Jumat, 12 Januari 2018

Cara Membongkar Keyboard Yamaha atau Merk Lainnya

Membongkar sesuatu bila tidak sesuai prosedur, bisa berakibat fatal. Perangkat anda akan kelihatan cacat walau fungsinya masih normal. Bayangkan jika sebuah alat yang sobat miliki harus di isolasi atau ditambal, akan jelek kelihatannya. Oleh karena itu jangan sampai salah bongkar sesuatu.


Bercerita Sedikit Pengalaman

Kali ini saya akan ceritakan pengalaman membongkar keyboard yang kelihatannya susah namun sebenarnya gampang bila sudah tahu dimana letak kemudahannya. Awalnya saya begitu lama menemukan triknya. Pada saat itu kesing kibord nya hampir patah karena tenaga ekstra yang saya keluarkan.

Cara Membongkar Keyboard Yamaha atau Merk Lainnya

Saya akhirnya menghentikan tenaga untuk sejenak kembali berpikir dengan tenang bagaimana cara membuka kesing keyboard tersebut, apa lagi yang harus di buka, padahal semua baut sudah dilepas dari setiap sudut atau lubang yang diberi baut pada bagian pinggir keyboard.

Daripada stress gara gara mikirin cara bukanya, akhirnya saya memutuskan untuk beristirahat sejenak karena sudah lelah, sebab sebelumnya saya baru aja memperbaiki sound sistem si empunya keyboard. Setelah ngopi dan ngobrol ngobrol sejenak. Saya kemudian melanjutkan pencarian bagai mana cara bongkar keyboard.

Ketemu solusinya

Saya kembali bekerja dan mulai memandangi bagian mana lagi yang harus dibuka. Dalam pikiran saya, tidak mungkin di sebabkan oleh sekumpulan baut dan penutupnya yang ada di sebelah kiri bawah. Namun perhatian saya mulai fokus ke situ.

Cara Membongkar Keyboard Yamaha atau Merk Lainnya

Saya mencoba membuka semua baut penutup yang ternyata terbuat dari papan atau kayu MDF, sama seperti bahan pembuat speaker. Setelah semua terbuka, adalagi baut yang harus di cabut, seperti yang terlihat pada gambar diatas. 

Ternyata baut itulah penyebab mengapa kesing kibord susah dibuka. Namun jika tadinya saya tetap memaksa membuka pakai tenaga penuh, sepertinya bagian itu yang akan patah. Jadi benar-benar sangat membutuhkan ketelitian agar tidak merusak yang lainnya.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami.

Membuka kesing keyboard haruslah dilakukan dengan sangat teliti, jika tidak maka akan terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan yaitu bagian tertentu akan retak atau patah. Tentunya akan susah dicari penggantinya. Sungguh kurang enak jika bagian keyboard kita ada yang retak, tentu hal ini akan mengganggu pandangan mata

Itulah sedikit pengalaman saya saat membuka chasing atau kesing keyboard Yamaha. Mungkin cara membuka chasing tersebut bisa juga untuk kibord merk yang lain. Mohon maaf bila tulisan ini terkesan panjang atau bertele tele. Saya selalu menjelaskan sesuai pengalaman.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.