Senin, 11 Juli 2016

Dioda Untuk Mengatur Tegangan Ampli Gitar dan Efek Gitar

Dioda merupakan salah satu komponen terpenting dalam dunia elektronika. dalam dunia audio elektronik, penggunaan dioda bermacam - macam jenisnya. ada dioda LED, dioda germanium, dioda silikon, dioda schottky dan dioda zenner.

Dalam setiap perangkat audio elektronik yang digunakan dalam musik semua jeni dioda tersebut pasti digunakan. posisinya ditempatkan sesuai keinginan si pembuat perangkat audio elektronik. dibawah ini akan saya jelaskan beberapa dioda yang paling sering digunakan untuk melengkapi sebuah rangkaian dalam perangkat audio elektronik.

1) Dioda LED

Dioda LED atau singkatan dari Ligh Emiting Diode tentu sudah sering kita lihat dalam setiap perangkat audio baik itu sound system, mixer audio, amplifier, bahkan speaker. fungsinya adalah sebagai indikator/pemberitahu kondisi signal yang sedang berjalan.dalam dioda LED terdapat dua kaki yang berbeda sama halnya seperti dioda lainnya yaitu Anoda  dan Katoda.

Dioda ini akan putus bila diberi tegangan diatas 3 volt tanpa diberi hambatan berupa resistor. oleh karena itu, biasanya dalam suatu rangkaian akan diberi hambatan sebelum arus mengalir menuju dioda. pemberian hambatan antara 100 Ohm - 1000 Ohm. semakin tinggi hambatan yang diberi maka dioda akan semakin redup. olehkarena itu biasanya pada dioda hanya diberi hambatan secukupnya agar menjaga kecerahan cahaya yang dikeluarkan oleh dioda.

2) Dioda Germanium

Dioda Germanium bentuknya mirip tabung kecil. dioda ini mempu bekertja pada tegangan tinggi diatas 220 volt dan dibawah 500 volt. biasanya penggunaan dioda ini sering ditemukan pada rangkaian sound system dan beberapa merk amplifier ternama kelas dunia, seperti Laney, Marshall, Peavey dll, prinsip kerjanya pada rangkaian adalah, jika arus melewati dioda ini maka tegangan yang hilang hanya 0.7 volt.

3) Dioda Zenner

Dioda ini sangat lumrah digunakan pada rangkaian catu daya/adaptor sebuah perangkat audio. dimana fungsinya adalah sebagai stabilisator arus listrik. dioda zenner hanya mampu bekerja pada tegangan 0.7 hingga 11 volt. maka dari itu bila ada rangkaian yang catu dayanya 12 volt, haruslah diberi hambatan didepan dioda zenner. dioda ini hanya mampu bertahan pada kekuatan arus hingga 50 mili ampere. pada prinsipnya dioda zenner hampir meloloskan semua tegangan yang masuk ke dirinya.

4) Dida Silikon

Menurut saya, dioda jenis ini merupakan gerbang arus DC pada semua perangkat elektonik yang ada diseluruh dunia. karena arus listrik 220 volt masuk ke trafo (trasformator) masih berbau AC belum DC, olehkarena itu tegangan tersebut disearahkan menjadi DC dan akhirnya berpolaritas. dioada silikon pasti digunakan pada setiap rangkaian adaptor/catu daya/powersupply sebuah perangkat elektronik termasuk perangkat audio elektronik.fungsinya adalah untuk menyearhkan arus listrik sebelum di distribusikan ke bagian selanjutnya pada sebuah catu daya.

5) Dioda Schottky (SCR)

Dioda ini merupakan pengembangan dari sistem dioda silikon.SCR merupakan singkatan dari Silicon Control Rectifier,  dioda ini berfungsi sebagai pengendali tegangan yang diproses dalam rangkaian pada suatu perangkat audio. penggunaan diod jenis seperti ini sering ditemui pada perangkat elektronik merk luar negeri, dibeberapa ampli atau sound system buatan luar sudah menggunakan komponen ini dibeberapa blok rangkaiannya.

        Dibawah ini adalah simbol dari dioda (Berlaku untuk semua jenis dioda)

Dioda Untuk Mengatur Tegangan Ampli Gitar dan Efek Gitar

Perlu diketahui bahwa semua jenis dioda memiliki 2 kaki yang disebut Anoda dan Katoda. peletakan kaki ini tidak boleh terbalik, jika terbalik, sudah tentu akan menimbulkan kekacauan pada sebuah rangkaian dalam perangkat audio. pada badan dioda akan ada tanda berupa lingkaran pertanda bahwa kaki pada bagian itu adalah kaki "Katoda". tanda lingkaran itu bisa saja berwarna putih dan bisa saja berwarna hitam, tergantung warna badan dioda.

Artikel Terkait

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.