Kamis, 04 Januari 2018

Beberapa Konektor Penghubung Pada Audio

Dalam sistem audio, ada bermacam macam konektor atau komponen penghubung antara perangkat audio yang satu ke perangkat yang lainnya. Tentunya menggunakan kabel sebagai perantaranya. Kualitas kabel harus diperhatikan agar tidak timbul bunyi noise yang mengganggu.

Beberapa Konektor Penghubung Pada Audio


Jack Mic/Instrument

Gambar diatas ini merupakan tiga contoh konektor atau penghubung audio yang biasa kita sebut dengan jack. Jack mic pasti sudah semua mengenalnya. Penggunaannya bisa untuk mic dan bisa untuk penghubung antara instrument musik ke ampli atau sound. komponen ini ada yang mono dan ada pula yang stereo. Namun ada kalanya menggunakan jack yang berbeda untuk ujung yang satunya lagi


Jack RCA

Jack RCA biasa kita temui pada bagian belakang panel Televisi dan VCD. Pada sistem audio, Penggunaan jack sering berpasangan dan sering pula cuma satu jack saja. Bila ingin membeli, Jack RCA banyak tersedia di toko elektronika lengkap dengan kabel penghubung sehingga kita tidak perlu menyolder sendiri. Pilihlah RCA dengan kualitas yang baik.


Jack XLR


Jack yang satu ini selalu di direct ke mixer sound system. Cirinya berkaki tiga. Ukurannya pas atau standard untuk semua merk mixer sound system, jadi tidak perlu takut salah ukuran saat membeli. Bila ingin membeli jack ini lengkap dengan kabel yang sudah terpasang, belilah di toko musik, karena toko sparepart elektronik jarang sekali menyediakan kabel set tinggal pakai. Kita dituntut untuk menyolder sendiri, padahal tidak semua bisa.


Kerusakan yang sering terjadi

Sebagus apapun jack yang digunakan dalam sistem audio, tetap akan mengalami keluhan beberapa tahun kemudian, apalagi jika kita selalu terkesan kasar ketika mencolok dan mencabut jack, maka lama kelamaan bagian dari jack akan mengalami Aus dan kendur. Jika ini terjadi maka akan terjadi banyak gangguan pada sistem audio kita.

Pada jack mic, sering terjadi kepala goyang. Bila ini terjadi maka sound kadang akan mengeluarkan suara berisik yang sangat mengganggu. Demikian juga pada jack RCA, jika bagian tengahnya kendur maka akan mengganggu. Demikian pula dengan jack XLR. Itulah beberapa nama jack yang sangat umum digunakan dalam dunia audio khususnya sound sistem. Terimakasih.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.