Senin, 23 Oktober 2017

Memahami Semua Jenis Karakter Suara Efek Gitar Dalam Musik

Pada umumnya, para gitaris indie maupun gitaris yang sering nongol di TV, mereka pasti memiliki efek yg di susun secara berurutan diatas suatu papan yang biasa disebut pedal board. Jarang diantara mereka atau bahkan tidak pernah ada yang menggunakan efek digital atau multiefek.


Banyak gitaris sudah merasakan perbedaan karakter sound saat menggunakan efek stompbox yang disusun sesuai urutan. Suara gitar lebih real dan lebih nendang dan tidak perlu khawatir tentang level volume. Ini akan membuat nyaman para gitaris saat beraksi di ats panggung.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami "Elektrokita TV"

Pernah saya lakukan pengecekan pada salah satu merk multiefek, saya ingin menyetarakan volume clean dan distorsi. Ternyata hasilnya tidak sesuai fikiran saya. Artinya sangat susah menyeimbangkan clean dengan distorsi. Waktu menyetem, perasaan sudah sesuai clean diset ke volume lebih kecil dari distorsi. Tiba-tiba pas maen di panggung, volume distorsi malah kecil dan clean tetap terdengar seperti biasa. Hal ini tidak akan kamu alami saat pakai efek stompbox.

Berbagai Karakter Suara Efek Gitar dan Penjelasannya


Baiklah, langsung saya bahas karakter efek yang ada dalam dunia pergitaran. Mohon di baca sampai kelar ya, agar tidak salah faham nantinya.

1. Booster

Efek ini memiliki karakter suara yang low distortion. Efek ini berfungsi untuk memboost atau meningkatkan singnal dari pickup atau spull gitar. Biasanya didepan booster terdapat efek distorsi atau overdrive. Saat signal gitar yang sudah di boost masuk menuju overdrive, maka sound gitar akan terdengar gahar.

2. Distorsi

Semua pasti sudah tahu tentang jenis karakter efek ini. Yang bisa bikin suara gitar menggelegar sehingga bikin tetangga komplain. Efek distorsi high gain yang masih asyik dipakai sampai sekarang ya Metalzone mt-2

3. Overdrive

Jenis karakter efek ini terdengar lebih smooth walaupun tetap ada rasa distorsinya. Namun gain nya tidak terlalu tinggi. Ini sering digunakan oleh para pecinta blues. Akan tetapi efek ini juga sangat cocok untuk melody lagu-lagu alternatif, pop rock.

(Baca Juga : Cara Membuat Efek Gitar Karakter Blues Distorsi)

4. Delay

Efek ini berguna untuk memberikan suara bergema dan berulang ulang. Penggunaan efek delay sangat berguna untuk mengatasi suara gitar yang terkesan kering. Jadi bila di beri sedikit efek delay, maka suara gitar akan terdengar merdu di speaker sound.

5. Reverb

Karakter suara yang dihasilkan efek ini adalah suara mirip dalam ruangan. Gitar yang menggunakan efek ini akan terdengar lebih bernuansa. Reverb biasanya dipadu dengan sound clean gitar dan delay. Jangan sesekali menyalakan secara bersamaan antara reverb dan distorsi. Dijamin tidak akan asyik kualitas suaranya.

6. Chorus

Di intro lagu Dream theater yang berjudul "Pull Me Under" sangat jelas John petrucci menggunakan efek chorus. Secara teknis, karakter chorus sama seperti ketika membunyikan satu senar pada nada yang sama tapi seolah ada 3 senar dengan nada yang sama dibunyikan. Padahal yang kita bunyikan hanya 1 senar saja pada gitar

Oleh karena itu setiap memetik senar gitar yang sudah di beri efek chorus, akan terasa suara seperti dobel dan terdengar lebih panjang. Jika seluruh senar gitar di genjreng maka akan terdengar ramai namun tidak berisik, justru terdengar sangat asyik.

7. Flanger

Menggunakan efek ini akan menghasilkan suara tambahan yang frekuensinya bisa naik dan turun secara otomatis dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan nada senar gitar, disisi lain suara gitar aslinya tetap terdengar normal. Namun perpaduannya terdengar keren. Kadang kala bisa mirip seperti suara helikopter. Sama seperti efek lainnya, efek ini bisa diatur atau disetem sedemikian rupa pada knob potensionya agar bisa disesuaikan dengan lagu.

8. Phaser

Efek ini pernah digunakan oleh Eddie Van Halen Pada solo gitarnya yang berjudul "Eruption". Efek yang satu ini karakternya sedikit mirip efek wah, namun efek phaser bisa di setem ke fase yang panjang sesuai selera. Coba dengar melody lagu "Asereje" setelah reff, akan terdengar sedikit melody gitar yang memakai efek phaser

9. Tremolo

Penggunaan efek tremolo banyak kita jumpai pada lagu-lagu yang ada di indonesia. Karakter efek ini ialah menghasilkan suara yang seolah terputus tapi nyambung kembali untuk fase getaran berikutnya.

10. Wah Stompbox

Sesuai namanya, efek ini tentu menghasilkan suara "Wah" saat senar gitar disentuh dengan pick. Penggunaan karakter suara seperti ini hanya pada saat tertentu saja. Bisa dikatakan sudah jarang ada yang menggunakannya karena orang lebih suka pakai pedal wah.

11. Wah pedal

Banyak gitaris blues menggunakan pedal wah. Karena dinilai sangat jujur dalam menghasilkan karakter suara "Wah" yang baik Dan lebih dalam nuansanya. Dalam pedal wah terdapat komponen dan beberapa sensor.

12. Amplifier Simulator

Jenis efek seperti ini sangat penting dimiliki gitaris. Karena ada kalanya di tempat show seperti acara nikahan, acara seminar, reuni. Itu pemilik sound nya tidak menyediakan ampli panggung. Jika si gitaris tidak pakai amp simulator, dan output efek langsung direct ke mixer, suara gitar akan terdengar mengecewakan. Dibutuhkan sebuah stompbox amplifier simulator untuk mengganti posisi ampli panggung dan suara gitar akan terdengar profesional.

Itulah beberapa jenis karakter efek stompbox yang dengan bermacam type suara yang sangat dibutuhkan para gitaris. Sebenarnya tidaklah harus membawa banyak efek untuk manggung, disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.