Rabu, 04 Oktober 2017

Mengenal dan Merakit Efek Tremolo Untuk Gitar

Mungkin diantara kalian pernah mendengar lagu 'Aku Bukan Pilihan' milik Iwan Fals, kemudian lagu 'Jika' miliknya Melly Goeslaw feat Ari Lasso. Pada intro lagu tersebut, alat musik yang paling pertama sekali dimainkan adalah gitar. Suara gitar tersebut agak berbeda dengan yang biasanya kita dengar karena bunyinya bergelombang mengayun tertahan namun terdengar merdu. Gitar tersebut menggunakan efek yang disebut Tremolo. Kedua judul lagu barusan hanya merupakan sedikit contoh lagu yang menggunakan efek tremolo, sebenarnya masih banyak lagu yang lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Jika ditinjau dari asal kata dan artinya, tremolo berasal dari bahasa inggris yang artinya getaran. Ini seolah tidak nyambung dari sisi fisikanya karena getaran ada pada setiap benda yang berbunyi tidak hanya senar gitar saja. Dan seandainya gitar tidak menggunakan efek tremolo, tetap saja terjadi getaran jika gitar tersebut mengeluarkan bunyi apapun dari berbagai jenis audio efek.

(Baca Juga : Cara Membuat Efek Distorsi Untuk Gitar)

Tapi penamaan efek tersebut memang sudah dari sononya mau dibilang apa lagi, tetap kita harus mengikutinya agar seragam dengan penamaan internasional karena di negara manapun, efek tremolo tetap disebut dengan nama yang sama. Pada gitar elektrik suara tremolo bisa dihasilkan dari dua cara yaitu dengan menggoyang handle yang terdapat pada floating bridge. Yang kedua dengan menggunakan efek khusus. Fungsi efek gitar Tremolo ialah menghasilkan suara gitar yang terdengar mengayun dan merdu pada ampli.

Skema Rangkaian Efek Tremolo


Mengenal dan Merakit Efek Tremolo Untuk Gitar

Para gitaris banyak yang menggunakan efek jenis ini untuk memperindah sound gitar mereka dipanggung. Efek ini juga tersedia pada multiefek, namun kebanyakan gitaris profesional menggunakan stompbox atau efek tersendiri yang khusus mengeluarkan bunyi tremolo. karena dinilai sound yang dihasilkan lebih real atau nyata dan tingkatan levelnya ke jenis efek lainnya juga bisa diatur besar kecilnya secara manual melalui knob potensio yang ada pada efek tremo tersebut. Kemudian cepat lambat ayunan suara bisa diatur pada knob speed.



Pada tulisan kali ini, saya akan memberikan panduan bagaimana cara merakit efek khusus yaitu efek Tremolo. Rangkaian ini tentu sudah diuji dan terbukti berhasil. layout PCB nya tidak terlalu ribet dan komponennya juga tidak sulit untuk dicari di toko sparepart elektronik yang ada di kota sobat sekalian. Perhatikan gambar dibawah ini dengan seksama.


Persiapan komponen dan pembuatan PCB

Berdasarkan skema atau layout diatas kita dapat mengetahui bahwa ada empat  jenis komponen yang digunakan yaitu Transistor, Resistor, Kapasitor dan Elco. Gambar sengaja diberi tanda panah untuk tiap komponen karena jika nilai dan nama komponen dituliskan pada gambar maka jalur pcb akan tertutup, ini akan menyulitkan. Oleh karena itu tanda panah akan memudahkan pembaca untuk merakit efek tremolo ini.

NB : Kunjungi Chanel yutub kami, akan ada update video buat sobat semua

Satu hal yang paling penting untuk diperhatikan agar jangan sampai lupa dengan posisi letak TR2 yang berbeda dengan letak TR lainnya. Sobat bisa menggunakan 4 buah transistor jenis 2N5088 atau jika sulit dicari, gunakan empat buah transistor jenis 3904. Untuk lebih meminimalis noise dan menghemat konsumsi kuat arus atau ampere dari adaptor, disarankan pakai resistor gelang warna yang ukurannya watt agak kecil yaitu 0,5 watt.

Untuk mempermudah pembuatan PCB, terlebih dahulu layout diprint dengan cetak tebal, agar ketika di fotocopy, hasil cetak jalur pcb nya tebal, jelas dan tidak ada yang buram. Mengapa harus difotocopy, ini berguna karena partikel atau pigmen tinta yang ada pada tinta fotocopy dapat melekat pada tembaga PCB polos. Tempelkan layout pcb yang udah difotokopi ke permukaaan tembaga pcb lalu, panaskan dengan setrika secara merata dalam waktu kurang lebih 5 menit.

Setelah itu, kertas layout pcb akan lengket pada tembaga pcb, masukkan kedalam ember berisi air selama kurang lebih 10 menit. lalu angkat dan kertas dicabut pelan-pelan, maka pigmen tinta potokopi akan melekat pada pcb sesuai jalurnya. Agar lebih lengkapnya, kalian bisa melihat video di yutub tentang membaut pcb dengan sistem setrika. disini tidak akan saya bahas lebih jauh karena artikel ini fokus untuk merakit efek tersebut.

Untuk menyambung potensio saya rasa anda semua sudah mengerti karena pada gambar sudah sangat jelas penomoran kaki potensio. Setelah itu untuk menyambungkan ke switch DPTD atau 3PDT, sobat bisa melihat cara penyambungannya pada artikel atau tulisan yang sebelumnya dalam web ini. Silahkan klik kata kunci switch pada kolom pencarian, maka akan ketemu artikel yang memberitahukan cara menyambung rangkaiana efek ke switch.

Artikel Terkait

4 komentar

In nya masuk kemana itu om? Kok ga da komponen

Sory klupaan bro. Kasih Resistor 47K aja.
Mklum masih sibuk bnget ni. Blm smpat memperbaiki gbr nya.mkasih udah di ingetin...

Maaf saya pemula tpi pngen belajar,,mau tanya misalkan pemasangan resistor'nya kebalik ngaruh ngga,,??

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.