Jumat, 24 Juni 2016

Mengatasi Masalah Dengung Audio Pada Ampli dan Efek Gitar

Tidak ada seorang pun yang suka akan hadirnya dengung pada ampli atau sound system karena suara ini jelas sangat mengganggu pendengaran alias berisik. cara menghilangkan dengung pada sistem audio bukan lah sesuatu yang gampang. karena banyak faktor penyebab yang harus kita temukan terlebih dahulu agar mengerti bagian mana yang harus diperbaiki.

Dalam ilmu perbaikan sistem audio, kita harus jeli memahami isyarat yang diberikan oleh perangkat audio sebelum perangkat itu benar -benar rusak. terkecuali karena sengatan petir melalui arus AC rumah atau gedung yang voltasenya tiba-tiba  tinggi, sudah tentu kita tidak sempat untuk bersiap siaga dalam membenahi perangkat kita, ya anggap aja ini apes karena sudah bisa dipastikan ampli atau sound system akan hangus bila tidak dipasang sekring pengaman.oleh karena itu ada baiknya sebelum membeli seuatu perangkat audio baik itu ampli, mixer maupun sound system, terlebih dahulu di cek apakah memiliki sekring atau biasanya dituliskan dengan nama FUSE.
Illustrasi dengung speaker
Untuk memahami masalah dengung pada ampli, sound system atau perangkat audio lainnya termasuk efek gitar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. karena pada umumnya dengung sangat banyak penyebabnya. kita tidak cukup hanya menduga pada satu titik di dalam perangkat audio. biasanya jika dengung tiba - tiba terjadi, itu disebabkan suatu komponen transistor atau IC dalam rangkaian power supply dan rangkaian power amplifier mengalami kerusakan.

Jika masalah dengung terjadi perlahan dalam selang waktu beberapa hari atau beberapa minggu, biasanya yang bermasalah adalah komponen seperti Dioda, kapasitor/Elco dan beberapa kabel penting yang putus. ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memeriksa dan mengatasi suara dengung.

Hal Yang Dilakukan Untuk Mengatasi Dengung


a) Yang pertama kali harus dilakukan adalah memeriksa semua instalasi kabel baik itu power supply, rangkaian audio, dan kabel jack yang masuk. apakah ada yang suda usang maupun putus. pengertian putus disini mencakup dua hal yaitu putus yang bisa dilihat oleh mata kita, dan putus yang tidak terlihat artinya kabel mesih dalam keadaan tersambung tapi tidak bisa mengalirkan tegangan listrik karena serabut tembaga yang ada didalamnya sudah putus
b) Bagian selanjutnya yang harus di cek adalah catu daya/power supply. bila menggunakan power supply tambahan yang berbentuk kotak biasanya berwarna merah putih, cek bagian tersebut menggunakan multi tester yang sudah di setting ke pengaturan AC (ada di tiap multitester). cek tegangan keluarnya apakah berada disekitar 110 sampai 220. bila tidak berarti harus diperbaiki atau diganti yang baru. Setelah itu kita lanjut men cek bagian power supply bawaan yang ada dalam ampli atau sound system. 

bagian ini terdiri dari trafo. kabel yang keluar dari sekunder trafo akan menuju ke rangkaian tempat berdirinya komponen power supply. pada umumnya bagian rangkaian terdiri dari Dioda, ELCO dan beberapa komponen tambahan seperti resistor dan kapasitor dan ada sebagian produk yang sudah menggunakan IC Regulator. cara memeriksa dengan multitester dan memperbaikinya bisa anda lihat pada link yang ada dibawah artikel ini. perlu diketahui, jika bagian catu day mengalami masalah sudah bisa dipastikan perangkat audio kita akan tidak normal suaranya, dan akan mengeluarkan dengung.
c) Bagian selanjutnya adalah, memeriksa rangkaian tone control dan power amplifier. pada bagian ini yang harus diperiksa pertamakali adalah IC dan transistor. karena bila komponen ini lemah atau rusak, maka dipastikan proses mengolahan sinyal audio akan mengalami gangguan seperti noise dan dengung. berdasarkan pengalaman saya, kerusakan komponen ini diakibatkan oleh tidak stabil nya tegangan masuk yang diterima dari bagian catu daya atau power supply. oleh karena itu, bila rangkaian catu daya mengalami masalah, sdah tentu rangkaian yang disupplynya akan mengalami masalah pula.
d) Yang selanjutnya adalah memeriksa sistem ground dalam semua rangkaian yang ada. ini sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kualitas audio yang dihasilkan. bila ada salah satu kabel ground yang putus maka akan mempengaruhi bersihnya kualitas audio. kabel ground di hubungkan ke body atau chasing perangkat audio, baik itu ampli, sound system, mixer audio, efek gitar, speaker aktif dll. 

Ground adalah titik netral dalam tegangan listrik. jika ada perdebagat tengangan mulai dari catu daya hingga ke rangkaian lainnya, maka ground akan menetralisirnya. ground juga berfungsi mengalihkan tegangan dalam perangkat jika di ganggu oleh gelombang elektromagnetik atau gelombang seluluer. maka perhatikan jika ada ampli atau sound system yang berbunyi,..ceett..ceeett ketika ada handphone yang sedang digunakan disampingnya, itu pertanda bahwa sistem ground dalam rangkaian perangkat audio tersebut kurang baik. dalam audio elektronika.
e) Kemudian periksa bagian speaker monitor. ini ditujukan kepada sound yang dipakai untuk pertunjukan musik. biasanya akan ada speaker monitor tambahan diletakkan di atas panggung. speaker ini berstatus aktif, artinya adalah memiliki rangkaian penguat dan tone control tambahan dalam box nya. cara memeriksanya sama dengan cara memeriksa bagian power amplifier. karena disana juga terdapat bagian catu daya, bagian tone control, bagian penguat (power amp) dan speaker. merk paling terkenal speaker monitor panggung adalah Beta Three.

(Baca Juga : Bagian Pada Amplifier atau Sound System )

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami.

Beberapa hal diatas adalah hal yang wajib diketahui untuk dapat mengatasi suara dengung yang timbul pada perangkat audio anda. ketika membaca artikel ini ada minimal sudah mengerti apa yang kan dilakukan oleh tukang service terhadap perangkat audio anda. namun apabila anda bermaksud ingin menyervice nya sendiri. sah-sah saja asalkan mengerti dasar elektronika dan mengerti sistem audio. pada blog ini sudah saya sajikan tentang komponen dasar elektronika. anda boleh melihatnya pada daftar isi blog ini. Terimakasih.    

Artikel Terkait

3 komentar

ane punya masalah nih gan,, ane punya ampli gitar ketika di masukan input jack dari gitar ada suara dengung,, tapi kalau amplinya atau senar gitarnya di pegang suara dengungnya hilang.. mohon penjelasan gan

Bisa jdi Ada msalah di power supply. Tegangan jdi tdk stabil

Kmudian bisa jadi transistor akhir udah lemah.

Ane ada sound fender frontman 212R power on berdengung setelah jack gitar input suara dengungnya hilang...m9hon pencerahan nya gan...makasi

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.