Senin, 28 November 2016

Tentang Speaker

Speaker atau Loudspeaker merupakan komponen elektronika yang sangat penting untuk bagian audio. bisa kita bayangkan jika tidak ada speaker didunia ini. maka hampa lah terasa. tidak bisa mendengar musik, tidak bisa mengadakan event musik, mengadakan seminar dan lain lain.

Speaker adalah komponen elektronika yang berfungsi mengubah sinyal audio berwujud listrik menjadi getaran suara yang merambat melalui udara sampai ke telinga manusia. headset juga termasuk dalam kategori speaker. komponen yang satu ini memiliki beberapa bagian penting.

Tentang Speaker

Beberapa Bagian Penting Dalam Speaker


1) Bagian Magnet

Bagian ini berfungsi untuk mempertajam fluks elektromagnetik yang dihasilkan oleh koil/kumparan kawat tembaga, sehingga getaran suara yang dihasilkan semakin maksimal ketika menerima sinyal audio dari amplifier.

2) Bagian kumparan Atau Coil

Ini fungsinya merupakan yang paling utama yaitu untuk menciptakan induksi elektromagnetik agar berpadu dengan magnet. agar lebih memudahkan pengertian kita, maka saya gambarkan coil nya tertarik ke atas. sebenarnya posisi nya ada didalam magnet. perlu diketahui bahwa coil ini bergerak bebas atas bawah bila suara yang dihasilkan adalah suara beat drum, bass atau suara Low.


SUBSCRIBE Channel Youtube kita yah "Elektrokita TV"

3) Membran speaker

Merupakan tonggak terciptanya getaran suara. membran inilah yang bergetar karena pengaruh perpaduan coil dan magnet. perlu diketahui bila suatu kumparan/coil diberi tegangan listrik lalu didekatkan ke magnet, maka kumparan atau coil akan bergetar. nah ini lah yang menjadi cikal bakal terciptanya speaker. lalu membran akan turut bergetar karena pada speaker, coil dan membran dan konus selalu melekat erat.

4) Kertas corong atau Konus

Bila tidak ada kertas corong, speaker tetap berbunyi namun suaranya kecil, ketika kertas konus dipasang maka suara speaker akan terdengar lebih kuat. inilah fungsi dari kertas corong. agar lebih yakin, anda bisa mempraktekkan nya dirumah menggunakan speaker. potong lah kertas corong nya, lalu dengar suara speaker.

5) Kerangka besi

Fungsinya adalah sebagai tempat bertumpunya kertas corong atau konus, dengan ini speaker pun bisa di pasangkan ke body amplifier menggunakan baut. kalau tidak ada kerangka besi, ibarat manusia tanpa tulang. tidak bisa duduk dan berdiri.

Speakerdinilai dari hambatan dan diameter magnetnya. maka jika membeli speaker yang harus diberitahu adalah berapa inchi ukuran diameternya dan hambatanya. namun pada umumnya ketika kita menyebutkan ichi speaker yang akan kita beli, pasti disana sudah tertera berapa hambatan coil nya 8 Ohm atau 6 Ohm dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa setiap kawat tembaga yang dilili/coil, pasti akan memiliki hambatan, semakin besar jumlah lilitan, maka akan semakin bertambah kemampuannya untuk menghambat laju arus listrik yang datang kepadanya. coba ambil multitester, lalu lekatkan kedua ujung nya ke masing-masing ujung coil, maka akan terlihat hambatannya.

Untuk memilik speaker dengan kualitas baik yang perlu kita perhatikan ialah tahanan lilitan dalam speaker dan bahan baku kertas corongnya. Tanpa kita sadari sebenarnya kertas coronglah yang ber andil besar membuat suara speaker kedengaran besar dan bergema. Ini pernah saya buktikan sendiri dengan menyobek kertas corong lalu meninggalkan lilitannya saja dan menghubungkan ke amplifier, hasilnya suara kedengaran kecil tanpa tenaga sekalipun volume amplifier dinaikkan.

Penjelasan diatas bisa dijadikan sebagai tolak ukur dan dasar cara membuat speaker dan memperbaiki speaker, mengingat harga speaker belakangan ini sudah tambah naik. Jika kita bisa membuat atau perbaiki speaker, lumayan bisa menghemat biaya. Itulah penjelasan singkat tentang speaker dan bagaimana cara kerja speaker, semoga bisa bermanfaat buat sobat semua.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.