karena prinsip rangkaian secara standard internasional adalah negatif sama dengan ground. namun jika rangkaian tersebut menggunakan sistem stereo, maka ground tidak boleh dihubungkan ke negatif. kebetulan gambar diatas adalah skema dengan sistem mono saja. pada dasarnya, kebanyakan rangkaian efek menggunakan sistem mono.

(Baca Juga : Cara Menyambung Rangkaian Audio Efek Ke Switch)

Perlu kita ketahui bahwa untuk membuat suatu efek distorsi bukan hanya menggunakan IC 741, melainkan bisa menggunakan IC Op Amp yang lain seperti 4558D yang digunakan pada Tube Screamer. TL 072, LM 393 dan masih banyak jenis OP Amp yang lain.

Cara Membuat Efek Distorsi Untuk Gitar

Bila rangkaian dasar seperti diatas digabung dengan satu rangkaian lagi yang serupa, akan menghasilkan suara distorsi yang lebih gahar. tergantung kekreatifan si pembuatnya. Rangkaian itu adalah wujud asli dari judul yang sedang kita bahas ini.

Perbedaan karakter efek distorsi dari sisi gain


Mengapa efek distorsi untuk metal itu lebih gahar daripada efek distorsi biasa? karena pada efek distrosi berat seperti MT2 terdapat lebih dari 2 blok rangkaian penguat dan prosesor signal audionya. sedangkan pada efek distorsi menengah seperti blues breaker, tube screamer dll, itu hanya menggunakan 2 blok saja. yaitu penguat awal/booster dan signal prosesor yaitu dua buah dioda/ clipper.

Komponen tambahan berupa resistor dan kapasitor, Elco serta potensiometer dirangkai guna untuk mengatur laju signal audio yang akan dikeluarkan melalui jalur output seperti yang tertera pada gambar pertama. resistor berfungsi sebagai tahanan dan pembagi tegangan, kapasitor berfungsi sebagai filter, pengubah warna signal dari high menjadi low yang nantinya di blok dan di buka oleh potensiometer yang dipasangkan secara paralel dengan kapasitor.

(Baca Juga : Cara Membuat Efek Delay Untuk Gitar Maupun Vokal)

Elco berfungsi sebagai filter arus listrik sebelum di salurkan ke IC 741. IC akan memproses tegangan menjadi signal audio dan dikirim ke bagian kontrol yaitu Volume dan Tone. disinilah potensiometer melaksanakan fungsinya sebagai pengatur volume dan tone. Bagi yang merasa kurang jelas, boleh bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

Artikel Terkait

62 komentar

cara dapatin komponen² termasuk ic 741 itu dari mna bang ? apakah ada didalam vcd bekas / tv bekas ?

Cara kerjanya : Rangkaian diberi tegangan 9 volt. Signal masuk dari jalur input, difilter dan di tahan sebagian oleh Elco, kapasitor dan resistor. Kemudian signal diproses masuk kedalam bagian input IC. Fungsi ic ialah memboost/ mendorong signal suara agar lebih tinggi levelnya.

Setelah itu signal diproses dengan menambah komponen potensiometer untuk mengontrol IC, yaitu bagian adjust ( untuk mengkontrol gain)

Setelah itu signal keluar melalui bagian output yang mana untuk mendapatkan sound distorsi yang khas harus menambah dua buah dioda sama jenis yang dipasang secara berlawanan yang disebut dengan istilah clipping diode. Memasangnya tetap pada jalur output dan jalur ground. Dan disematkan bberapa komponen nonaktif seperti resistor dan kapasitor sebagai pedorong frekuensinya audionya.

Yang terakhir ialah penyambungan dari jalur clipping diode ke potensio. Lalu output keseluruhan sinyal suara pada efek ini ada pada dua titik yaitu dari potensio dan tentunya dari jalur ground.

Klo untuk nyari yg bekasnya tentu tidak ada di tv bekas maupun vcd bekas.

Itu ada di beberapa merk ampli bekas khususnya pada bagian tone control ampli bekas tersebut.

Namun bila ingin mendapatkan ic 741 yg baru, belilah di toko2 sparepart elektronik dikota masbro.pasti ada. Karena komponen jenis tersebut cukup sering digunakan dalam dunia audio elektronika.

Gan maaf itu inputnya di mana, kurang jelas?

mohon pencerahannya bang, untuk input dari gitar sama output, terus nyambungnya batre sebelah mana? makasih bang

Dicermati dengan teliti.. Input ada diatas angka 9 volt .tertulis "IN"

Input dan output sudah tertera jelas di gambar. Nyambung batere juga sudah jelas pada gambar.

Input + ground
Output + ground
9volt + ground

Jalur ground pada rangkaian adalah negative

Klo noise sih pasti ada bro. Tapi untul menanggulangi noise yg berlebihan ada beberapa cara :

1. Pastikan sumber tegangan/adaptor menggunakan sistem clean dan regulator. Adaptor sembarangan akan memperbesar noise.

2. Usahakan setiap kabel ground pada rangkaian lebih tebal daripda kabel yg bukan ground.

3 komponen seperti ic harus menggunakan yg original. Skrng ini bnyk ic yng palsu.

4. Usahakan pakai kapasitor jenis MKM atau MKP. Bentuknya kotak. Kapasitor ini lebih teliti pembuatannya sehingga mampy meredam tegangan yg ngaco pnyebab terjadinya noise.

Semoga bisa membantu.

om soal komponen C kita turutin Nama / uf & volt ? untuk yg R turutin sesuai Nama / garis² nya ..

Mau tanya bang, itu dioda zener-nya pake yang berapa volt?

Yang penting kode nya sesuai bro. pake yang 4148. tegangan nya antar 6 - 12 volt.

Om mau nanya cara bedain positif negatif kaki kapasitor polyester/keramik gimana ya om
Thank's

Kapasitor polyster maupun keramik tidak punya negatif positif bro. Sama saja kakinya kiri kanan

Om aku dh siapa rakit nih tpi dia gk bisa
Klo tidak aku minta nomor hpnya bsa gk om
Atau email saya
Di
bej.bejo.5@gmail.com
Trimakasih sblmnya om

Hanya bisa komunikasi via web ini saja bro.

Punya saya kok gk bsa ya om
Komponen n pletakan part jg dh sesusai gmbar
Mohon pencerahannya om

kalau emang semuanya sudah sesuai gambar, seharusnya berfungsi bro. tapi jika nggak fungsi juga, mungkin ada kesalahan dalam :

1. Penyolderan IC. Nyolder IC itu gak boleh terlalu lama, IC itu cepat rusak kalau panas. COntoh menyolder IC yang aman adalah solderlah kaki pertama atau kaki yang manapun jangan lebih dari 3 detik. setelah itu jangan langsung menyolder kaki IC selanjutnya. tunggu beberapa saat agar IC dingin dulu. lalu lanjutkan menyolder kaki berikutnya.

2. Perhatikan posisi atau letak IC, apakah sudah betul.

Ok mas makasih
Cara nyolder ic yg jos gmn ya mas

Cara nya ya itu bro udah ane tulis di jwabN koment ..

Trus utu resistornya cuna 3 macam aja y
1 M , 10 K , 1 K aja ya mas
Trus R5 sama R3 di gambar 1M tpi kok beda ya sama buatan mas kok gk 1 M??
Ic UA 741 sama LM 741 beda gak om

Maaf ni om y saya banyak tanya soalnya dh lama gk nyolder ini mau bangun lagi
Makasih om

Tetap patokannya adalah skema pada gambar bro. Pada foto rangkaian pcb sesungguhnya, R3 dan R5 itu tetap 1M, gelang warna hijau tida kkelihatan mungkin karena faktor cahaya berlebihan.

IC UA 741 dan LM 741 itu sama bro. huruf depan itu ialah kode masing-masing pabrik yang membuatnya.

Makasih ya om bimbingannya efeknya sudah jadi jos top markotop om

Sukses sllu buat om

Om bisa request gak om
Minta rangkaian amplifer 600 Watt

Mungkin sekedar saran untuk penyolderan IC, kalo saya biasanya pake dudukan pin IC, jadi yang di solder dudukan Pin IC dan ga usah khawatir panas berlebihan. jika sudah selesai tinggal di tancapkan IC nya pada dudukan Pin IC.

Yupo, betul bnget bro. Thanks buat masukannya.

Mas capasitor yang 104 itu jnis apa

Trserah aja bro. Yg penting ukurannya 104. Tantalum, mika, polyster jg boleh

Klo suaranya biar lebih garang lagi gimana om

Ga bisa bro. Karna rangkaian ini emang khusus distrorsi type overdrive. Overdrive itu distorsinya gak terlalu gahar. Karena lebih condong ke distorsi blues.

Aq jg pengen buat nih, skema dan komponen uda jls. Kebetulan sy jg baru beli gitar.
Mksh postinganx bro

Mas, aq uda slesai buat sesuai dgn petunjuk, pertama ga work, sy bongkar lagi dan solder lagi, ternyata lsg work mas..swaranya jg luamayan bagus.
Skarang sy mau cb tambahin preamp mic.. Kira2 bisa ga ya

Bisa bro, distorsinya bisa lebih tinggi gain nya. Namun noise tetap gak bisa dipungkiri.

Mas code kapasitor keramiknya berapa brapa aja?

Buat ngurangi noise gmn carax mas, o ya, preamp di psg depan apa belakang ya..

Sudah jelas tertulis di daftar komponen mas.

Buat ngurangin noise, pakai noise gate aja mas. Preamp selalu di depan.

Mas, punya rangkaian noise gate kah..?

Ane gak punya rangkaian noise gate bro

cobak otak atik dioda outpunya ganti dengan jenis2 lain untuk merubah karakter distorsinya

Maaf sebelumnya gan .. kalau untu input dari gitar itu yang di kapasitor apa bukan .. tolong jelaskan

itu kapasitor gan. Lambangnya kan C (Capacitor)

Gan, sy uda buat dan berhasil tp swaranya krg halus, gmn caranya agar swara lebih halus, sy nambah komponen apa dan dmn...mohon pencerahan...

mksdnya kurang halus gmna gan? setahu ane kalau yang namanya efek distorsi suaranya gak ada yang halus. namanya aja udah distorsi.

saya bikin dah berhasil bos cukup puas.klo mau di kasih swit on of gimana ya bos

Subscribe aja chanel yutub ane bro.. agar dapet info postingan videonya

Oke mas, buat langsung jadi, pake komponen bekas semua, power suply nya pake aki, bersih lumayan,

Sipp..mantap mas arul... mkasih udah mampir di blog ini...

mas,saya mau tanya, TL 072 itu termasuk amplifier kelas apa ya? dan selain TL072, apakah ada IC lain dengan 1 tingkat diatasnya atau lebih untuk dibuat di rangkaian efek distorsi? krna saya pakai TL072, untuk suara bass nya kurang cadas, trimakasih

TL072 itu juga termasuk ic operational amplifier(op amp) dengan noise yg rendah(low noise)

sebenarnya masih bnyk jenis ic omp amp seperti 4558D, 741, TL 061, untuk mmperoleh distorsi yg mumpuni biasanya pakai Ic 741..

Maaf gan mau nanya kalau mau dipasang indikator lampu led letaknya dimana ya mohon penjelasannya makasih sebelumnya gan

Mantab ane dah buat dan berhasil meskipun butuh 3x rombak karna gagal tapi yg penting akhirnya berhasil dan suara mantab...
Thanks slurrr

kalo pake ic tl701 itu sama ga skemanya

@Qmak .. sama bang... pin 741 dan 071 itu sama .. dan emang sama2 dual op amp. jangan lupa kunjungi Channel youtube kita yah.. klik aja tombol yg ada dibawah postingan.

bro ic nya d ganti tl 072 bisa...?

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.