Sabtu, 03 Desember 2016

Memahami Pickup Selector Switch Pada Gitar elektrik

Pada pembahasan kali ini, akan saya jelaskan tentang switch gitar serta cara kerjanya. bila ditinjau secara umum, sistem selector switch ada tiga yaitu 3, 4 , 5 way switch system. beda sistem switch maka berbeda pula penginstalasiannya. karena sejujurnya ada banyak merk gitar didunia ini yang memiliki wiring berbeda antara satu dengan yang lainnya. karena memang pada kenyataannya dalam dunia audio elektronika, pengembangan dari sistem switch itu sangat banyak sekali, apalagi dalam instalasi gitar atau bass elektrik.

Mengenal tentang switch pickup selector

 

Dibawah ini merupakan sistem wiring yang pada umumnya digunakan


1. Three way switch

Switch dua jalur maksudnya ialah jika pada gitar atau bass memiliki dua pickup singel atau hambucker dan masing masing pickup tersebut ditempatan pada posisi neck dan bridge. contohnya seperti gitar yang dipakai slash. switchnya ada dibagian atas pada posisi gitar sedang dimainkan.

Switch tersebut di tekan kebawah untuk menggunakan pickup dibagian bridge saja. dan ditekan keatas untuk menggunakan pickup pada neck dan ketika digeser ke tengah atau posisi normal, itu artinya menggunakan semua pickup. namun untuk wujud asli switch untuk gitar model seperti gibson tidak sama seperti gambar yang ada diatas.

SUBSCRIBE channel youtube kita yah "Elektrokita TV"

  • Posisi 1 Switch Selector : Untuk membunyikan pickup pada bridge
  • Posisi 2 Switch Selector : Untuk menyalakan semua pickup, pada neck maupun bridge
  • Posisi 3 Switch Selector : Untuk mengaktikan hanya pickup dibagian neck saja.

Switch 3 way ada dua bentuknya yaitu toggle switch seperti yang ada pada gibson dan switch terminal cross atau geser seperti yang sering kita lihat pada gitar seperti fender, ibanez, washburn dan lain sebagainya. Pada dasarnya sistem terminal pada switch toggle dan terminal cross adalah sama. hanya bentuk fisiknya saja yang berbeda. way 1 adalah untuk pickup bridge, way 2 adalah untuk semua pickup dan way 3 untuk pickup neck.  Mari kita perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini.

switch yang digunakan untuk gitar gibson

Sebenarnya bentuk dari switch selector pada gitar elektrik maupun bass elektrik sangat beragam, tergantung merk dari gitar itu sendiri. Namun ada kalanya switch dengan bentuk yang sama dimiliki oleh beberapa merk gitar. Harga dari switch selector bermacam-macam, tergantung keasliannya. Harga bisa mencapai ratusan ribu. Oleh karena itu jagalah keawetan selector switch gitar anda bila tidak ingin merogoh kocek dalam.

Semakin mahal harga gitar yang anda miliki maka kemungkinan besar akan semakin mahal pula harga switch selector pickupnya. Teman saya pernah mengalami ganti switch untuk gitar yang dimilikinya, ketika ditanya harganya pada suatu toko di kota yang berjarak 3 jam dari kota kami, itu harganya sekitar 250 ribuan, sungguh mahal ternyata.


2. Four way switch

Ada bebrapa merk gitar yang menggunakan sistem switch 4 langkah/arah. ini biasanya terdapat pada gitar yang memiliki 3 singel coil yaitu Bridge, center dan Neck. masing-masing terpisah. namun ada juga beberapa merk gitar yang menggunakan  4 way switch dengan 3 pickup yaitu dua hambucker dan satu singel coil.

Hambucker ditempatkan pada posisi Bridge dan Neck, sedangakan singel coilnya ditempatkan ditengah/center. konfigurasinya adalah, switch geser kebawah (1)  untuk pickup di bridge, lalu geser satu langkah adalah untuk pickup tengah, lalu geser ke langkah 3 adalah pickup neck dan dan yang terakhir adalah untuk menyalakan semua pickup. namun sistem switch seperti ini tidak banyak diaplikasikan pada pembuatan gitar elektrik. Konfigurasinya adalah seperti dibawah ini

  • Posisi 1 Switch Selector : Untuk membunyikan pickup bridge saja.
  • Posisi 2 Switch Selector : Untuk pickup neck dan tengah.
  • Posisi 3 Switch Selector : Untuk pickup tengah saja
  • Posisi 4 Switch Selector : Hanya untuk mengaktifkan pickup bridge saja.

Gambar switch selector dibawah ini bisa digunakan untuk jalur semua jalur termasuk 4  way dan 5 way. karena semua konfigurasi pengkabelan ada pada switch ini. terbukti dari banyaknya pin/kaki yang dimiliki, yaitu 8 pin. cara penyambungannya sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

switch 5 way

(Baca Juga : Cara Instalasi Atau Wiring kabel Dalam Gitar Dan Bass)


3. Five Way Switch
Sistem ini memiliki 5 langkah atau lima pemilihan konfigurasi pickup. bila gitar memiliki 3 singel coil, maka pemilihan switchnya adalah sepderti dibawah ini.Konfigurasi ini juga bisa di aplikasikan kepada gitar yang memiliki pickup 2 buah hambucker dan satu singel coil. hambucker pada bridge dan neck sedangkan singel coil ditempatkan ditengah. gambar asli dari switch ini ada pada bagian atas artikel.

  • Posisi 1 Switch Selector : Maksudnya adalah yang digunakan hanya pickup pada bridge saja
  • Posisi 2 Switch Selector : Akan membunyikan pickup di bridge dan center/tengah sekaligus
  • Posisi 3 Switch Selector : Yang digunakan hanya pickup tengah/ center saja 
  • Posisi 4 Switch Selector : Membunyikan sekaligus pickup tengah dan pickup bagian neck.
  • Posisi 5 Switch Selector : Akan menyalakan hanya pickup neck saja.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada point nomor 2, bahwa switch 8 kaki bisa digunakan untuk konfigurasi 5 way dalam instalasi gitar. semua tergantung sebagaimana dasar elektronik dan kreatifitas kita. semua artikel dalam website ini sangat berkaitan, jadi disarankan untuk membaca kaitan artikel agar bisa lebih memahami. ayo kita lanjut ngobrol di kolom komentar saja. bila ada yang ingin bertanya, silahkan. koment akan dijawab setiap waktu.

Artikel Terkait

1 komentar so far

Sayang nya cara pindah koneksi didalam toggle switch 8 kaki justru ndak di bahas/di jelaskan

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.