Jumat, 01 Juli 2016

Mengatasi Senar Gitar Akustik Semi Elektrik Tidak Seimbang Pada Ampli

Saat ini sedang ngetrend gitar akustik pake sistem equalizer di body. mungkin banyak diantara teman - teman yang sudah punya gitar  tersebut. memiliki gitar dengan sistem buzzer equalizer sudah menjadi tuntutan saat ini, karena sangat praktis digunakan untuk kegiatan/acara formal baik itu sekolah, kantor, reuni, acara rutin tahunan. tentu pasti ada yang menggunakan gitar akustik untuk bernyanyi memeriahkan acara.

Katakanlah anda dan teman ingin bernyanyi sebuah lagu diacara pentas seni atau seminar, atau acara perpisahan. bila acara itu tergolong besar dan menggunakan sound system, maka penggunaan gitar dengan spull equalizer sangat cocok. anda tidak perlu minta bantuan teman untuk memegang mic, kasihan kan, teman pegel tangannya nungguin lagu sampai kelar. iya kalau cuman 1 lagu, kalau ternyat ada sampai 3 lagu, bisa kesemutan tuh tangan.. :). pokoknya gitar dengan equalizer sangatlah praktis digunakan. tinggal colok, lalu bernyanyi dengan nyaman.

Mungkin bagi teman - teman yang punya gitar seprti itu pasti akan mengalami masalah pada gitar setelah 2 tahun pemakaian, itupun tergantung dari merk dan kualitas gitarnya. masalah yang paling sering timbul adalah, suara senar gitar tidak rata suaranya dengan senar yang lain alias tidak balance.suara ada yang kecil ada yang besar, tidak merata. ini penyebabnya ada 2 yaitu senar gitar, dan spull/koil yang tertanam di bawah brigde tempat bertumpunya senar gitar. lihat gambar dibawah ini dengan seksama.

posisi buzzer pada gitar akustik

Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa senar gitar bertumpu pada suatu benda putih lurus yang dinamakan ""Saddle". buzzer berbentuk lidi terletak dibawahnya. buzzer terdiri dari 6 titik berbentuk tonjolan kecil. posisi masing -masing senar gitar harus tepat diatas tonjolan buzzer . karena fungsi 6 tonjolan kecil tersebut adalah menangap getaran yang dihasilkan oleh 6 senar gitar. jika sampai salah satu senar tidak pas dudukannya tepat diatas tonjolan buzzer, maka dijamin suara senar gitar tesebut akan lebih kecil kedengarannya di speaker ampli atau sound system.

Proses menghantar getaran signal ke penguat audio


Di sisi lain, menggunakan senar dengan merk yang berbeda andara senar satu dengan senar yang lainnya pada gitar akustik semi elektrik seperti ini juga mempengaruhi besar kecil nya suara yang didengar pada speaker ampli, walaupun posisi dudukan masing - masing senar gitar sudah tepat. karena sudah tentu bahan baku setiap merk senar gitar pasti berbeda - beda.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami

Ini mengakibatkan kuatnya tekanan senar gitar pada saddle untuk menghantarkan getaran ke buzzer akan berbeda pula. oleh karena itu, cara mengatasi masalah suara tidak balance pada gitar akustik semi elektrik adalah jangan memakai merk yang berbeda - beda diantara 6 senar gitar. dan cara yang kedua. posisikanlah antara tonjolan buzzer dengan senar gitar secara tepat agar proses penyampaian getaran bisa sempurna.

(Baca Juga : Mengatasi Suara Senar Gitar Atau Bass elektrik Tidak Balance )

Buzzer adalah suatu komponen dalam audio elektronika yang  berfungsi untuk menangkap getaran suatu benda padat dengan cara bersentuhan langsung atau melalui perantaraan benda padat dan mengubahnya mengubahnya menjadi getaran listrik melalui proses amplifikasi audio. jadi sebenarnya selain menangkap getaran senar gitar, buzzer juga akan berbunyi jika diketok atau digesek.

Struktur yang terdapat didalam Buzzer


Buzzer terdiri dari dua pelat logam yang bersentuhan dan memiliki dua jalur output sinyal. alat ini menangkap suara berbeda dengan microphone dan pick up gitar. Microphone menangkap sinyal getaran melalui perarntaraan udara dan di tengkap oleh membran spull dan juga bisa menangkap sinyal dengan berentuhan langsung kepada sumber getaran.

Sedangkan pick up gitar hanya bisa menangkap getaran dari benda yang terbuat dari logam, bisa melalui perantaraan udara dengan proses elektromagnetik dan bisa juga dengan cara bersentuhan langsung dengan sumber suara yang terbuat dari logam. pick up gitar tidak bisa berbunyi sekalipun kita menggesekkan jari diatasnya.

(Baca Juga : Mitos Tentang Pengaruh Potensio Gitar 250K Dan 500K Pada Karakter Suara)

Sedangkan buzzer tidak bisa menangkap getaran apapun dari luar melalui medium udara. buzzer hanya bisa menangkap getaran suara melalui sentuhan langsung atau perantaraan benda benda apapun asalkan bukan air, api dan udara, buzzer akan menerjemahkan getaran yang diterimanya dalam bentuk suara bila dihubungkan ke perangkat audio.

Oke demikianlah penjelasan saya tentang bagaimana cara mengatasi masalah pada suara gitar yang tidak rata satu sama lain atau kecil sebagian bila dihubungkan ke perangkat audio. Bila menurut anda ada yang kurang jelas, silahkan bertanya di kolom komentar. terimakasih sudah berkunjung ke blog ini. salam damai indonesia.

Artikel Terkait

12 komentar

senar ane elixir pake yamaha apx 500 2 sebelum nys gada masalah, tapi tiba tiba senar satu saya ga balance suaranya sama yang lain.. gimanayaa buzzer aman aman aja kok

Ganti semua senar mas. Itu udah pasti karena ada masalah pada bahan senar elixir tsb. Zaman Skrng ini senar aja udah bnyk yg dipalsukan lho.terutama senar satu, ini paling sering. Diganti sama merk lain. Untuk mengantisipasi terjadinya hal itu, maka kita harus laih teliti saat beli. Buzzer itu sangat sensitif thdp tekanan tiap senar karena kekuatan tekanan senar pada buzzer tergantung bahan pembuatnya. kita jgn lupa bahwa tisp merek senar, pastilah berbeda campuran kandungan logamnya,walau ada bberapa merk punya campuran kndungan logam yg sama namun itu sedikit.Selama Buzzer masih aman dan belum pernah dibuka atau dipindah, itu pasti akibat senarnya.sekalipun senar masih baru. Yg pasti ada yg tidak beres pada senar satu tsb. Diganti keseluruhan aja mas. Thanks

Bang saya mau nanya nih, batre di equalizer saya mungkin abis kali ya soalnya saya cek lampu di equalizer nya gak nyala. Apa ini penyebab gitar saya tidak mengeluarkan suara ke soundnya?

Batere habis sudah pasti menyebabkan suara tidak keluar ke sound mas. Diganti aja baterenya

Kalo gitar saya output suara.a ke speaker kadang kenceng kadang pelan bgt... Padahal senar make satu set sama... Gimana ya cara ngatasinnya supaya output suaranya ttep stabil di speaker...

Itu bisa disebabkan :

1. Eualizer atau pre amp dibody gitar sedang dlm mslh sehingga proses penyaluran signal output ke ampli jdi tidak stabil.

2. Bisa juga disebabkan ada maslh pd ampli gitar

Sblm mengatasi problemnya trlbh dhulu hrus mndeteksi bgian mana yg brmasalah apkh preamp gitar atau ampli gitr.

Caranya colok gitar ke ampli yg lain.jika normal brarti preamp bgus. Brarti ampli dlm mslh. Mperbaiki ampli bisa search artikel saya yg lain di blog ini.

Namun jika tetap suara td stabil pada ampli yg lain. Brarti eq atau pre amp gitar dlm mslh.

Gitar saya mengalami suara tdak rata di sound bagaimana mengatasinya bang
Senar 6 suaranya kecil dri pda senar lainnya

Periksa posisi buzzer berbentuk lidi yg ada di bawah saddle.

senar no 4 ane ga bunyi sama sekali bang dicolokin ke sound, padahal merek senar semuanya sama

Itu pasti karena posisi piezzo buzzer yg ada dibawah saddle gitar posisinya udah bergeser sedikit..

Kunjungi channel youtube kita "elektrokita tv" .. disana akan kita bahas lebih banyak lagi.

bang mau tanya dong kenapa yaa gitar akustik saya pas rekording suaranya ada kya ngeresek gitu... tapi pas ga di bunyikan gitarnya suara ngeresek jga ga ada. pas bunyi lagi gitrnya ngereseknya kedengaran lagi

Maaf bang, gitar saya di sound kok gak keluar suara ya

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.