Rabu, 07 Desember 2016

Memahami Soundcard Dalam Dunia Rekaman

Di zaman yang sudah maju sekarang ini, dunia musik sangat dimudahkan dalam melaksanakan kinerja untuk mencapai hasil musik yang lebih baik dengan cara yang praktis karena dengan software maupun hardware yang sudah canggih membuat  pekerjaan para musisi maupun sound enginering menjadi terasa lebih praktis dibandingkan dengan zaman sebelum tehnologi maju.

Memahami Soundcard Dalam Dunia Rekaman

Salah satu perangkat audio bertehnologi canggih yang akan kita bahas adalah Sound Card. dalam dunia rekaman, peranan alat ini sangat penting, yaitu memproses signal audio dari mixer dan menyalurkannya secara baik dan akurat menuju Sound Card Internal Komputer atau Laptop. setelah itu, signal audio akan diproses ke dalam software audio pada komputer seperti Fruityloops, Nuendo, Cubase, Pro Tools dan lain sebagainya.

SUBSCRIBE channel Youtube kita "Elektrokita TV"

Soundcard dihubungkan ke Laptop atau Komputer


Dengan menggunakan Sound Card eksternal seperti gambar di atas, maka proses rekaman akan lebih terjaga kualitas audionya sebelum proses mixing dan mastering dimulai, sehingga tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak untuk mengusahakan kualitas audio yang bersih dan padat. Sound Card itu ada dua jenis yaitu Internal dan eksternal. didalam Komputer atau Laptop sudah terdapat Sound Card Internal bawaan dari pabriknya.

Sound Card ekternal salah satunya adalah seperti gambar yang ada diatas. ada banyak merk untuk perangkat audio yang satu ini. untuk lebih memahami tentang panel yang terdapat pada Sound Card, ada baiknya kita perhatikan gambar dibawah ini. bila dirasa kekecilan, silahkan di pencet agar membesar gambarnya dan kelihatan tulisannya.

Memahami Soundcard Dalam Dunia Rekaman

Sound card dibawah ini merupakan salah satu perangkat audio rekaman yang masih sering digunakan oleh para musisi karena selain simpel, fitur dan spesifikasinya juga terbilang cukup dengan harga yang tidak terlalu mahal. Untuk mengoperasikannya kita tidak perlu laptop atau PC dengan spesifikasi tinggi. Laptop dengan spesifikasi sedang juga support untuk sound card ini.

Gambar sound card diatas merupakan perwakilan saja, karena sebenarnya ada banyak merk Sound Card yang bentuk nya berbeda-beda pula. tapi sebagian besar dari antaranya memiliki panel yang sama, yaitu terdapat line in, line out, headset dan line mic. Bagian ini yang penting kita ketahui sebab jika salah menghubungkan maka signal audio tidak akan dapat di proses dan suara tidak akan keluar.

Bila kita perhatikan, line in pada SC diatas ada dua bagian dan masing-masing bagian terdiri dari dua jalur audio yaitu R dan L (Warna putih dan merah) . ini harus disambungkan ke bagian output mixer audio. sedangkan line in yang satunya lagi bisa dita hubungkan langsung ke output perangkat efek atau ke line out keyboard maupun line out amplifier. namun tidak boleh disambung sekaligus. pilih salah satu perangkat saja. mau pake efek, keboard atau ampli, pilih salah satu.

Dipasaran ada banyak sekali model atau merek sound card, mulai dari harga yang paling murah dan harga yang paling mahal. Biasanya ketika kita membeli sound card eksternal, telah disediakan sebuah cd driver untuk diisntal ke laptop atau komputer agar kita dapat mengoperasikan sound card untuk keperluan rekaman. Bahkan ada merk sound card yang sudah terdapat cd driver yang mana software driver tersebut sudah sekaligus merupakan software rekaman.

Konfigurasi antara perangkat audio ke PC atau Laptop


Untuk Line mic telah disediakan pada Sound Card diatas walaupun sebenarnya line mic bisa kita peroleh dari mixer, sebab mixer sudah terhubung dengan soundcard seperti yang dijelaskan diatas. namun adakalanya yang disambungkan hanya line out dan lin in Sound Card saja. kalau untuk mic, gitar dan keyboard bisa diambil dari mixer. menurut saya ini tergantung dari selera masing-masing sound enginering.

Memahami Soundcard Dalam Dunia Rekaman

Illustrasi yang saya berikan diatas merupakan konfigurasi sebenarnya dalam penyambungan kabel pada studio rekaman mulai dari mixer sampai ke komputer. untuk penyambungan yang benar, hanya ada dua syarat yang harus kita fahami yaitu line out dan line in masing-masing perangkat baik itu mixer, sound card, pc dan monitor speaker. sesederhana itukah? saya jawab iya. karena setelah line out dan in terhubung secara benar, maka tinggal menyambungkan saja microphone maupun gitar atau keyboard dan instrumen lainnya.

Mengenai monitor studio akan saya jelaskan. perangkat audio yang satu ini digunakan pada saat proses mixing audio, yaitu editing audio pada saat proses rekam suara sudah selesai dilakukan . suara kita sudah masuk ke dalam software atau program yang ada dalam komputer.

Artikel Terkait

2 komentar

Salam knal mas danil, bahasan nya menarik, mksh info nya. Skalian nih mo nanya,tkut salah beli, kalau soundcard rekaman apakah bisa untuk karaoke online di android(smule), atau btuh mixer ya.. Soal mo beli bingung, mohon pencerahan dan saranya mas.Sukses slalu mas danil.thx..

Salam knl juga mas. Thx udah berkunjung ke blog ini. Menjawab pertanyaannya, kalo untuk smule'an di android saya rasa tidak perlu pakai sound card rekaman. kalau ditanya apakah bisa atau tidak, jawabannya "tidak bisa" karena untuk proses direct dari sound card atau mixer ke handphone agak sulit sebab line in HP android support thdp jack mini dengan 4 jalur signal yaitu ground, line mic, line speaker kanan, dan line speaker kiri. sementara pada soundcard atau mixer tidak terdapat soket line in yg suppoert terhadap jack mini 4 jalur. seharusnya agar antara hp dan soundcard bisa terhubung, harus terdapat colokan yang sama seperti HP pada soundcard, namun setahu saya sound card merk apapun tidak ada yg memiliki lobang colokan 4 jalur didalamnya persis seperti Hp android.

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.