Senin, 06 November 2017

Pemasangan Sound System Band Akustik Buat Hotel Atau Event Produk

Dewasa ini pertumbuhan usaha perhotelan sangat berkembang pesat. Tidak sedikit beberapa lokasi pertanahan yang akhirnya dibangun sebuah hotel megah diatasnya. Yang namanya akustik band itu harus tetap ada didalam sebuah hotel. Karena ini akan menjadi salah satu daya tarik pengunjung.

Pemasangan Sound System Band Akustik Buat Hotel Atau Event Produk

Suguhan system audio yang baik juga akan menambah kenyamanan pengunjung hotel. Tamu hotel akan kesal jika sound system dari musik live yang disuguhkan terdengar cempreng atau terlalu kuat. Tidak menutup kemungkinan tamu tersebut tidak akan mau berkunjung untuk menginap.

Apa Saja Perangkat untuk Band Akustik di Hotel atau event produk?


Berbicara tentang perangkat yang dibutuhkan untuk live musik akustik di hotel atau buat event produk secara kecil-kecilan, tentu tidak terlalu banyak yang harus di sediakan. Sebab kita tidak sedang ingin membuat suatu konser besar. Cukup sederhana saja namun terkesan Elegan. Yang dibutuhkan adalah Mic secukupnya, mixer audio, power audio, speaker.

SUBSCRIBE channel Youtube kita "Elektrokita TV"

Untuk mic saya rasa harus ada maksimal 5 set atau 5 buah. Dan merknya kalau boleh pakailah Mic yang kualitasnya diatas rata-rata. Biar mahal yang penting akan bertahan lama buat di pakai dan kualitas tetap terjaga.

Untuk mixer saya sarankan pakai yang 8 channel dan terdapat knob delay pada masing-masing channel. Jangan seperti mixer yang biasa kita lihat di beberapa tempat, yaitu delaynya hanya ada pada panel utama, jadi artinya ketika delay dinaikkan buat vokal, maka alat musik lainnya akan ikut ber delay.  Bayangkan kalau drum atau bass ada delaynya, tentu sangat mengganggu.

Untuk perangkat Power Audio, saya sarankan pakai yang 2000 Watt saja, tentunya dengan merk yang sudah terkenal, agar power bisa bertahan lama dan dengan kualitas yang baik. Jangan karna irit duit, akhirnya beli merk abal-abal, akhirnya belum nyampai setahun, power udah jebol. Speaker yang digunakan juga harus mumpuni. Minimal 2 box speaker untuk audience dan 2 box speaker buat monitor para pemain di panggung.

Bagaimana Cara Instalasi atau Menyambungkan kesemua perangkat tersebut.


Untuk menghubungkan perangkat yang sudah kita bahas di atas, saya rasa tidak terlalu rumit karena disini tidak menggunakan system Crossover seperti di acara besar di lapangan.

Jadi menurut ane, kita tinggal urutkan saja terlebih dahulu yakni Mic - Mixer Audio - Power Audio - Speaker. Setelah urutan ini benar, maka tinggal menyambungkan. Agar lebih jelasnya baca artikel yang sudah ditulis sebelumnya tentang cara instalasi sound system.

( Baca Juga : Bagaimana Cara Menghubungkan Perangkat Sound System)

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.