Kamis, 01 Desember 2016

Cara Menambah Suara Semakin Low Pada Gitar Bass

Saya mendapat banyak pertanyaan seputar dunia gitar termasuk bass. ada beberapa bassist yang mengeluhkan mengapa suara bassnya tidak terdengar begitu low pada saat dimainkan di panggung. padahal settingan low di mixer sound system sudah diatur hingga maksimal. bahkan knob potensio pengatur level low yang terdapat di body bass pun sudah mentok dan senar juga sudah diganti dengan yang baru.

Cara Menambah Suara Low  Bass

Mengatasi masalah seperti ini sebenarnya bukan hal yang terlalu rumit asalkan bisa menyolder dan faham jalur mana saja yang akan di solder. bagaimana sih cara agar suara low bass lebih nendang. coba baca penjelasan dibawah ini, kali aja bisa membantu.

Pada Umumnya, pada bass terdapat 3 potensio. apa fungsinya?


Sebelum melakukan penyolderan sendiri, ada baiknya mengerti tentang ketiga potensio yang ada pada instrument yang satu ini. akan selalu terdapat 1 potensio untuk mengatur level suara pada pickup bridge. potensio yang duanya lagi berguna untuk mengatur level/volume pickup neck dan yang satunya lagi untuk mengatur tone. Namun sering juga kita temukan potensio hanya 2 bila pickup yg digunakan cuman satu saja.

Bila ingin modifikasi agar suara low lebih tebal, yang kita perhatikan cukup bagian potensio pengatur tone saja. Karena disini terdapat kapasitor sebagai peng cut frekuensi agar terdengar labih low saat potensio di adjust ke level maximum.

disini tidak ada tone high, karena memang wiring atau instalasi ketiga potensio ini tidak memiliki kemampuan untuk menambah frekuensi high, yang ada hanya menambah frekuensi low. Kecuali anda menambah perangkat audio efek.

Frekuensi low diperoleh dengan penambahan sebuah kapasitor pada kaki potensio bagian pengatur tone, sedangkan bila kapasitor tidak digunakan maka akan diperoleh tone yang normal dari bass. hal ini juga berlaku pada gitar bass yang memiliki karakter aktif dalam instalasinya. karakter aktif maksudnya ialah ada penambahan sirkuit audio yang memliki tenaga tersendiri untuk memboost pickup pada bass terebut. itulah sebabnya mengapa setiap gitar atau bass yang punya pickup aktif harus diberi tenaga baterai.

SUBSCRIBE Channel Youtube kita yah "Elektrokita TV"

Pada pickup yang tidak memiliki status aktif tegangan hanya didapat dari amplifier atau efek tempat dimana kita mencolokkan kabel jack bass. tegangan input dari perangkat itu relatif rendah, sekitar 1, 3 volt atau lebih dikit. namun bukan berarti anda harus menambahkan tenaga baterai dibagian input perangakat audio seperti efek ampli atau dimanapun tempat anda mencolokkan kabel jack bass. itu keliru. pada artikel selanjutnya akan saya jelaskan lebih dalam tentang pick up aktif dan non aktif. so ikuti terus website ini, like saja di bagian kanan atas.

Pada masing-masing bass terdapat system instalasi yang berbeda-beda. Itu tergantung dari berapa jumlah pickup yg menempel. bagaimana cara menginstalasi, akan saya jelaskan pada pokok bahasan selanjutnya, so ikuti terus website ini. sekarang pembahasan mengenai judul diatas.

Apa yang harus dilakukan untuk menambah low agar bass bisa maksimal?

 

Dalam dunia elektronika, khususnya audio musik komponen yang bisa digunakan untuk meng cut off frekuensi adalah kapasitor. terbukti pada rangkaian tone control pasti terdapat banyak kapasitor untuk mengatur frek audio nya seperti middle,low, treble volume. karena memang istilah cut off itu sendiri tidak hanya diaplikasikan pada frekuensi low saja, tapi cakupannya cukup luas.

NB : Jangan Lupa Mampir Ke Chanel Yutub Kami

Sinyal normal yang dihasilkan pickup akan disalurkan ke kapasitor lalu komponen ini akan meng cut sebagian frekuensi signal sehingga kita akan mendengar suara yang agak terselubung atau agak low setelah proses amplifikasi pada perangkat audio seperti efek, ampli atau sound system. perhatikan gambar dibawah ini sebelum memulai instalasi penambahan kapsitor.

penambahan kapasitor untuk wiring bass

Semakin tinggi nilai kapasitor yang digunakan maka akan semakin low pula suara yang dihasilkan nantinya. Pada umumnya bass menggunakan kapasitor bernilai 100 nano farad atau tertulis di badannya angka 104. Menambah low pada bass bisa dilakukan dengan cara mengganti kapasitor ke nilai 220 nano farad atau 224. komponen yang satu ini tersedia banyak di toko-toko yang menjual sparepart elektronik di kota anda. jika anda hendak menginstalasi ulang sambungan kabel dalam bass anda, silakan baca artikel selanjutnya.

Artikel Terkait

14 komentar

Gitar bass sy memiliki 4 tone, Vol neck pick up, vol brigde pick up, vol bass dan vol treble. Vol bass udh mentok tp bunyi lownya kurang. Mksh solusinya mas

Iya sama2 mas. Klo misalnya msh kurang low, nilai kapasitornya dinaikin lagi aja. Contoh dari 104 ganti ke 224, 334, 474.

Tp bass sy bodynya ash, necknya maple mas, jd bunyinya crunch banget. Apakah dgn naikin kapasitor bisa dpt lownya? Atau kalau pakai equaliser bass apa bisa mas? Yg mn yg maksimal..sori mas bnyk nnya hehehe. Mksh.

Bisa dengan hanya menaikkan nilai kapasitor dan bisa juga menggunakan efek atau equalizer khusus bass. Bagaimanapun yanf lebih maksimal tetaplah dengan menggunakan perangkat tambahan seperti equalizer..

Sipp. silahkan mas. jika masih ada kendala, jangan sungkan untuk bertanya kembali.

Gan punya ane angka kapasitornya 2a 683 tpi pas ane coba distudio suaranya gk nendang kya yg punya studionya. Apa perlu upgrade ke active ya??
Thanks gan..

akan lebih nendang jika di ugrade ke aktif bro. pasang rangkaian pre amp aja di body bass nya.

Kak mau tanya
Kalo bass aktif tapi kurang low dan high nya gede gmn ya caranya biar low lebih gede

kalau saya sih dulu ganti nilai Kapasitor 104 pakai kapasitor dengan nilai yg lebih tinggi pada bagian tone nya..

Subscribe aja channel Youtube "elektrokita tv" .. next akan saya upload video cara penyambungan nya

Saya punya bass mau ganti kapasitor ukuran 473j 600v suaranya jadi gimana itu

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.