Jumat, 22 Juli 2016

Cara Menyambung Rangkaian Audio Efek ke Switch Atau Saklar

Dalam dunia efek gitar atau bass, terdapat dua sistem saklar atau switch yaitu Digital Switch dan manual Switch. pada sistem digital switch proses penyambungan dan bypass signal audio dilakukan oleh komponen elektronika yang berfungsi sebagai saklar yang dirangkum dalam sebuah blok switch dalam suatu rangkaian atau sirkuit efek itu sendiri. seperti contoh efek boss, behringer dan bebrapa merk multiefek. perangkat tersebut menggunakan sistem switch digital dan harus diberi tegangan agar bisa melakukan fungsinya.

Cara Menyambung Rangkaian Audio Efek ke Switch Atau Saklar

Sistem Switch digital menurut saya memiliki dua kelemahan yaitu, bila tidak ada arus, maka efek tidak berbunyi ketika di injak pada posisi bypass. kemudian sistem switch ini memotong sedikit signal murni yang berasal dari gitar atau sumber signal suara ketika efek di bypass / posisi clean.

Perbedaan dari kedua sistem switch


Perbedaan ini bisa kita rasakan ketika mencolokkan kabel gitar secara langsung ke ampli, kemudian membedakannya ketika mencolok kabel gitar ke efek secara bypass. maka akan ada sedikit perbedaan kekuatan suara yang terdengar pada amplifier, dimana ketika di colok secara langsung ke ampli akan terdengar lebih besar, ketimbang bypass clean oleh efek.

NB : Mampir Ke Channel Yutub Kami

Sistem Switch yang ke 2 yaitu dengan menggunakan saklar switch 3PDT maupun DPDT seperti yang digunakan oleh efek ternama MXR dan berbagai merk efek lainnya seperti Joyo, Nux, Moer,Belcat dll. inilah yang kita sebut dengan istilah TRUE BYPASS. menurut saya pribadi, menggunakan efek dengan sistem true bypass lebih murni kualitas clean nya saat dalam posisi bypass/off. ini menjadi pro dan kontra antara sesama pengguna efek di indonesia bahkan di seluruh dunia.

Sebenarnya sistem switch apapun yang dipakai dan menggunakan efek dengan jumlah diatas 6 efek, tetap saja akan terjadi signal cut yaitu audio yang terpotong saat melalui 6 efek sehingga kualitas audio sudah tidak murni dari segi level dan frekwensi menuju amplifier atau sound.

Maka dari itu, banyak gitaris kelas dunia yang selalu menggunakan alat buffer jika ia memiliki lebih dari 6 atau 7 efek. namun jika efek yang dipakai dibawah 6, rasanya mereka tidak menggunakan buffer. alat buffer itu sendiri bentuknya sama seperti efek yang berfungsi mempertahankan sinyal utama atau sinyal audio awal (dari gitar) secara level dan frekwensi (high/ low)

Sesuai dengan judul yang saya tuliskan diatas pada artikel ini akan saya gambarkan bagaimana sistem switch TRUE BYPASS bekerja dan cara menyambungkannya ke rangkaian efek serta bagian IN dan OUT nya. setelah itu kita akan yakin bahwa menggunakan efek dengan sistem true bypass lebih murni signalnya ketimbang menggunakan efek dengan sistem Digital Switch.

Namun ini hanya menurut saya. saya tidak memaksa anda untuk sependapat dengan saya. wajar yang namanya perbedaan pendapat itu timbul karena selera masing-masing tidak sama . .hhe. oke deh sekarang coba perhatikan gambar dibawah ini.

 Cara Menyambung Rangkaian Audio Efek ke Switch Atau Saklar

Gambar diatas merupakan pin/kaki yang terdapat pada bagian bawah footswitch atau saklar efek true bypass yang selama ini kita injak. terdapat dua jenis switch dalam efek true bypass, yaitu 3 PDT dan DPDT. namun bagi saya pribadi, fungsi keduanya adalah sama saja. yaitu menyambungkan dan mem bypass laju signal audio. seperti yang saya katakan diatas, mengapa efek menggunakan sistem true bypass lebih jujur dalam menterjemahkan hasil bypass signal antara gitar, efek dan ampli.

Perlu kita ketahui bahwa sistem switch yang menggunakan sistem rangkaian digital tentu akan kalah kualitas audionya dengan true bypass. Karena signal sudah terpotobg sedikit akibat memasuki rangkaian switch. pada rangkaian tersebut terdapat ic dan beberapa kapasitor , transistor serta resistor yang membentuk suatu rangkaian atau blok switch. Ini masih terdapat pada beberapa merk efek stompbox. Baiklah, kita sekarang kembalilagi ke pembahasan switch DPDT dan 3PDT. Mari perhatikan gambar dibawah ini.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami

true bypass wiring

Gambar yang saya buat diatas merupakan wiring (Pengkabelan) standard internasional dalam sistem switch true bypass efek gitar atau bass. bila kita perhatikan sambungan ground antara socket jack input dan socket jack output tetap menyatu dalam keadaan apapun, on maupun bypass. disini sudah terlihat jelas bahwa satu penyambungan langsung telah terjadi dengan panjang kabel yang cuma berkisar 3 cm. setelah itu perhatikan tanda hijau yang ditunjukkan oleh panah warna kuning yaitu titik sambung/putus antara in dan out. 


Bila switch di injak untuk posisi bypass, maka dua titik penyambungan IN dan OUT efek akan terhubung sehingga hubungan antara jalur IN ke rangkaian efek tidak akan berarti/tidak berfungsi karena switch sudah menyambungkan titik IN ke OUT secara langsung. rangkaian efek akan terlewatkan. 

Penamaan True Bypass


Inilah yang di namakan True bypass.dan seandainya arus listrik adaptor dicabut dari efek. maka efek akan tetap menyala bila sedang dalam posisi bypass. berbeda dengan efek yang menggunakan sistem switch digital dalam rangkaiannya, tidak akan menyala bila arus di putus, sekalipun dalam posisi bypass.

switch DPDT

Pada gambar diatas saya menunjukkan salah satu contoh switch efek 6 kaki, sebenarnya bila ditinjau dari segi fungsi, ini sama saja hasilnya dengan menggunakan switch 9 kaki. Saya sendiri sudah menerapkan kedua switch pada efek yang pernah saya rakit dan hasilnya sama saja. 




Singkat ceritanya, Efek dengan true bypass melakukan tugasnya dalam membypass sinyal secara langsung tanpa melalui rangkaian. sedangkan efek dengan digital switch melakukan bypass harus melalui rangkaian circuit efek terlebih dahulu. karena pada rangkaian terdapat satu blok khusus untuk komponen yang berfungsi sebagai saklar yaitu IC dan Transistor.agar lebih jelas, silahkan bertanya pada kolom komentar.


Artikel Terkait

19 komentar

Gan mau tanya itu kan harganya lumayan ... Ada penggantinya GK yang lebih murah

Ada bro. Cari aja di toko sparepart elektronik namanya "toogle switch" ada yg 6 kaki ada yang 9 kaki. Namun itu cara pkainya digeser bukan di injak/tekan

Saya punya DOD FX53 kalo switchnya diganti sama 3PDT bisa ga gan? Terus rangkaiannya jadi gimana?

Bisa banget bro. Dan Gak perlu rangkaian. Cuman sediain switch DPDT ata 3PDT.

Kemudian jalur yg harus dimasukkan ke switch tersebut adalah sbb:

Jalur Input
Jalur output
Jalur ground
Jalur tegangan
Jalur led indicator

Semua jalur ini kita peroleh dari PCB rangkaian efek DOD tersebut.

Setelah semua jalur ketemu, maka masuk ketahap menyambungkan ke kaki switch. Caranya sudah ane jelaskan pada artikel diatas.

Warning : cara diatas hanya dilakukan oleh yang mengerti minimal dasar elektronika.

mas klo pake dpdt togle 6 kaki wiringnya gimana?

Silahkan lihat kembali artikel diatas bro. Udah ane update. Maaf kelupaan posting gbr untuk DPDT/ 6 kaki.

Saya beli efek metal zone kostum. Saat swit di on bunyi jedug di ampli. Mohon solusinya supaya halus saat di on. Trims

Mas kalo jalur buat baterainya yang mana ya

@Aurora Saja : sambungkan resisor 1 Mega ohm dari line output ke ground.

@Acu Borneo : buat jalur baterai ada pada DC soket pada gambar diatas.

mas @danil smart jual switchnya nggak, saya minta no telfon/BBM, trimakasih sebelumnya

Ane gak jual switch nya lagi bro. Dulu sih iya. Cari di toko online aja. Dulu ane beli disana.

Mas pernah ganti switch nya boss stompbox?
Itu kan pake nya digital switch, kalo di ganti 3pdt bisa ga yah?

Asallammu'alaikum maas mau nanya klo tombol switch nya di ganti pake tombol power amplifier biasa bisa gk mas...

Pada speaker indeoctron saya ada saklar DPDT kebetulan kabelnya putus ke lubang input .. kalo saya lepas saja TDK pakai saklar DPDT gmna gan ?? Ngaruh ga sama suara

gak ngaruh sama suara, asal nyambungnya bener..

Kalian bisa kunjungi channel youtube kami di "elektrokita tv" .. supaya lebih enak.

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.