Sabtu, 09 September 2017

Cara Memperbaiki Layar LCD Keyboard Yamaha Dan Merk Lainnya

Keyboard adalah sebuah perangkat musik yang mampu menghasilkan tiruan bermacam-macam jenis alat musik. Mengunakan alat ini jelas lebih praktis bagi seorang entertainment karena tidak perlu membawa banyak alat musik dan personil pada setiap acara yang membutuhkan musik. Ditinjau dari segi harga, Kibod memang masih dalam kategori mahal, paling murah sekitaran 7 sampai 8 juta untuk keyboard yang baru dan layak show.

Cara Memperbaiki Layar LCD Keyboard Yamaha Dan Merk Lainnya


Salah satu jenis kerusakan pada yang sangat dihawatirkan oleh pemilik Instrumen ini adalah masalah pada LCD atau layar karena segala aktifitas jari kita akan di tuliskan pada bagian ini, mulai dari pemilhan style hingga pemilihan instrumen melodi. Hal yang ada umumnya terjadi ialah keyboard tetap bisa mengeluarkan sinyal suara walaupun layar padam. Kasus ini tentu sangat menjengelkan pemilik atau pemain kibod.


SUBSCRIBE channel YOUTUBE kami "Elektrokita Tv"


(Baca Juga : Membuat Amplifier Untuk Instrumen Keyboard)


Yang menjadi  penyebab layar rusak



Perlu kita ketahui bahwa alat musik multi yang sedang kita bahas ini, pada umumnya memiliki rangkaian beberapa blok rangkaian dimana rangkaian utama atau motherboard adalah sebagai tempat dimana sinyal audio di proses dan akhirnya bisa kita kontrol, rangkaian ini sangat sensitif terhadap arus yang tidak stabil.

Tonton juga Cara Memperbaiki Ampli Keyboard yang Rusak


Bagian atau blok rangkaian lainnya adalah board untuk memproses signal yang akan ditampilkan pada monitor atau lcd. Perpaduan komponen yang terdapat pada bagian board rangkaian ini juga sangat sensitif terhadap tegangan yang non stabil. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan adaptor tempat tegangan DC dihasilkan. tegangan yang tidak aman dari adaptor atau power supply bisa menjadi penyebab kerusakan layar lcd keyboard anda.

Namun tidak semua kasus seperti ini disebabkan oleh adaptor, bisa jadi karena bagian atau blok rangkaian regulator didalam kibod sedang dalam masalah. Blok inilah yang berfungsi sebagai pembagi tegangan pada semua bagian sirkuit atau rangkaian yang ada di dalam keyboard. Sebab tegangan dari adaptor yang sudah melalui bagian ini akan menjadi lebih stabil dan aman. Jika blok ini rusak maka arus dalam keyboard akan sangat menghawatirkan.

Satu hal yang bisa dikatakan penting ialah selalu menggunakan stabilizer saat mengoperasikan keyboard, karena Arus AC dirumah atau gedung atau bahkan genset itu masih bersifat bolak balik dan tidak stabil. Dengan stabilizer Arus AC akan stabil masuk ke adaptor keyboard lalu masuk ke bagian input tegangan pada kibod. Sehingga ini akan memperpanjang umur kibord kesayangan anda. Dibawah ini akan saya jelaskan salah satu cara memperbaiki layar keyboard yang mati berdasarkan yang pernah saya alami.


Cara yang perlu dilakukan dalam perbaikan LCD sebelum memutuskan untuk mengganti



Saya punya pengalaman memperbaiki layar keyboard yang kadang hidup kadang mati. Pada saat itu saya tidak langsung memvonis layar monitor sudah rusak dan harus diganti, karena yakin akan sulit memperoleh sparepartnya, kalaupun ada tentu akan sangat mahal sekali. Tanpa  berpikir panjang, saya langsung ambil alat ukur multi tester untuk mengukur tegangan yang masuk pada circuit lcd.


Setelah tegangan masuk dipastikan aman, lalu saya melanjutkan pemeriksaan terhadap kabel lainnya dengan menguji apakah ada kabel yang terputus. Kondisi kabel yang terputus tidak selalu akan bisa terlihat oleh mata. Bisa saja kabel memang terlihat normal tapi logam yang ada didalamnya terputus karena kualitas yang rendah dan pengaruh umur.

Ternyata dugaan saya benar, pada saat memeriksa semua kabel, ada salah satu yang tidak dapat dilalui tegangan alias terputus, ini diketahui dengan menguji menggunakan multitester, jarum penunjuk pada tester tidak bergerak sama sekali, seharusnya ada pergerakan.

Tidak berlama-lama, saya langsung cari posisi tempat putusnya logam dalam kabel dengan cara memijit sambil menghubungkankedua ujung kabel dengan kedua ujung tester, ketika mengurut kabel pada bagian tengah, jarum tester bergerak, berarti disinilah letak putusnya kabel. Langsung saya potong bagian tersebut sekitar 3 centimeter, lalu menyambungkan kembali menggunakan solder. Alhasil LCD keyboard menyala dengan normal.

(Baca Juga : Bagaimana Cara Mengetahui Kabel Yang Putus)

Cara diatas bisa diaplikasikan ke semua jenis atau merk keyboar baik itu Yamaha, roland, korg, casio, dan lain sebagainya. Jika seandainya cara yang saya lakukan diatas tidak membuahkan hasil, maka jalan satu-satunya ialah dengan melakukan penggantian layar lcd. Tentu sparepart yang satu ini sulit didapatkan karena hanya distributor resmi yang mungkin memilikinya.

Artikel Terkait

13 komentar

Salam kenal ..sy mau tanya ..klo misal LCD nyala tapi tex menu tampil sesaat dan menghilang seblm sy sempat menu selanjutnya..dan sound tdk keluar dari semua tuts yd ada...mhn pencerahannya..atas terima kasih email
Jenis keyboard Roland D70

efendyjusuf@gmail.com

Salam Jusuf Efendy Jakarta.

Trima ksh bro.sangat membantu semoga TUHAN memberkati.keyboatd ymh psrs 900 sama psrs 910 apa bedanya bro

Perbedaannya cuma di fitur serta beberapa penambahan sampel suara alat musik pada PSR seri S910.

Bng layar lcd keboard bk 3 saya rusak cman cahaya di layarnya ada tpi gk kliatan apa2, awalnya karna tombol fill dan ending na macet2 trus saya bongkar mungkin wktu membongkar itu ada yg konslet jdinya layar gk kliatan apa2

Sangat bermanfaat .bisa berbagai ilmu dengan orang lain sudah tentu amal baik yg di terima Amien...

Yamaha psr s950 saat on power normal /hidup. saat istirahat dan power keyboard di off. lalu beberapa waktu selang. di on kembali tp mati.total.kemudian dilepas soket arus power suplay di keyboard .dan bbrp saat soket power suplay di colok lg ke keyboard kemudian sy tekan tombol power on yg ada di keyboard lalu kembali' normal seperti biasa .dan seterusnya nya begitu .mohon pencerahan kasus dari keyboard tersebut terimakasih salam .

iya nih bang keybord 750 psr saya nyala normal semua tapi lcd nya putih bersih saat nyala tuidak kelihatan tulisan toolbars sama sekali saat manggung jadi panik sendiri,,mohon bantuannya,,,tury.ok

bang mohon infonya .yamaha .psr 2000 saya layarnya sudah agak pudar..kalu diganti mahal apa bisa bantu perbaiki..trimakasih

apakah bisa ya monitor Yamaha PSR A2000 disangi soket VGA ?

Bang psr s900 sya layarnya buram,tapi masih bisa kebaca,yg lainya normal.

Numpang tanya master.. Saya punya roland xp80 yg bermasalah..ketika mau di hidupkan kadang conect kadang tidak layar polos ga ada logo dan tidak dapat ber operasi.. Kira2 masalah/penyebabnya.??tolong jawaban nya

Lampu lcd psr s900 sy mati setelah sy bongkar untuk membersihkan tombol yg macet.. Ada satu kabel tunggal yg lepas tp saya ga tau lepasnya dari mana.. Mohon pencerahanya bro..

Lampu lcd psr s900 sy mati setelah sy bongkar untuk membersihkan tombol yg macet.. Ada satu kabel tunggal yg lepas tp saya ga tau lepasnya dari mana.. Mohon pencerahanya bro..

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.