Minggu, 27 November 2016

Bagaimana Cara Menghubungkan Perangkat Sound System

Kali ini saya akan menuliskan postingan tentang bagaimana cara menyambungkan ataupun menghubungkan perangkat audio soundsystem yang benar pada saat acara hajatan dilapangan atau acara seminar dll. ini sekalian ingin menjawab pertanyaan beberapa konsumen saya yang banyak diantaranya masih pemula dan benar-benar bingung bagaimana cara instalasi beberapa perangkat audio yang disebut dengan sistem suara atau sound system.

mixer audio

Ada beberapa diantara mereka yang memang orang konglomerat yang ingin membuka usaha sound system. ya memang secara dana mereka bisa, tapi belum tentu secara penggunaan dan maintenance, bagaimanapun mereka butuh orang - orang susah seperti saya ini, yang hanya bisa merakit dan memperbaiki. kalau beli jelas tidak sanggup. kalaupun ada duit yang cukup buat beli sound bagus, pasti istri ngomel, mendingan buat makan dan sekolah anak.

Beberapa perangkat penyusun Sound System


Perlu kita ketahui bersama, pada umumnya sound system itu bermakna beberapa perangkat audio yang dipadu menjadi satu jaringan/sistem, sehingga mampu menghasilkan kualitas audio/suara yang mumpuni. artinya adalah bukan sekedar keras atau kuat saja sehingga membuat berisik telinga pendengarnya, akan tetapi harus disertai pengaturan efek audio dan tone yang enak didengar walau sekeras apapun. lihat saja konser di senayan, banyak band rock baik dari dalam maupun luar negeri yang sudah show ditempat sebesar itu, dengan sound system yang tentunya luar biasa besar daya nya (watt)

SUBSCRIBE channel Youtube kita "Elektrokita TV"


Orang yang berjarak hanya beberapa meter dari speaker besar didepan panggung, tidak menutup telinganya, namun mereka asyik bergoyang menirukan tempo musik. itu karena event tersebut menggunakan sound system dengan kualitas mumpuni. walau keras tapi tidak membuat penonton terganggu. namun hal ini juga tergantung kepada kemampuan sound engineringnya.

Sebelum lanjut ke penjelasan menghubungkan perangkat sound system, ada baiknya kita mengetahui apa saja perangkat audio yang harus dihubungkan tersebut. karena pada umumnya semua event baik itu acara nikahan, acara festival musik, dan acara besar lainnya, itu menggunakan tiga unit perangkat audio yang nama dan fungsinya berbeda antara satu dengan yang lainnya.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami

Walaupun memang ada beberapa sound system yang hanya menggunakan dua perangkat audio saja, tapi kali ini saya akan bahas tentang penggunan dan penyambungannya secara umum saja, yaitu ada tiga jenis perangkat audio

1. Mixer Audio
Alat yang satu ini juga memegang fungsi penting yaitu sebagai pengontrol kualitas suara yang akan dihasilkan. tanpa piranti yang satu ini, jangan harap anda bisa mendengarkan pertunjukan yang memiliki sound systme ber' daya besar karena anda akan selalu menutup telinga karena berisik tak karu-karuan. namun dengan adanya mixer audio, maka telinga kita terasa nyaman mendengarkan musik, ceramah ataupun yang lainnya.

2. Bagian Equalizer
Penggunaan perangkat audio yang satu ini berfungsi untuk memperindah suara, tone audio diproses sangat detail bila melalui equalizer. frekuensi suara akan lebih di poles sedemikian rupa sehingga terdengar empuk ditelinga.

3. Bagian Crossover
Bila rental sound system hanya digunakan untuk acara kecil sampai menengah seperti pesta pernikahan, pentas seni, acara dangdut di kelurahan, saran saya tidak oerlu menggunakan crossover, karena yang digunakan harus crossover aktif, dimana menggunakan crossover aktif harus menambah power amp minimal dua set tergantung berapa jalur crossovernya. Kalau cross nya pakei tiga jalur atau three way, maka kita harus menyediakan power ampli 3 set.

Tidak hanya itu, kita juga harus menyediakan banyak box speaker pasif maupun aktif agar pembagian frekuensi dari crossover bisa terfokus. Namun itu tergantung pada kondisi keuangan juga, kalo mau pakai crossover ya silahkan, hasil audio tentu akan semakin bagus. Jika eventnya besar,saya sarankan harus menggunakan crossover aktif. Untuk mengetahui lebih detail tentang penggunaan crossover, silahkan baca artikel saya berikutnya.

(Baca juga : Seberapa Pentingnya Crossover Dalam Sistem Audio)

4. Power Amplifier
Perangkat memegang peranan penting dalam menghasilkan kedahsyatan suara yang dikeluarkan melalui speaker. menentukan daya sound system harus berpatokan pada bagian power audio. darisini akan kita ketahui sound system tersebut mampu mengeluarkan daya maksimal berapa watt. 20ribu watt, 50ribu wat, 100ribu watt, dan lain - lain.

5. Active Speaker Monitor
Dalam acara musik atau event besar lainnya, sangat sering kita temui speaker yang diletak diatas panggung. itu adalah speaker monitor yang berfungsi untuk memberikan kejelasan audio di telinga orang yang berada di panggung, karena kita ketahui , semua speaker besar dari sound system pasti mengarah ke depan/penonton.

Padahal orang-orang diatas panggung juga perlu mendengarkan audio yang jelas dari sound system, maka untuk itu di sambungkanlah sinyal dari output mixer audio ke active speaker monitor di panggung. agar semuanya adil, semua bisa dengar sound yang enak, baik orang diatas panggung maupun orang yang di depan panggung.

6. Speaker Sound System
Sebenarnya ini sudah tidak usah dijelaskan lagi, karena semua orang juga tahu apa fungsi dari alat audio yang satu ini. cuman ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam memilih speaker yang bagus untuk sound system, yaitu merk speaker, dan kualitas box speaker. Adakalanya pada beberapa acara menggunakan active speaker untuk audio ke penonton.

(Baca Juga : Cara Menginstalasi Atau Memasang Alat karaoke Profesional Di Rumah)

Baiklah sobat-sobatku semuanya, dibawah ini akan saya berikan gambaran tentang cara penyambungan/instalasi dalam sound system. perlu diketahui sebelum proses penyambungan ini, terlebih dahulu menyediakan kabel yang berkualitas dan jack penyambung yang berkualitas pula, untuk meminimalis terjadinya noise.

Sediakanlah kabel RCA yang sudah dilengkapi dengan connectornya atau istilahnya "Jantannya". betinanya gak usah dibeli karena sudah melekat di semua perangkat audio yang saya sebut diatas, kecuali nomor 5. lalu sediakan juga kabel dua jalur secukupnya (biasanya warna merah hitam). setelah itu mari kita perhatikan gambar dibawah ini.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami
Bagaimana Cara Menghubungkan Perangkat Sound System

Jika dirasa kekecilan, silahkan pencet gambarnya untuk memperbesar. mengapa saya bikin konfigurasi gambar seperti ini?. karena tidak mungkin saya foto satu persatu panel in out tiap perangkat, itu jelas akan semakin merumitkan pembaca. ditambah lagi memang ruang posting di website ini terbatas.

Gambaran yang saya berikan diatas merupakan penjelasan sesungguhnya tentang keberadaan dan cara penyambungan kabel dari perangkat satu ke perangkat selanjutnya. perhatikan tanda panah merah, yang merupakan arah perjalanan sinyal audio dari awal sampai akhir.

Hal yang perlu kita ketahui ialah bahwa tiap perangkat memiliki jalur "In" dan "Out" itu sudah pasti. merk apapun itu, pasti harus ada jalur tersebut. jalur in mixer ada dua, walau tidak saya tuliskan diatas, akan tetapi kita pasti sudah tahu, salah satu jalur "In" nya ialah line MIC yang terdapat di mixer tersebut, mungkin ada yang 6 channel atau 12 channel bahkan lebih. jalur in yang kedua juga pasti terdapat di mixer tersebut. akan selalu tertulis "Line in" jika kita perhatikan tiap mixer merk apapun itu.

Kemudian coba kita perhatikan bagian out pada Power audio. disana memang agak terlihat rancu, namun itulah penyambungan yang sebenarnya. Line out pada power berbenda bentuk dengan line out pada mixer dan equalizer. pada power sendiri, line out nya berupa slot tempat mengikat/melilitkan ujung kabel agar bisa disalurkan ke speaker besar/speaker utama/speaker sound system. pada speaker juga terdapat slot yang sama untuk menjepit ujung kabel yang akan kita sambung.

Untuk penambahan crossover aktif, sebaiknya dihubungkan setelah bagian Equalizer, namun bila pada perangkat sound anda tidak memiliki Equalizer, anda boleh menempatkan Crossover setelah bagian mixer, artinya output mixer masuk menuju line input crossover. Setelah itu dari crossover menuju speaker. Agar lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar yang saya sajikan dibawah ini. Pada blog ini saya juga telah menyajikan bagaimana penggunaan crossover secara detail, silahkan anda ketik dan cari artikel tersebut di kolom pencarian.



Mengapa Right dan Left pada bagian Output Power Audio berbeda dengan perangkat yang lain ?


Perlu diketahui bahwa pada dasarnya setiap sambungan right dan left dari perangkat manapun itu, menggunakan kabel RCA  terdapat dua jalur kabel didalam masing2 salurannya, satu jalur kabel serabut dan datu lagi jalur kabel tunggal, ini berlaku untuk right maupun left. hanya saja pada output power audio, kita tidak menggunakan kabel jenis RCA dan Conectornya, melainkan pakai kabel besar tanpa conector yang biasanya warnanya merah dan hitam berdempetan. karena memang sinyal output dari power amp itu sudah merupakan sinyal yang sensitif yang tidak boleh ada proses induksi gelombang listrik untuk tujuan apapun antara kedua kabel yang akan menuju speaker.

Sementara antara mixer, equalizer dan input power, kita memang harus menggunakan kabel RCA, karena induksi kabel serabut dalam RCA bertujuan untuk membungkus atau melindungi kabel tunggal agar tidak terjadi noise. Ini merupakan suatu kewajiban dalam tehnik audio.

(Baca Juga : Membuat Amplifier Untuk Instrumen Keyboard)

karena sebanarnya sinyal suara kita terdapat pada kabel tunggal tersebut. sedangkan kabel serabut sebagai ground atau sumber tegangan negatif. karena percuma bila mixer mengirimkan sinyal ke equalizer dan seterusnya tanpa tegangan. sebab sinyal itu tergangan, dan sinyal tidak berarti bila dia bukan berwujud tergangan atau arus listrik.

Right dan left tujuannya adalah untuk meperdengarkan audio dari sebelah kanan dan kiri tanpa adanya penyambungan secara seri maupun paralel. artinya ialah right memiliki tenaga sound murni miliknya sendiri, dan Left pun demikian dan kekuatan atau level keduanya bisa diatur menggunakan mixer. inilah yang dinamakan stereo audio

Cara Menghubungkan Sound ke VCD, Komputer dan Handphone.


Bagi kalian yang ingin  menghubungkan perangkat lain seperti yang saya sebut diatas, caranya cukup gampang yaitu dengan mengambil jalur audio output atau jalur headset lalu dihubungkan menggunakan kabel. Untuk VCD biasanya tertulis audio out Dan untuk komputer atau laptop dan juga ponsel biasanya tertulis headset.

Lalu kabel dihubungkan ke bagian mixer sound system. Jika kalian memiliki mixer yang menyatu dengan power, tetap hubungkan ke baguan line in mixer. Untul menyambungkan laptop/ pc dan Hp, kita harus menggunakan kabel audio yang memiliki ujung headset dan ujung rcf yang lazim kita lihat pada vcd.

Line input mixer sound tidak selamanya hanya menggunakan soket mirip vcd. Ada yang juga yang line inputnya menggunakan soket Jack mic. Namun bagaimanapun bentuk soket pada mixer, kita cukup perhatikan saja line inputnya.

(Baca Juga : Balance Suara Dalam Sistem Audio)

Demikianlah penjelasan dari saya. mohon maaf bila ada kesalahan, ini semua merupakan hasil pengalaman saya, maklumlah saya juga sekolah gak tinggi-tinggi amat, ekonomi pas pasan. ya cuman bisa belajar secara otodidak saja dari pengalaman selama menggeluti bidang audio. bagi yang kurang faham, Silahkan bertanya pada kolom komentar.

Artikel Terkait

18 komentar

Apa bisa pak cma pakai mikser dan equlizer sja tnpa crosever dan ampli power
Untuk acara sunatan dan akikah doang bgtu??

Kalo cuma pake mixer dan equalizer tidak akan bisa pak.

Sepertinya tidak ada cara lain pak. Tetap harus pakai kabel sesuai jarak mereka masing-masing. Itupun harus dilebihin malah, biar gak terlalu tegang kabelnya.

cara sambung speaker mono dengan mixer

Gambarnya mudah dimengerti terimakasih

@Rhendy : Kalo cuma speaker dengan mixer, jelas tidak bunyi pak.

@Sidik : iya sama sama mas. Thanks atas kunjungannya.

Mo tanya bos khn saya punya power 1200w 600 per channel mending ditambah croscover apa mixer,udah ad equalizer s5 kontrol parametik

Lebih baik ditambah mixer saja dulu. pada umumnya begitu. ntar crossover nya bisa nyusul. kalau parametik sama crossover doank, jelas gak puas kinerja sound nya.

Ass. Mass mau tanya saya punya 3 power, 1 crossover, 1 aqualiser, 1 efecth, dan 1 mikzer, intalasi yg saya pakai yaitu speaker 18 masuk ke low crossover, speaker 12 masuk ke mid crossover, kemudian input crossover masuk ke out aqualiser dan input aqualiser masuk ke out mikser, sedangkan speaker 15 hanya langsung ke aqualiser dan mikser. Apa bagus intalasi tersebut yg saya gunakan tersebut atau tdk. mohon petunjuknya mass. Wss

Bisa nggak dari mixer langsung ke power pake pake spiker pasif..pak tanpa equaliser ? Apakah beresiko ?

Mau tanya pak kalo amplifier sama equaliser jadi satu .. untuk suara lebih menjadi mantab harusnya ditambah apa ..nwn pencerahan nya ..

Mohon kasih masukan pak.
Tanpa memakai equalizer bisa lansung ke power?
Trus, kalau untuk gedung sebesar acara acara pesta, kira kira power dan watt nya brapa y pak.🙏🙏🙏

kalau tanpa pake equalizer langsung ke power bisa aja mas.. tapi kalau cuma power doang..gak ada gunanya loh..

Mari kunjungi Channel YOUTUBE kita yah.. disana saya akan menjelaskan secara video agar lebih mudah difahami.. CHANNEL YOUTUBE "elektrokita tv"

Menyambungkan speker aktif ke subwoofer pasif bisa gak master,terimakasih sebelumnya

bisa, tapi jangan salah nyambungnya mas..

Harus dari out speaker aktif menuju input subwoofer..

mau tanya, apa bisa cuma ada mixer, ampli dan speaker pasif??

Waaah tambah pengetahuan.cara penyajian artikelnya sudah tingkat intelektual. Sy sarankananda sebaik mencoba menulis buku tentang ini atau ttg audio yg kain. Ajukan ke penerbit. Pengalaman adalah guru yg terbaik. Sukses ya mas. Begini....mas. sy punya speaker aktif pma polytron apakah bertambah bagus kualitas suaranya bila dihubungkan dg mixer kecil ashly 4 chanel? Terimakasih bantuannya

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.