Jumat, 01 Juli 2016

Cara Memperbaiki Catu Daya Adaptor Atau Power supply

Bagi yang sudah mahir elektronika mungkin bacaan ini tak berguna apa - apa. tapi saya yakin diluar sana masih banyak yang belum mahir dan berniat untuk mempelajari bagaimana cara memperbaiki seandainya mengalami kerusakan pada catu daya/ adaptor/power supply yang dimilikinya.

Cara Memperbaiki Catu Daya Adaptor Atau Power supply

Perlu diketahui bahwa catu daya,adaptor,power supply adalah sama saja. jadi jangan sampai bingung jika pada beberapa artikel sempat saya tulis tiga nama tersebut. itu hanya agar supaya kelihatan lengkap saja postingan artikelnyan. nama boleh beda namun memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan supply tegangan pada perangkat audio yang membutuhkan tegangan rendah seperti yang sudah saya tulis pada artikel  saya tentang Catu Daya Amplifier dimana saya telah jelaskan bagian yang pada umumnya ada dalam suatu catu daya pada perangkat audio elektronik.

(Baca Juga : Catu Daya Atau Supplier Tegangan Pada Amplifier )

Langkah mengatasi kerusakan Adaptor


Untuk mengatasi kerusakan pada adaptor ada beberapa bagian yang harus kita periksa yaitu kabel, sekring, Trafo, Dioda, Elco, Kapasitor, Resistor, IC regulator (bila ada) karena masih ada beberapa perangkat audio yang ternyata belum menggunakan IC regulator. Tahap pemeriksaan nya adalah seperti dibawah ini. perhatikan dengan seksama.

1) Memeriksa bagian Trafo ( Transformator)
Untuk memeriksa Trafo, dibutuhkan sebuah alat bernama Multitester. untuk mengetahui cara penggunaan nya boleh baca di artikel saya tentang Cara menggunakan Multitester. memeriksa trafo ada dua bagian yang harus dicek yaitu bagian primer dan sekunder. cara mengukur mengukur dua bagian ini sama yaitu sentuhkan probe multitester atu multimeter yang satu kebagian 0 volt lalu probe multitester yang satunya lagi di sentuhkan ke bagian 110 dan 220 multi tester. lakuan hal yang sama ke pengukuran bagian sekunder trafo. jika jarum penunjuk bergerak maka trafo masih dalam keadaan baik.

(Baca Juga : Cara Menggunakan Multitester)    

2) Memeriksa Dioda

Perhatikan apakah komponen ini dalam keadaan gosong atau tidak. sebenarnya komponen ini jarang rusak, dioda rusak ketika dia sudah gosong. ini menurut yang saya perhatikan. namun tidak ada salahnya untuk memeriksa apa betul dioda masih bagus sekalipun kondisi badannya masih utuh. mari kita cabut dioda terlebih dahulu dari rangkaian.

Sentuhkan masing - masing ujung multimeter ke masing -masing kaki dioda. lalu lakukan lagi dengan membali posisi probe multitester. jadi ada 2 posisi pengukuran. jika terdapat hanya satu kali jarum bergerak, berarti dioda dalam keadaan baik. jika tidak bergerak atau malah bergerak 2 kali. maka dipastikan dioda sudah mengalami short. maka lakukanlah penggantian komponen.

3) Memeriksa Elco

Ambil multitester atau multi meter, sama saja. sentuhkan masing - masing ujung probe nya ke masing2 kaki elco, jika jarum penunjuk bergerak tersentak lalu balik ke posisi semula/0, maka Elco dalam keadaan baik. namun jika jarum penunjuk tidak bergerak sama sekali atau bahan bergerak berlebihan, maka dipastika Elco dalam keadaan tanda tanya. lebih baik diganti saja agar kinerja rangkaian bisa sesuai yang diharapkan.

4) Memeriksa IC Regulator

IC tidak bisa diukur menggunakan Multitester untuk mengetahui rusak atau tidak nya. agar kita bisa tahu dia dalam keadaan baik atau tidak, memeriksanya harus pada rangkaian. artinya IC tidak perlu dicabut dan kita memeriksa tegangan masuk dan tegangan keluar saat rangkaian diberi tegangan listrik. jika pada bagian out IC menunjukkan tegangan yang kurang atau berlebih dari yang seharusnya dibutuhkan perangkat audio. berarti IC regulator harus diganti.

(Baca Juga : IC Pada Efek, Ampli, Sound System )

Penting untuk kita ketahui bahwa kerusakan tiap komponen manapun yang dijelaskan diatas akan menyebabkan dengung saat adaptor di hubungkan ke rangkaian audio. jadi bisa disimpulkan bahwa penyebab dengung yang diakibatkan oleh adaptor, pasti karena salah satu atau bahkan beberapa komponen diatas mengalami masalah yang serius.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami.

Sebelum melakukan pemeriksaan pada masing - masing komponen, terlebih dahulu faham tentang cara menggunakan multitester. silahkan anda tekan tulisan mutlitester berwarna biru yang ada pada bacaan diatas. agar lebih jelasnya teman -teman bisa bertanya pada kolom komentar dibawah. Terimakasih.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.