Minggu, 22 Oktober 2017

Pengenalan Secara Detail Tentang Efek Vokal

Didalam dunia musik, ada kalanya vokal harus menggunakan efek dan ada kalanya tidak harus pakai efek. Namun pada umunya atau yang paling sering terjadi ialah vokal selalu diberi efek. Bila suara si penyanyi pas-pas an, penggunaan efek sangat menguntungkan, dia akan kaget, ini kok suara saya tiba-tiba merdu.


Bila suara si penyanyi memang pada dasarnya sudah bagus dari awal, dengan memberikan penambahan efek akan membuat suaranya makin terdengar sempurna dan indah di atas panggung. Yang bertugas untuk memberikan nuansa efek ini adalah perangkat yang disebut dengan mixer.

Apa sebenarnya efek yg bisa memperindah suara tersebut?


Ini tentu menjadi pertanyaan yang terus menerus terngiang bagi orang yang belum mengerti sama sekali namun berniat ingin membeli efek vokal. Kita harus tahu bahwa efek vokal yang sesungguhnya itu terpisah dan berdiri dengan satu perangkat. Bentuknya mirip Vcd namun memiliki banyak knob dan tombol yang sangat rumit. Harganya pun sangat membuat kantong bolong. Sekitar 3 sampai 5 Jutaan.

(Baca Juga : Cara membuat efek delay untuk gitar maupun Vokal)

Sebenarnya, efek yang dibutuhkan untuk vokal itu pada umumnya adalah 2 karakter yaitu Delay dan Reverb. Tidak ada karakter efek lain menurut saya. Terkecuali si vokal ingin bikin suara-suara aneh ya bisa saja seperti menambah alat yang dinamakan talk box. Namun ini sudah sangat jarang digunakan.

Bagaimana Hubungan Mixer dengan 2 karakter efek ini?


Mixer audio yang baik adalah mixer yang mempunyai kedua karakter efek ini pada masing-masing channel, mulai canel 1 sampai seterusnya. Maksud saya ialah, dalam setiap chanel terdapat knob reverb dan delay.

Seperti yang saya perhatikan di lapangan, masih ada mixer yang knob delay, reverb nya ada pada bagian panel utama. Artinya kedua knob tersebut digunakan untuk semua chanel. Jika delay atau reverb di setem sedemikian rupa, maka seluruh channel akan ber delay dan reverb, termasuk channel buat perkusi, keyboard. Bayangkan jika keyboard atau perkusi anda ber delay suaranya saat manggung.

Ini serba salah. Jika delay dan reverb dihilangkan maka si vokalis akan cemberut sambil berkata dalam hati, ini sound nya kurang asyik ih. Jalan satu-satunya mixer harus diganti agar suasana manggung lebih nyaman. Jika diantara teman-ada yang ingin memiliki efek vokal fengan harga terjangkau murah, saran saya gunakan efek gitar reverb dan delay. Ini sudah pernah saya coba dan hasilnya tidak jauh beda dengan yang ada pada mixer profesional.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.