Minggu, 13 Agustus 2017

Suara Efek Gitar Enak Didengar di Panggung Tanpa Menggunakan Ampli

Menyimak judul diatas mungkin sobat bertanya dalam hati, apa bisa hanya dengan menggunakan gitar dan efek lalu colok atau direct ke mixer sound system suara gitar tetap kedengaran enak tanpa harus pakai ampli. Saya jawab tentu bisa. Dalam audio musik, semuanya bisa terdengar enak tanpa harus berpatokan pada kebiasaan yang dilakukan oleh para gitaris atau bassis pada umumnya.

Efek panggung tanpa ampli

Pada umumnya, settingan perangkat audio para gitaris dimulai dari gitar, efek, ampli lalu ke mixer audio. Sistem ini memang harus selalu diterapkan dalam suatu pertunjukan musik seperti yang sering kita lihat pada pentas seni sekolah, festival band, konser musik karena memang ampli untuk semua alat musik yang ada dipanggung pasti disediakan oleh rental perangkat band tersebut.

Ampli tidak selalu tersedia pada panggung live musik


Namun pada kenyataannya ada beberapa event atau acara yang musik yang tidak menyediakan ampli di panggung. Semua output dari perangkat audio personil musik tersebut langsung di colok ke mixer audio. Saya sebagai penulis pernah mengalami hal demikian. Posisi sebagai gitaris pada waktu itu. beberapa tempat liburan yang menyediakan live musik ternyata tidak menyediakan ampli di panggungnya. Selain itu di acara wedding dalam gedung maupun ruangan terbuka masih banyak yang memakai sistem direct langsung ke mixer. beberapa hotel yang ada live musiknya juga demikian. tentu kita tidak boleh menyalahkan pihak management. sebagai musisi yang baik haruslah menggunakan apa saja perangkat yang disediakan oleh pemilik tempat live musik.

Baca juga : Setting Efek Stompbox Yang Baik Dan Benar Agar Minim Noise)

Secara khusus, efek gitar maupun bass yang langsung di colok ke mixer tentu akan beda kualitas audionya dibandingkan dengan yang menggunakan ampli. Mengapa demikian? karena output signal audio yang keluar dari efek masih sangat mentah alias polos sekali, terserah apappun jenis karakter suaranya, apakah delay, reverb, booster, distorsi, flanger, tremolo, chorus dan lain sebagainya. Signal yang dikeluarkan oleh efek ini perlu di proses secara teliti oleh rangkaian yang terdapat pada ampli sebelum masuk ke bagian mixer atau sound system.



Mungkin beberapa diantara sobat pernah menyambungkan langsung sebuah efek stombox MtZone langsung ke mixer audio. Hasilnya suara yang terdengar akan seperti nyamuk. Suara yang terdengar pada speaker sperti tidak memiliki bobot atau timbre, tidak bertenaga. padahal mid dan low dan high mixer sudah disetting sedemikian rupa. Namun ketika mencolok langsung ke ampli, suara akan terdengar bertenaga persis musik rock yang sesungguhnya. Setelah di proses pada ampli, signal audio sudah memiliki bobot dan bertenaga, maka ketika jalur output ampli dihubungkan ke mixer  sound system, suara gitar akan enak kedengaranya. Jadi sebenarnya keberadaan ampli di panggung tidak sekedar hanya agar si gitaris atau bassis bisa mengontrol kualitas audio di atas panggung.

Solusi alternatif  jika tanpa ampli di panggung.


Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ternyata masih ada event musik tidak menyediakan ampli gitar untuk live musiknya. Dan akan sulit bagi musisi tersebut jika harus selalu membawa ampli sendiri saat ingin show. cara yang terbaik adalah dengan menggunakan suatu perangkat audio yang diberi nama Amplifier Simulator. Benda ini akan merubah signal audio dari semua efek persis seperti kita mencolok ke ampli besar. Dari segi fungsi, perbedaan antara Amplifier Simulator dan ampli head cabinet atau combo ialah terletak pada speaker dan power ampnya. Amp Simulator tidak memiliki speaker maupun power amp akan tetapi memiliki tone control sama seperti head cabinet ampli maupun combo.

Amp simulator


(Baca juga : Bagian Power Pada Amplifier Atau Sound System)

Satu hal yang harus kita ketahui adalah bahwa pada ampli gitar panggung signal out yang dikirim ke mixer tidak melalu blok power ampli, melainkan hanya melalui blok tone control ampli. Didalam ampli gitar baik itu head cabinet maupun combo, terdapat 3 blok rangkaian utama yaitu, blok power supply , blok tone control dan blok power ampli. Signal out berasal dari tone control tanpa melalui blok power ampli. Jika melalui blok P.Ampli maka otomatis speaker sound system akan jebol dan mixer mungkin akan rusak, karena tegangan dari IC penguat akhir blok power ampli cukup besar.

Output blok power pada ampli gitar hanya terhubung ke speaker gitar, karena itu adalah signal dari penguat akhir power ampli. jangan sesekali menghubungkan signal penguat akhir ke bagian input mixer atau equalizer atau apapun itu kecuali ke speaker. karakter signal audio pada speaker ampli dengan speaker sound system tentu sama, hanya kekuatannya yang beda. karakter sama karena output signal berasal dari tone control yang sama, power ampli menerima signal dari tone control dan mixer juga menerima signal dari tone control yang sama yang terdapat pada ampli gitar kita.

(Baca Juga : Cara Menyambung Rangkaian Audio Efek Ke Switch Atau Saklar)

Setelah mengetahui penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sebenarnya kita hanya menggunakan output tone control saja untuk dikirim ke mixer. Oleh karena itu, para pengembang audio menciptakan sebuah perangkat yang simpel dibawa kemana-mana layaknya efek stombox dan menirukan tone control yang ada pada sebuah ampli gitar, disebut Amplifier Simulator. Dengan menggunakan alat ini, maka suara gitar akan kedengaran mantap di speaker sound system walaupun tanpa ampli di atas panggung. anda bisa mensetting alat ini sesuai selera.

Saya sarankan sebaiknya amplifier simulator ini ditempatkan pada posisi akhir deretan efek anda layaknya anda menggunakan sebuah ampli. Namun saya bukan semata menyarankan agar anda tidak menggunakan ampli pada saat manggung. Perangkat audio tersebut haruslah tetap digunakan. Yang saya maksud dalam penulisan artikel ini ialah jika sewaktu-waktu anda berada pada situasi dimana ampli panggung tidak tersedia, maka anda tidak perlu repot memboyong ampli dari rumah, cukup pakai Amp simulator saja sudah terjamin.

Artikel Terkait

5 komentar

Jika saya belum mampu beli ampli simulator, tapi saya punya ampli kecil RUSSEL dirumah... apakah bisa dipakai dipanggung dan masuk kemixer?

apabila pada ampli tersebut ada tertulis "pre out" maka tentu bisa di colok ke mixer.. atau dari bagian "phones" nya juga bisa, hanya saja kualitas suara mungkin beda dikit.

BAGI KALIAN YANG INGIN PESAN ADAPTOR EFEK GITAR UNTUK EFEK APAPUN, BOLEH KEPO IN INSTAGRAM KiTA @electsupply

saya cari di online mengenai amplifier simulator tidak ada kak

Saya mencari di online mengenai amplifier simulator tidak ada kak

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.