Minggu, 30 Juli 2017

Mitos Tentang Pengaruh Potensio Gitar 250K dan 500K Pada Karakter Suara

Kali ini saya akan membahas tentang potensiometer yaitu salah satu jenis resistor variabel dalam bidang elektronika. Yang perlu kita fahami dan sadari adalah bahwa potensiometer itu meruakan sebuah resistor yang bisa diubah nilali tahanannya menggunakan rotor yang ada pada resistor tersebut. Resistor adalah suatu komponen elektronika yang berfungsi sebagai penahan arus listrik yang mengalir melalui resistor itu sendiri.

Pengaruh Nilai Tahanan Potensio Gitar

Dalam dunia pergitaran atau bass, sampai sekarang masih banyak yang salah faham tentang penggunaan potensiometer ada gitar maupun bass. Hampir semua setuju bahwa nilai tahanan yang tertera pada bodi potensiometer itu berpengaruh terhadap karakteristik sound alat musik itu sendiri. Saya boleh katakan bahwa anggapan itu salah besar.

Saya adalah seorang gitaris dan juga seorang tehnisi elektronik. Berdasarkan ilmu dan pengalaman yang saya peroleh, maka dengan sangat berani saya mengatakan bahwa nilai tahanan yang tertulis pada potensiometer tidak berpengaruh sama sekali terhadap karakter suara gitar maupun bass.

Potensiometer Ibarat Bendungan Air


Mungkin anggapan yang selama ini salah merupakan dampak dari sugesti ketika melihat tone control pada ampli yang mana terdapat knob potensio pengatur high, low atau bass tereble dan volume. Yang akhirnya banyak yang menjadi salah tanggap, mereka mengira potensio lah yang menciptakan signal bass atau treble. Ini salah besar, potensio tidak memiliki kemampuan untuk menciptakan signal bass atau treble. Bahkan potensio tidak memiliki kemampuan sedikitpun untuk menambah volume. Anda kaget campur kesal pada saya atas pernyataan ini, Silahkan saja.

Potensiometer itu cara kerjanya seperti bendungan air yang artinya ialah air tidak dihasilkan oleh bendungan. Air itu sudah ada dan memiliki daya dorong dari sono nya namun bendungan menahannya. demikian pula pada potensio gitar. potensio tidak mampu menghasilkan kekuatan suara atau karakteristik, karena suara itu memang sudah kuat dengan karakteristik yang sama namun potensio menahannya.

Mengapa potensio tidak memiliki kuasa untuk merubah karakteristik tebal atau halus suara gitar saat terdengar pada ampli atau sound? karena memang didalam tubuh potensio tidak terdapat bahan dielektrik. Dalam potensio terdapat bahan karbon yang berfungsi untuk menahan arus listrik, bukan menciptakan atau menambah kekuatan arus listrik. Bahan dielektrik hanya teradapat pada Elco dan kapasitor. dan memang eclo dan kapasitor lah yang berfungsi memberi karakter suara hig, low maupun karakter twangky pada gitar dan semua perangkat audio seperti ampli dan sound system.

Mengapa pula potensio tidak dapat menciptakan volume suara? kita harus ingat bahwa ketika kita menaikkan level potensio sampai mentok, itu artinya potensio membebaskan semua arus listrik yang memang tadinya sudah ada, artinya bendungan sudah dibuka lebar-lebar.Maka timbullah suara yang maksimal. Ketika putaran kita kembalikan perlahan ke kiri maka potensio kembali menahan arus listrik sesuai nilai tahanan saat pergerseran rotornya.

(Baca Juga : Resistor Pasukan Penahan Dalam Sirkuit Audio Musik)

Pengaruh Nilai Tahanan Potensiometer Terhadap Pickup Gitar dan Bass.


Pertanyaan muncul lagi. Adakah pengaruh menggunakan potensio 250K atau 500K pada gitar atau bass?  Saya jawab, ada. Tentu ada, karena ketika gita pakai potensio 100K pasti berbeda dengan gitar memakai potensio 250K atau 500K. Ada 2 pengaruh nilai tahanan potensio dalam penggunaanya pada gitar maupun bass elektrik. Yang pertama ialah  ada pada laju perubahan level suara yang mendadak atau tidak mendadak. dan yang kedua untuk memblokir adanya kemungkinan noise dari pickup instrumen.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami

Jika potensio volume gitar kita rubah menjadi 100K maka saat menaikkan volume gitar, akan terasa mendadak atau cepat perubahan kekutan suara yang terdengar pada sepaker ampli walaupun potensio sudah kita putar perlahan. Namun jika menggunakan potensio yang lebih tinggi nilainya seperti 250K, maka suara akan terdengar perlahan naik saat kita memutar potensio secara perlahan, jadinya tidak membuat kaget.

Jadi semakin kecil nilai tahanan potensio yang digunakan pada gitar elektrik, maka semakin cepat perubahan kekuatan suara gitar yang terdengar ada speaker ampli, dan akan ada signal yang tertahan akibat dari nilai tahanan yang kecil yang menghubungkan jalur signal dan ground. Semakin besar nilai tahanan potensionya maka semakin lambat perubahan kekuatan suara gitar. Artinya suara tidak mendadak kuat. tetapi perlahan kuat sesuai putaran jari kita dan keluarnya signal suara akan lebih real karena hambatan antara jalur signal dan ground cukup besar. Saya kira hanya disinilah letak perbedaan menggunakan potensio biasa yaitu 50K atau100K dengan potensio 250K atau 500K maupun 1000K yang selalu digunakan untuk gitar maupun bass.

Perumpaannya adalah seperti jarak, Tentu akan cepat sampai menuju jarak yang 100 meter ketimbang 250 meter. Namun saya sebagai gitaris tentunya lebih suka manggunakan potensio 500K untuk gitar saya, karena volume akan terasa lebih perlahan saat dinaikkan levelnya. Asyik untuk menirukan suara biola, seperti di melody lagu "I Can't Stop Loving You" milik Van Halen.

(Baca juga : Suara Efek Gitar Enak Didengar di Panggung Tanpa Menggunakan Ampli)

Selain sebagai tahanan potensio berfungsi sebagai saklar Untuk Mute Line Input Ampi atau Sound.


Mungkin banyak yang tidak menerima pendapat saya ini. Lagi-lagi saya membuat statement yang aneh. Ups jangan ini bukan statement aneh, tapi ini adalah ilmu pasti yang logis. Saya akan meluruskan pengetahuan kebanyakan rekan gitaris yang selama ini masih banyak yang keliru tentang potensio untuk gitar dan bass elektrik. Mari kita perhatikan Wiring potensio gitar dibawah ini.

Wiring potensio volume gitar elektrik

Gambar diatas merupakan sistem wiring internasional untuk pemasangan potensio gitar listrik. bila sampai salah pasang satu kabelpun maka dijamin kontrol suara gitar akan terganggu. Perhatikan kaki kiri dan tengah. Disana terdapat sambungan kabel ke jack gitar, yang nantinya akan terhubung ke Amplifier menggunakan kabel jack. Jika potensio diputar kekiri, maka kedua kabel warna hitam akan terhubung total dengan kata lain secara tidak sadar kita telah meng mute kan atau istilahnya menutup pintu untuk signal apapun.

Didalam ilmu audio, jika kedua kabel line input dihubungkan, ini akan mengakibatkan vakum tidak ada laju signal dari jalur line tersebut karena pintu sudah ditutup. Namun bila ada jalur line yang lain dan dihubungkan ke gitar, amplifier akan tetap bersuara. Jadi disini potensio berfungsi juga sebagai saklar penghubung singkat line input amplifier agar ter-Mute. Ketika proses ini terjadi, maka sudah tentu pickup tidak bisa berbuat apa-apa karena pintu line in sudah tertutup. maka gitar tidak berbunyi sebagaimana mestinya.

Kemudian ketika kita putar potensio perlahan ke sebelah kanan, maka pintu perlahan terbuka. Laju signal dari pickup (Kabel Biru) akan masuk ke kabel hitam. Semakin potensio diputar hingga mentok sebelah kanan, maka inilah yang dinamakan suara maksimum. Maksudnya ialah potensio melepaskan semua signal dari pickup tanpa adanya hambatan. Karena kaki tengah (hitam) sudah menyatu ke kaki kanan (biru). Dan pasangan kaki biru dan hitam pada kaki potensio sebelah kiri sudah menyatu sebelumnya. Perhatikan dengan teliti gambar diatas.

(Baca Juga : Cara Menginstalasi Atau Wiring Kabel Dalam Gitar Dan Bass)

Kesimpulan dari pembahasan ini


Jadi berdasarkan penjelasan diatas daat kita simpulkan bahwa potensio sama sekali tidak memiliki otoritas atau kemampuan untuk merubah karakter suara high atau low bahkan untuk menambah kekuatan suara sekalipun. kekauatan masimal suara tersebut tadinya memang sudah ada, hanya saja ditahan oleh potensio. jadi ketika kita menaikkan level maksimum, itu artinya kita membebaskan laju signal atau membuka kekuatan maksimum yang selama ini ditahan oleh potensio.

Itulah penjelasan dari saya untuk meluruskan anggapan yang selama ini salah dibenak para gitaris maupun bassis. Sebelum menentukan suatu pendapat kita harus terlebih dahulu memahami secara detail dari suatu komponen dan cara kerjanya agar tidak salah menduga. Bila ada yang kurang jelas dari pembahasan diatas, saya sarankan untuk bertanya pada kolom komentar dibawah ini.

Artikel Terkait

14 komentar

Ini penjelasan yang paling masuk akal saya.. Terima kasih .

gitar ane ibanez prestidge h-s-h custom, gk ngerti wiring gitar, pot tone pakai potensio A 500 K, semakin tinggi noisenya kalau potensio tonenya semakin di lepas, di pot tone itu ada kapasitornya tp sepertinya kualitas jelek, ane berencana pakai kapasitor merek bagus seperti orange drop atau matshushita, apakah itu dapat mengurangi noisenya ?

terus ane juga gk ngerti untuk grounding pickupnya, ada yang bilang grounding itu bagusnya 1 muara saja, tp di wiring gitar ane yg pickupnya h-s-h, grounding kabelnya humbucker ke pot vol, sementara grounding kabelnya single coil ke pot tone, apakah itu memang wiring yang benar? sesuai pabrikan ibanez prestidge aslinya ya..

1. Sebenarnya Noise itu timbul dari pickpup dan kabel.

2. menggunakan kapasitor memang akan mengurangi noise namun akan merubah tone suara gitar. (jadi mendem suaranya)

3.penempatan kabel ground itu bisa ke badan potensio mana saja. dan itu sama saja.. dan yang namanya ground itu dimana mana pasti satu muara...

Gan mau tanya kalo pick up active pada bass
Itu pake pot a250k apa yang a500k

BAGI KaLIAN YANG INGIN PESAN ADAPTOR EFEK GITAR/BASS, BOLEH DI INSTAGRAM KitA @electsupply

mau nanya jg om. Kalo pickup singel coil kan cocoknya pake potensio 250k sedangkan humbucker biasanya 500k. Nah kalo Mini humbucker (seperti hot rail ato Little 59) itu cocoknya pake potensio ukuran brp? 250k ato 500k ya?

om kalo pickup mini humbucker seperti hotrail ato little 59 cocoknya pake potensio ukuran brp? 250k ato 500k ? trs perbedaan potensio harga 35rb sm yg 150rb itu gmn om?

ccoknya pake 500 K .

Trus yg mmbedakan antara 35 rbu dan 150 rb adalah kualitas potensio dan nilain tahanan nya.. tapi yg paling dignifikan sih kualitas potensio..

Apa spesifikasi potensio yang sesuai untuk gitar bass passive?

Saya mau tanya tapi susah jelasin nya soal nya GK tau nama nya, potensio yg atas bawah gtu puteran nya , buat bass
Saya Mao ngakalin sendiri udah nyari2 di google GK ada contoh nya

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.