Jumat, 22 Juli 2016

Cara Membuat Efek Delay Untuk Gitar Maupun Vocal

Efek delay pada audio elektronika adalah efek yang digunakan untuk menghasilkan bunyi yang beruntun dan sama dengan bunyi dari sumber suara. Bunyi yang keluar akan terdengar berulang-ulang. Audio efek seperti ini sangat dibutuhkan untuk memperindah suara gitar dan vokal, terkadang efek delay juga digunakan oleh beberapa musisi untuk memperindah suara alat musik tiup seperti saxofon, trumpet, seruling, dan sebagainya.

Pada rangkaian elektronika circuit delay di rakit dan dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa di atur penempatan audio delay nya. Pada umunya terdapat tiga buah knob pengatur circuit efek delay yaitu, MIX, DELAY, REPEAT/TIME. yang masing-masing punya tugas yang berbeda dalam suatu rangkaian efek delay. Mix berfungsi membuat suara delay terdengar dominan, delay berfungsi untuk menimbulkan jarak atau lamanya pengulangan suara, sedangkan repeat berfungsi untuk menambah berapa lama pengulangan suara.

Seberapa pentingnya efek delay


Seperti yang dijekaskan diatas bahwa pada efek delay, MIX berguna untuk mengatur kejelasan pengulangan bunyi/suara. MIX jika semakin dinaikkan maka kekuatan suara awal/asli akan sama dengan pengulangan suara/ bayangan suara berikutnya. selanjutnya REPEAT berfungsi untuk memperbanyak jumlah pengulangan suara. Inilah yang perlu disetting agar audio yang terdengar pada speaker ampli sesuai seperti keinginan.

Semakin level repeat dinaikkan, akan semakin banyak pengulangan suara yang kita dengar. semakin bagus rangkaian efek delay nya maka kemampunan untuk mengulang suara akan semakin panjang atau semakin banyak. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan sebuah skema untuk merakit efek delay. Skema ini tentunya sudah terbukti berhasil.
Setelah itu bagian DELAY berfungsi untuk memperlambat pengulangan bunyi berikutnya dari suara aslinya. semakin DELAY dinaikkan maka akan semakin lama jeda antara bunyi asli dan pengulangan yang satu serta pengulangan berikutnya secara teratur. dibawah ini merupakan sebuah gambar rangkaian dari circuit efek Delay. mungkin sobat berminat untuk membuat efek delay sendiri. boleh menggunakan skema rangkaian ini.

 Cara Membuat Efek Delay Untuk Gitar Maupun Vocal

Daftar Komponen sudah tertera pada gambar, namun alangkah baiknya saya tulis kembali. :

Resistor

  1. 1K                    (3)  
  2. 4K7                  (2) 
  3. 5K6                  (1)
  4. 10K                  (4)
  5. 12K                  (5)
  6. 22K                  (2)
  7. 47K                  (5)
  8. 100K                (1)
  9. 470K                (1)
  10. 1M                   (1)
  11. RX-4K7
  12. Potensio B50K (3)

                                                                                           
Kapasitor/Elco :

  1. 22P                       (2)   
  2. 2u2                       (1)
  3. 22uf/16Volt         (2) 
  4. 47uf/16Volt         (2) 
  5. 560P                    (1)
  6. 1N                       (1)
  7. 4N7                     (1)
  8. 10N                     (5)
  9. 39N                     (1)
  10. 100N                   (5)
  11. 330N                   (1)
  12. 1uf Non Polarity (3)

Transistor

2N5088 (1)

IC :

PT 2339
TL 062
78L05


Berdasarkan Rangkaian diatas, IC PT 2339 Berguna sebagai komponen utama prosesor. Mix, Repeat dan Delay dihasilkan oleh ic ini. Sedangkan IC 4558D berfungsi sebagai penguat akhir yaitu memproses sinyal audio yang dihasilkan oleh PT2339. IC 7805 Berfungsi menurunkan tegangan dari 9 volt ke 5 volt dan dikirimkan ke IC PT 2339 karena IC ini bekerja dengan tegangan maksimum 5 volt, jika lebih maka ic akan lemah dan akhirnya rusak.

Sedangkan transistor 2N5088 berfngsi sebagai penguat awal atu pre amp sinyal audio yang masuk melalui jalur Input rangkaian. Pemasangan transistor ini jangan sampai terbalik, akan mudah rusak saat diberi tegangan. Komponen ini termasuk sensitif terhadap tegangan dan panas.


Untuk mengetahui kerusakan efek stompbox delay, kita cukup memeriksa komponen semikonduktor yang disebutkan diatas. karena komponen tersebut sangat rentan akan kerusakan yang diakibatkan oleh tegangan yang berlebihan atau tegangan tidak stabil dari adaptor efek.

Komponen seperti Elco, resistor dan dioda sangat jarang terjadi kerusakan. oleh karena itu bila menggunakan efek gitar/bass merk apapun, sangat disarankan untuk menggunakan adaptor dengan rangkaian regulator penyetabil tegangan didalamnya.

(Baca Juga : Cara Membuat Efek Distorsi)

Berdasarkan yang sudah saya rakit, rangkaian delay diatas memiliki kualitas yang mirip efek delay "MXR carbon delay". namun saya sarankan penggunaan resistor yang 0.5 watt, kalau menggunakan resistor biasa 1 watt, maka kekuatan arus/ampere yang dibutuhkan cukup banyak, sehingga mengharuskan penggunaan adaptor dengan ampere yang besar bila pedalboard anda lebih dari 5 efek termasuk efek delay yang barusan dirakit. oke sekian dulu teman-teman. bila dirasa ada yang ingin ditanyakan, boleh bertanya pada kolom komentar dibawah ini.

Artikel Terkait

6 komentar

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.