Selasa, 17 Januari 2017

Cara Membuat Efek Gitar Karakter Blues Distorsi

Pada postingan berikut ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara membuat audio efek berkarakter blues seperti yang digunakan oleh bebrapa gitaris blues terkenal baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Menurut saya sebenarnya tidak ada patokan yang pasti mengapa dikatakan karakter blues pada sound gitar dan mengapa jika bercerita tentang musik blues yang terlintas di benak kita adalah sound gitar dengan karakter overdrive atau penggunan gain efek yang tidak terlalu besar.

Karena siapapun musisi profesional pasti setuju bila memainkan gitar pada lagu blues tidak harus menggunakan efek dengan pemangkasan gain yang sesuai. buktinya banyak musik blues dimainkan dengan sound gitar yang clean bahkan tidak memakai efek sama sekali dan ada pula yang memainkan musik blues dengan efek yang berdistorsi tebal, artinya gain pada efek di semburkan semaksimal mungkin.

SUBSCRIBE channel youtube kita yah "Elektrokita TV"

Membuat PCB untuk efek berkarakter blues


Tapi karena mindset kita sebagai gitaris sudah terlanjur memahami bahwa musik blues sudah identik dengan sound gitar yang berdistorsi sedang ya menurut saya sih tidak masalah juga, karena memang pada kenyataannya hampir semua musik blues pasti disuguhi dengan karakter sound efek yang sedang kita bahas disini.

Yang pertama harus kita fahami tentang bagaimana cara membuat suatu efek gitar berkarakter blues ialah tentang clipping dioda dan pre amp. Dua blok inilah yang menyusun suatu efek berkarakter blues. Pre amp jika tanpa pemasangan clipping dioda maka sound yang dihasilkan akan terdengan clean atau biasa saja. perhatikan gambar skema dibawah ini.

PCB efek blues

Pada umunya clipping dioda dilakukan dengan memasang dua atau tiga buah dioda secara beralawanan dan pemasangannya dilakukan pada bagian akhir atau bagian output rangkaian. hal ini akan menimbulkan sound yang berisik namun konstan sebelum menuju bagian selanjutnya yaitu amplifier atau sound system.

Merangkai komponen dan mengintalasi rangkaian efek ke bagian panel


Pada rangkaian diatas telah saya gambarkan urutan tiap komponen dan dilengkapi dengan daftar komponen yang tersedia di toko sparepart elektronik di kota anda. IC 386 merupakan komponen utama yang berfungsi untuk memproses signal masuk dari bagian input. Komponen inilah yang merupakan induk dari pre amp.

NB : Jangan lupa Mampir Ke Chanel yutub kami

Setelah PCB berhasil anda tiru seperti gambar diatas, maka tahap selanjutnya adalah memasang komponen sesuai instruksi gambar dan  setelah itu anda lanjutkan ke proses pewiringan atau menyambungkan rangkaian ke socket jack, switch, Led dan sumber tegangan. Perhatikan gambar dibawah ini yang merupakan pengembangan secara lengkap dari PCB rangkaian yang pertama.

wiring efek gitar blues

Potensiometer bisa anda ganti dengan nilai yang lebih besar, saya sarankan menggunakan potensio yang 250 atau 500 K. Dengan menggunakan nilai potensio yang lebih besar maka potensi klimaks suara saat kita memutar potensio akan terdengar perlahan. Demikian pula sebaliknya, jika menggunakan potensio dengan nilai hambatan kecil maka perubahan suara efek akan terdengar tiba-tiba saat kita memutar potensionya.

Untuk perubahan karakter distorsi, kita bisa mengganti dioda dengan type yang berbeda. Beda tipe maka berbeda pula karakter berisik atau distorsinya. Untuk mengurangi atau menaikkan level distorsi bisa dilakukan dengan memutar potensi bagian drive. 

Untuk menambahkan switch 3PDT atau DPDT sebagai on off efek, bisa kita lakukan dengan mewiring dan mengambil sinyal dari bagian output, intput, sumber tegangan dan Led agar bisa secara otomatis diproses menggunakan switch atau saklar. caranya bisa anda lihat di artikel sebelumnya.


Demikianlah artikel ini saya suguhkan untuk anda para penghobi elektronika khususnya bagian audio musik. Bila ada kekurangan dalam penulisan saya mohon maaf yang sedalam-dalamnya. semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi anda semuanya. bila ada yang ingin ditanyakan silakan tulis dibagian kolom komentar dibawah ini,

Artikel Terkait

16 komentar

bang,kalo langusung ga make switch 3pdt bisa tidak?

Bisa banget bro.disambung secara Langsung aja.

Untuk jack in diambil darimana mas?

Untuk Jack in sudah tertera pada gambar bro...

udah pernah dibuat bang? kalau udah minta videonya dong bang buat denger suaranya. Terimakasih

Tentunya udah pernah ane bikin bro. Lihat videonya di canel yutub " canma rumabutar " ketik nama tersebut di kolom search yutub.

Kapasitor 4 nya yang berapa bro

Sorry kemaren kelupaan bikin c4 nya bro. c4 itu pake yang 100uf/16 volt. thanks.

buat kaki potensio ia kaki 1.2.3 yg mana bos

ane dah bikin bos sesuai tutor g yala ia.
buat kaki potensio 1.2.3 yang mana bos ane bingung

Pemasangan IC jangan sampai salah bro. harus faham mana negatif dan positif pada IC. lihat di google ada panduan PIN kaki IC apa saja ada kok.

Untuk potensio, sebenarnya udah jelas di gambar. tanpa saya tulis nomor kakinya pun harusnya udah ngerti. perhatikan angka pada badan potensio, nah berarti posisi potensio membelakangi kita. coba deh praktekin pada potensio asli karena pada potensio nyata tetap ada tulisan angka pada badannya. nah kalo sudah begitu, berarti masbro tinggal cocokkan aja kakinya. gampang kok.

Bolehkah sya minta nomor wa nya

Icnya klo pakai yg lain persamaannya apa bos
Jrc4558 apa bisa

Bisa.. asalkan persamaannya yah...
Jangan lupa kunjungi channel yutub kita agar dapet banyak info ttg audio musik "elektrokita tv"

Kaki ic no 1.. terdapat pada jalur yang mengarah ke sambungan tengah potensio bagian drive.

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.